promo ramadhan

5 Trik Jitu Menghadapi Persaingan Bisnis UMKM

Posted by

Persaingan merupakan tantangan yang tidak dapat terelakkan dalam sebuah bisnis. Namun tekad yang kuat, seorang pebisnis akan mampu menghadapinya. Tekad yang kuat akan menjadi pondasi dalam menghadapi segala jenis tantangan, tak terkecuali persaingan dari sesama pebisnis UMKM. Selain tekad, dibutuhkan strategi yang jitu agar pebisnis mampu persaingan bisnis. Berikut 5 trik jitu yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi tingginya persaingan bisnis UMKM. 

Riset Pasar 

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan riset pasar. Kira-kira siapa segmen pasar yang akan kita target?  Barang seperti apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan? Berapa harga yang bisa masyarakat jangkau? Riset seperti ini akan membantu para pelaku usaha untuk menentukan produk seperti apa yang akan mereka sediakan sesuai dengan harapan pelanggan.

Agar riset pasar lebih mendalam, Anda juga perlu mengetahui kemampuan dan kelemahan pesaing. Mengetahui apa yang dilakukan oleh pesaing, membuat Anda punya gambaran tentang industri yang Anda tekuni. Selain itu, Anda juga akan mengetahui tren bisnis di sektor industri yang sedang Anda jalani. Kita harus bisa memberikan inovasi yang lebih baik lagi terhadap produk kita dibandingkan apa yang pesaing lakukan. 

Memaksimalkan Media Sosial 

Zaman sekarang online presence atau kehadiran brand atau bisnis Anda di menjadi sebuah keharusan. Apalagi bisnis Anda merupakan bisnis online, media sosial akan menjadi jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tidak cuma promosi produk, tapi juga menyapa, mengedukasi, hingga menjawab sebuah masalah dan keluhan pelanggan. Hadirkan bisnis Anda sebagai sebuah solusi, bukan sekedar berjualan barang semata. Dengan cara ini, niscaya pelanggan akan tetap setia pada produk Anda.

Perlu konsistensi dalam memaksimal media sosial. Tetaplah posting secara rutin meski hasilnya belum terlalu terlihat. Jangan lupa untuk mulai mengelola postingan secara teratur baik dari segi jadwal, tata letak dan desainnya. Konten media sosial yang teratur sekaligus akan menunjukkan kredibilitas bisnis Anda. Pelanggan akan makin percaya dan menjadikan akun media sosial bisnis Anda sebagai pedoman dalam memahami produk. 

Kualitas produk 

Satu-satunya senjata yang kita punya dalam berbisnis adalah kualitas produk. Kualitas produk yang baik dapat menjadi promosi gratis bagi usaha kita. Melalui pelanggan ke orang terdekatnya, orang terdekat ke orang lain yang dikenalnya. Kualitas produk yang baik akan berbicara.  Karena kualitas produk adalah gambaran sejauh mana pengusaha dapat memenuhi produk sesuai keinginan dan harapan konsumen. Kualitas produk sendiri meliputi kinerja, keandalan, keistimewaan, kesesuaian, daya tahan, kemampuan melayani, dan estetika. Dengan memiliki produk dengan kualitas yang baik maka akan meningkatkan pangsa pasar serta meningkatkan reputasi perusahaan.

Promosi 

Langkah lain adalah dengan melakukan promosi untuk memperluas pasar. Orang-orang akan lebih mudah mengenal produk baru melalui promosi. Apalagi bila promosi yang kita lakukan menggunakan jasa influencer, maka semakin besar kemungkinan orang akan mengenal produk kita. Dan semakin besar pula kemungkinan akan adanya calon pembeli baru. Selain itu, dengan mengoptimalkan promosi melalui media sosial seperti  instagram, facebook, twitter, dan media sosial lainnya akan sangat membuat promosi yang kita lakukan semakin efektif dan efisien.  

Baca Juga: Memaksimalkan Promosi dengan Strategi Omnichannel

Branding merek

Langkah berikutnya adalah dengan branding merek. Memberikan citra merek yang baik. Hal ini dilakukan agar pelanggan dan calon pembeli baru mudah mengenali produk kita dengan kesan yang baik.  Memberikan kesan yang baik melalui kegiatan campaign peduli lingkungan dan konsumen. Sehingga membentuk presepsi yang baik di benak konsumen. Jika hal hal ini dilakukan, maka akan menentukan kredibilitas dan loyalitas konsumen jangka panjang. Dengan harapan pelanggan puas dengan pelayanan dan produk yang kita tawarkan.  

Itu dia 5 trik jitu yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan usahamu dalam menghadapi persaingan bisnis UMKM. Mengingat tingginya tingkat persaingan didunia usaha, Anda membutuhkan layanan transaksi yang aman dan nyaman. Durianpay akan membantu mempermudah transaksi Anda dan pelanggan dengan aman dan nyaman.