Cara Cepat Memproses Refund Ke Pelanggan!

Posted by

Di era digital ini, proses transaksi yang seamless dan praktis adalah hal penting bagi para pelaku bisnis. Lebih banyak pebisnis harus mengadopsi sistem ini karena kekurangan proses transaksi menyebabkan munculnya berbagai masalah, seperti mengelola pengembalian dana atau refund. Pengembalian dana menjadi esensial untuk mempertahankan kredibilitas bisnis Anda dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban penjual jika ada hal-hal diluar kuasa yang berkaitan dengan produk yang sudah dibeli oleh customer.

Dalam industri travel, ticketing, tour, atau jenis bisnis online lain, proses pengembalian dana bisa menjadi tantangan tersendiri. Komplain akibat lamanya proses pengembalian dana, dan prosedur yang panjang membuat proses ini tidak efisien. 

Durianpay menghadirkan fitur Refund Instan. Dengan fitur ini, Anda bisa mengelola pengembalian dana hanya dalam hitungan menit. 

Situasi Yang Mengharuskan Pengembalian dana 

Dalam hubungan konsumen dan pelaku bisnis, pengembalian dana diatur dalam Pasal 4 huruf (H) tentang Hak Konsumen, dimana konsumen berhak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi/ penggantian bila barang/jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Diatur juga dalam Pasal 7 huruf (G) mengenai Kewajiban Pelaku Bisnis untuk memberikan kompensasi, ganti rugi/penggantian bila barang dan/jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian. 

Contoh kejadian yang mengharuskan pengembalian dana, Anda sudah berniat liburan di Bali dan melakukan pemesanan kamar hotel. Namun sayang Anda sakit dua hari sebelum keberangkatan. Maka dalam kondisi ini, Anda berhak mengajukan refund.  

Baca juga: Memaksimalkan Sistem Transaski Non-Tunai Untuk Bisnis Anda

Proses Refund ke Pelanggan Mempengaruhi Bisnis Anda

Seperti yang telah disebutkan di atas, umumnya proses pengembalian dana dalam transaksi online membutuhkan proses yang rumit. 

1. Pengembalian Dana Mempengaruhi Retensi Pelanggan

Pengalaman refund yang buruk dapat mempengaruhi loyalitas dan retensi pelanggan karena data menyatakan lebih dari 30% pelanggan mengatakan, tidak akan akan melakukan transaksi di toko dengan pengalaman refund yang buruk. 

2. Refund Memakan Waktu

Proses pengembalian dana pada pelanggan membutuhkan waktu beberapa hari karena banyak pihak termasuk bank atau penyedia pembayaran terlibat dalam proses permintaan pengembalian dana. Akan tetapi pelanggan menginginkan proses pengembalian dana berlangsung cepat.

3. Review Pelanggan 

Bagi pelaku bisnis online, ulasan dari pelanggan menjadi bagian penting dalam bertransaksi. Pengalaman refund yang buruk dapat menjadikan ulasan buruk dari pelanggan yang berakibat mempengaruhi bisnis.  

Sistem Pengembalian Dana Durianpay 

Dengan fitur ‚ÄúRefund Instan‚ÄĚ Durianpay, Anda bisa mendapatkan kemudahan refund tanpa mengurangi kepercayaan pelanggan. Ikuti 3 langkah mudah  pengembalian dana melalui  Durianpay:

  1. Pelanggan mengajukan permintaan refund
  2. Pelaku bisnis menerima permintaan pengembalian dana dan memulai proses ‚ÄúRefund Instan‚ÄĚ
  3. Pelanggan akan menerima pengembalian dana dalam hitungan menit.

Kemudahan Pengembalian Dana Dengan Durianpay 

Anda dapat menjalankan proses pengembalian dana hanya dengan klik tombol ‚Äúpengembalian dana‚ÄĚ dari dasbor Durianpay. Sistem Durianpay mendukung mekanisme persetujuan ganda dan terintegrasi dengan API dan mekanisme yang dimiliki Durianpay dapat menyesuaikan kebutuhan Anda. Puaskan pelanggan Anda dengan ‚ÄúRefund Instan‚ÄĚ, Durianpay. Pertahankan loyalitas dan tingkatkan kepercayaan pelanggan Anda bersama Durianpay, Coba sekarang!