Split Payment: Pengertian dan Penerapannya!

Posted by

Pembayaran menjadi tahapan krusial dalam sebuah transaksi online. Proses pembayaran yang seamless, punya beragam pilihan kanal, dan tanpa hambatan merupakan impian setiap pelaku bisnis online. Selain memperlancar arus dana masuk, pembayaran yang seamless juga memberikan kenyamanan maksimal bagi pembeli. Dalam bisnis online, kenyamanan menjadi magnet yang akan menarik pembeli untuk terus datang lagi. 

Salah satu fitur pembayaran yang dapat meningkatkan kenyamanan pembeli adalah split payment. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk membayar belanjaan dari berbagai platform pembayaran. Sebenarnya apa itu split payment? 

Apa itu Split Payment?

Seperti namanya, split payment merupakan suatu pembagian cara bayar yang menggunakan lebih dari satu cara pembayaran. Dengan kata lain, satu transaksi diselesaikan dengan berbagai metode pembayaran. Pada awal perkembangannya, split payment dipraktekkan dalam pembayaran dengan kartu kredit, debit, & uang tunai. 

Kini, fitur ini digunakan banyak digunakan pada sistem pembayaran digital. Meski banyak payment gateway yang memungkinkan e-commerce ataupun online shop menerima berbagai jenis pembayaran, ternyata sangat sedikit yang bisa menyediakan fasilitas pembayaran split payment. Apalagi, jika pilihan metode pembayaran terbatas. Tentu saja, ketidatersediaan fitur split payment sangat disayangkan mengingat fitur ini punya banyak keunggulan. 

Split Payment

Keunggulan Split Payment

Ada banyak keunggulan jika bisnis Anda menerapkan Fitur ini. Pertama, Fitur ini akan memudahkan distributor produk Anda. Sebagai pihak yang sering melakukan transaksi, distributor biasanya punya banyak metode pembayaran. Hal ini mengakibatkan saldo mereka juga tersebar di berbagai dompet digital maupun akun bank. Dengan demikian, pembayaran Anda terima dari mereka akan lebih lancar. 

Kedua, fitur ini akan meningkatkan penjualan. Mengapa demikian? Pelanggan akan senang dan cenderung memilih toko online yang tidak mempersulit pembayaran. Bisa jadi, pelanggan punya berbagai saldo yang tersebar di berbagai dompet digital. Dengan adanya Fitur ini, para pembeli tersebut akan jauh lebih nyaman. 

Ketiga, fitur ini cocok untuk mendukung berbagai model bisnis. Tak cuma cocok diterapkan untuk bisnis berbasis perdagangan, fitur ini cocok untuk model bisnis lain. Misalnya, layanan berlangganan yang dapat melakukan auto debit pada rekening dan dompet digital yang sudah terdaftar. 

Baca juga : Biaya yang Harus Anda Keluarkan untuk Jasa Payment Aggregator

Mengapa Bisnis Online Perlu Menyediakan Split Payment?

Mengingat berbagai keunggulan split payment, Anda perlu menerapkan fitur ini agar menjadikan bisnis makin sukses. fitur ini terbukti mampu memberikan kenyamanan bagi distributor dan pembeli. Mereka jadi punya pilihan yang lebih banyak untuk menyelesaikan transaksinya. Fleksibilitas adalah kunci yang akan memberikan kenyamanan transaksi. 

Segera terapkan split pay pada toko Anda melalui layanan Durianpay. Tentu penerapan split pay akan lebih mudah karena di ada beragam metode pembayaran melalui Durianpay. Pelanggan Anda akan leluasa memilih membayar dari akun bank manapun maupun dompet digital apapun. Selamat mencoba!