tips menentukan domain bisnis

5 Tips Memilih Domain Bisnis

Posted by

Dewasa ini, kehadiran sebuah brand pada dunia digital (online presence) menjadi sebuah keharusan. Terlebih jika sebuah bisnis berbasis online sudah pasti online presence adalah prioritas utama. Salah satu online presence yang paling populer adalah website. Nama website ini biasanya disebut dengan domain. Domain yang akan menentukan mudah atau tidaknya bisnis Anda ditemukan secara online. Oleh karena itu, sangat penting menentukan domain bisnis anda. Berikut adalah tips menentukan domain bisnis Anda. Sebelumnya perlu kita ketahui, apa itu domain?

Apa itu Domain? 

Pada dasarnya, domain adalah alamat yang berfungsi untuk menemukan sebuah website. Tanpa domain, pengguna internet harus menggetik angka-angka IP yang rumit dan sulit dimengerti. “durianpay.id” merupakan contoh domain yang mudah diketikkan. 

Sebagaimana sebuah alamat pada dunia nyata, seorang pebisnis perlu memilih “alamat” atau tempat berbisnis. Penamaan sebuah domain ibarat hak cipta yang tidak boleh sama dengan brand lainnnya. Selain harus unik, ada hal lain yang harus anda perhatikan saat memilih nama domain. Apa saja ya?

Tentukan Tujuan Website Anda

Sebelum memilih nama domain, Anda perlu menentukan terlebih dahulu tujuan pembuatan website. Apakah anda menggunakan website untuk berjualan? Atau berfungsi sebagai etalase saja? Atau apakah anda menggunakan website Anda untuk melayani keluhan dan pertanyaan pelanggan Anda? Semua tujuan ini akan menghasilkan nama domain yang berbeda-beda.

Tak cuma nama domain, ekstensi domain pun akan berbeda sesuai dengan tujuan. Misalnya, untuk tujuan komersil, nama domain akan diikuti akan diikuti .com, .co.id, biz. Untuk tujuan memberikan informasi, Anda bisa gunakan ekstensi .info. 

Gunakan Nama Domain yang Mudah Diingat

Layaknya memilih nama sebuah merek/brand, memilih nama domain juga harus yang mudah diingat. Usahakan tidak lebih dari 3 suku kata, dan yang paling baik adalah satu suku kata. Makin pendek tentu makin mudah saat mengingatnya bukan? Selain itu, nama domain yang pendek akan memudahkan Anda saat promosi. Misal saat presentasi, saat anda menulis di kartu nama, hingga sekedar berbincang dengan kolega. 

Bayangkan saja jika nama domain bisnis Anda “ayopergikegunung.com” misalnya, tentu menyulitnya. Selain itu, orang juga akan mudah lupa dan berpotensi salah sebut, misalya menjadi pergikegunung atau salah pada penulisan kapitalnya, tentu mereka akan gagal mengunjungi domain bisnis Anda. 

Hindari Penggunaan Angka & Tanda Penghubung

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, penggunaan angka & tanda penghubung membuat akan sulit mengingat dan membingungkan. Potensi salah ketik juga makin meningkat jika Anda memaksakan menggunakan tanda penghubung. Jika ada domain yang Anda inginkan sudah ada yang memakai, jangan paksakan dengan menambahkan tanda penghubung agar terlihat berbeda. Lebih baik cari nama domain lainnya untuk mengurangi kemungkinan orang menemukan domain lain.

Gunakan Nama Brand Pada Domain

Jika Anda sudah punya nama brand  yang unik, menarik, dan belum ada orang lain yang memakainya tentu akan lebih mudah. Pakai saja jadi nama domain Anda. Orang yang mendengar tentu lebih mudah mengasosiasikan nama domain dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Meski Anda tidak sepenuhnya mengoperasikan bisnis anda secara online, setidaknya penggunaan nama domain yang sama dengan merek, akan memudahkan calon pelanggan memelajari produk-produk Anda. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari potensi penggunaan hak cipta nama brand. Orang lain tidak akan ada yang menggunakan nama brand Anda sebagai domain, jika Anda sudah duluan memakainya.

Pilih Domain yang Selalu Relevan

Kita semua tahu bahwa dunia bisnis selalu dinamis. Terkadang seorang pebisnis pun harus pivot model bisnis ataupun produk dagangannya. Oleh karena itu, Anda perlu memilih nama domain yang tepat agar saat ada perubahan dalam bisnis, domain Anda tetap relevan. Memang, Anda bisa saja membeli domain baru, tapi tentu harus mengorbankan traffic dari pelanggan setia Anda.

Itulah berbagai tips menentukan nama domain untuk bisnis Anda. Nama domain yang menarik, mudah diingat, dan diketik, serta selalu relevan, akan mengakselarasi performa bisnis Anda. Pengunjung website makin tinggi, produk mudah dicari dan transaksi pun makin sering terjadi. Selamat mencoba!