Perlukah Anda Menyediakan Metode Pembayaran Virtual Account?

Posted by

Sebelum era e-commerce, sudah ada beberapa metode pembayaran yang populer. Salah satunya adalah pembayaran virtual account. Layanan yang berbasis atau disediakan oleh bank ini banyak dipakai pada mobile banking, e-banking, maupun transfer via ATM. Memang, pada dasarnya, metode ini prinsipnya sama dengan transfer, hanya dengan cara yang jauh lebih mudah. Lantas, apa sebenarnya virtual account, dan mengapa kehadirannya tetap eksis hingga hari ini?

Apa itu Virtual Account?

Pada dasarnya, virtual account sama dengan akun atau rekening bank biasa. Bedanya, virtual account merupakan akun/rekening bank yang dibuat secara virtual. Virtual account terdiri dari  kombinasi angka unik yang dapat digunakan untuk identifikasi pembayaran. 

Meski sekilas terlihat sama, virtual account punya perbedaan yang signifikan daripada rekening biasa. Masyarakat pun banyak yang menganggap transaksi virtual account sama dengan rekening biasa, karena pada prinsipnya sama-sama transfer. 

Perbedaan terbesar antara virtual account dan rekening bank terdapat pada cara kerjanya. Dengan nomor kombinasi khusus pada virtual account lebih memudahkan penerima dana atau pebisnis online untuk mengetahui siapa yang mengirim dana. Hal ini dapat menghindari kesalahan pengirim yang lupa mengetik nama atau keterangan. 

Baca Juga : Beradaptasi dengan Digital Ecosystem

Cara Kerja Virtual Account

Untuk lebih memahami perbedaan virtual account, Anda bisa melihat cara kerjanya. Keberadaan virtual account yang memberikan kemudahan tentu tidak boleh Anda lewatkan dan perlu Anda terapkan pada toko online Anda. Durianpay bisa membantu Anda menyediakan pilihan pembayaran virtual account pada toko Anda. Berikut ini adalah cara kerja virtual account:

  1. Setelah pembeli memilih metode pembayaran virtual account. Maka, mereka akan menerima nomor invoice atau nomor VA yang spesifik untuk transaksi. Tenang! Proses ini dapat terjadi secara otomatis jika Anda mengintegrasikan Durianpay pada sistem pembayaran toko Anda. 
  2. Selanjutnya, nomor VA akan dihubungkan pada pembeli dan invoice.
  3. Setelah pembayaran diterima, akan ada notifikasi yang Anda terima. Anda pun dengan mudah dapat mengidentifikasi pembayaran tersebut. 

Durianpay dapat membantu Anda menerima pembayaran virtual account dari berbagai bank terkemuka di Indonesia, seperti BCA, BNI, Mandiri hingga Permata. Penasaran ingin pelajari layanan Durianpay? Klik di sini!

pexels-cottonbro-5081926

Manfaat Virtual Account

Sebagai produk financial technology/FinTech, virtual account berhasil mengubah gaya hidup masyarakat dan bisnis. Transaksi berlangsung lebih cepat daripada transfer bank biasa. Pada poin sebelumnya, Anda sudah lihat bahwa cara kerja virtual account sangat simpel. Tentu kemudahan ini akan membawa banyak manfaat, diantaranya:

  1. Transaksi Bisa Dilakukan Kapan Pun

Fleksibilitas transaksi akan memberikan kemudahan bagi pembeli Anda. Mereka bisa membayar belanjaan pada toko Anda dimanapun dan kapanpun. Selama ada internet, dan aplikasi m-banking mereka lancar, maka transaksi pun lancar. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi mereka. Dengan kenyamanan ini, mereka akan kembali lagi dan lagi pada toko Anda. 

  1. Tidak Perlu Konfirmasi Pembayaran

Pembeli di toko Anda tidak perlu melakukan konfirmasi layaknya transfer bank biasa. Akun VA merupakan akun khusus satu pengguna. Tiap nasabah bank punya VA sudah terdeteksi identitasnya secara otomatis oleh bank. Anda pun dengan mudah mengidentifikasi pembayaran untuk setiap transaksi.

  1. Solusi bagi Nasabah Bank

Virtual account bisa menjadi solusi bagi nasabah bank yang ingin belanja online dengan metode transfer bank, tapi kemudahannya serasa membayar dengan e-wallet. Tanpa perlu mengisi saldo e-wallet, mereka pun bisa merasakan pengalaman pembayaran yang cepat mudah dan seamless. 

Dengan berbagai kemudahan yang Anda dapatkan, sebaiknya Anda menyediakan pilihan pembayaran virtual account pada toko Anda. Hal ini mudah untuk Anda wujudkan dengan Durianpay. Segera daftar dan integrasikan toko Anda!