pexels-cottonbro-5081930

Tips Meningkatkan Bisnis Online dengan TikTok

Posted by

Kehadiran TikTok sebagai salah satu platform media sosial populer ternyata membuka peluang untuk meningkatkan bisnis online. Hal tersebut tidak lepas dari kenyataan bahwa TikTok memiliki pengguna yang sangat besar dan terus berkembang. Dilansir Statisca.com, aplikasi TikTok sudah diunduh sebanyak 2 milyar kali dengan pengguna aktif sebesar 800 juta di seluruh dunia. Aplikasi tersebut lebih sering digunakan oleh anak-anak muda, dengan 32.5% berusia 10-19 tahun, dan 29,5% berusia 20-29 tahun. Mari kita bahas bagaimana tips meningkatkan bisnis online dengan TikTok.

Mengapa TikTok Efektif Menjangkau Audiences?

Saat menjalankan bisnis online, kita perlu menjangkau audiences untuk mendorong mereka mengetahui produk yang sedang kita tawarkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan media sosial, terutama TikTok. Mengapa banyak orang TikTok menganggap anggap efektif untuk menjangkau audiences? 

Selain mencapai jumlah unduhan yang fantastis, TikTok juga mempermudah bisnis online menjangkau berbagai audiences. banyaknya pengguna yang memproduksi konten dan menciptakan trend baru mendukung hal tersebut. Bahkan audiences Tiktok mencakup pengguna internasional dari 150 negara yang dengan video viralnya masing-masing. Sehingga memungkinkan pengguna mengetahui informasi dan trend terbaru lebih cepat.

Apakah kemudian pengguna lebih menyukai video viral saja? Belum tentu, sebab penelitian terbaru menunjukkan bahwa 86% pengguna menantikan konten yang disajikan sebuah brand. Terutama video marketing yang terkemas secara kreatif, memiliki value, dan ide yang original. Itulah sebabnya, sebagian besar perusahaan menggunakan layanan TikTok for Business untuk memudahkan mereka terhubung dengan audiences dan memprioritaskan konten marketing. 

meningkatkan bisnis dengan tiktok

Hal yang Harus Anda perhatikan Sebelum Menggunakan TikTok untuk Bisnis 

Meningkatkan bisnis online dengan TikTok memang bisa Anda lakukan. Namun, sebelum benar-benar melakukannya, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti; “apakah target yang Anda inginkan menggunakan TikTok?” “Apakah TikTok memiliki pengaruh terhadap bisnis yang Anda jual?” Berhubung pengguna TikTok sangat besar, Anda perlu mempertimbangkan secara spesifik mengenai target audiences-nya.

Apakah produk yang Anda tawarkan relevan dengan sebagian pengguna TikTok? Misalnya, produk yang Anda jual berupa brand fashion lokal yang menjual baju, jaket, dan lain sebagainya. anak-anak muda rentang usia belasan hingga 20-an menyukai produk tersebut yang sebagian besar aktif menggunakan TikTok. Lantas, jika sudah menentukan target audiences, apa yang harus Anda lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan TikTok? Simak tips berikut!

Baca juga : Privat: 6 Fitur WhatsApp ini Mampu Meningkatkan Penjualan Produk Anda

meningkatkan bisnis dengan tiktok

5 Tips Meningkatkan Bisnis online Menggunakan TikTok

Pengguna TikTok menggunakan video sebagai konten utama untuk dibuat dan dibagikan secara bebas. Supaya lebih optimal, ada baiknya untuk memperhatikan hal berikut: 

Prioritaskan Konten yang Original

Membuat video di TikTok tidak selalu membutuhkan alat dan editing yang canggih. Justru ide dan kreativitas yang tinggi berpotensi menciptakan konten yang menarik perhatian audiences. Meski begitu, memperhatikan profil dan strategi brand juga mempengaruhi konten seperti apa yang nantinya akan Anda bawakan, apakah cenderung serius atau santai, dan lain sebagainya. 

Memahami Keinginan Audiences dan Trend

Meski tidak semua tren dapat Anda jadikan konten, Anda juga perlu memprioritaskan keinginan audiences. Konten seperti apakah yang mereka nantikan? Anda bisa memastikan melalui konten yang paling banyak mengundang engagement dan permintaan. Apabila produk yang ditawarkan adalah fashion, konten bisa berupa  tips mengenai outfit, launching produk terbaru, behind-the-scene, hingga tips merawat produk yang Anda jual. Jangan lupa gunakan tagar yang relevan untuk mempermudah konten Anda sehingga terjangkau oleh target yang tepat. 

Bekerja sama dengan Influencer TikTok

Sebagian perusahaan dan brand seringkali bekerjasama dengan influencer TikTok untuk terlibat dalam proses marketing. Sesuai namanya, ‘influencer’memiliki arti sebagai orang yang memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain dalam mengambil keputusan, termasuk keputusan dalam menggunakan sebuah brand. Kerjasama antara brand dan influencer biasanya berupa video yang diposting dan dibagikan melalui akun influencer. 

Optimalkan Seluruh Media Sosial

Apabila bisnis online Anda mulai aktif dan mendapatkan respon positif dari pengguna TikTok, jangan kemudian melupakan dan mengabaikan media sosial yang lain. Tetap gunakan Instagram, Facebook, atau WhatsApp untuk sekali membagikan ulang video TikTok yang yang sudah telahbuat. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut mendorong pengguna media sosial di platform lain tertarik mengikuti Anda di TikTok.

‘Daur Ulang’ Konten Anda

Daur ulang yang dimaksudkan di sini adalah mengupayakan membuat konten serupa dengan pengemasan yang berbeda di setiap platform media sosial. Anda bisa menggunakan aplikasi edit video atau gambar untuk membuat konten baru tanpa menghilangkan pesan yang ingin Anda sampaikan. Terutama pesan persuasif yang mendorong audiences untuk mengenali produk dan toko online yang Anda jalankan. 

Itulah informasi mengenai tips meningkatkan bisnis online menggunakan TikTok. Meski membutuhkan perencanaan yang matang, perlu kita akui bahwa TikTok efektif sebagai platform marketing untuk bisnis yang sedang berkembang dan butuh dikenali masyarakat secara luas.