Uncertain hesitant Asian woman spreads palms feels unaware thinks about choice has no idea being clueless stands questioned wears casual hoodie poses against blank empty background. So what.

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Posted by

Pernahkah Anda mendengar istilah tentang omnichannel dan multichannel? Keduanya memiliki makna yang kurang lebih sama, yakni strategi marketing yang menggunakan lebih dari satu chanel. Hal tersebut dilakukan demi memperluas jangkauan pelanggan serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan sebuah produk. Namun, jika ditelisik lebih dalam, omnichannel dan multichannel memiliki perbedaan yang signifikan. Apa saja perbedaan keduanya? Berikut ulasannya!

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Pengertian tentang Omnichannel dan Multichannel 

Seperti yang kita ketahui, strategi bisnis memanfaatkan pemasaran dalam lingkup online maupun offline. Keduanya dapat terjangkau pelanggan menggunakan berbagai channel, mulai dari brosur, katalog, website, media sosial, hingga acara promosi. Semakin banyak channel yang digunakan, semakin besar pula kesempatan bagi sebuah bisnis untuk dikenal orang banyak. Namun yang menjadi pertanyaan, seberapa banyak channel yang harus terkuasai supaya strategi pemasaran berjalan optimal? 

Baik multichannel maupun omnichannel mempercayai bahwa memanfaatkan lebih dari satu saluran akan lebih efektif dalam strategi penjualan. Namun dari segi kuantitas, multichannel jauh lebih banyak jika kita bandingkan omnichannel.

Supaya lebih mudah memahami perbedaan keduanya, ingat selalu bahwa omnichannel merujuk pada ‘semua saluran’ dan multichannel mengoptimalkan ‘banyak saluran’. Omnichannel memilih dan menyediakan saluran yang paling relevan dengan pelanggan. Sehingga omnichannel tidak terpaku pada jumlah saluran,  namun fokus terhadap kebutuhan serta kenyamanan pelanggan hingga berhasil menuju tahap transaksi. 

Sedangkan multichannel adalah strategi penjualan yang menggabungkan ‘banyak saluran’. Harapan nya, Strategi tersebut mampu menjangkau pelanggan dengan berbagai cara, termasuk memperbanyak kuantitas channel dan berjualan melalui media digital, panggilan telepon, iklan cetak, televisi, hingga radio. 

Baca Juga : Memaksimalkan Sistem Transaski Non-Tunai Untuk Bisnis Anda

5 Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Meski memiliki kesamaan pada jumlah saluran lebih dari satu, perbedaan omnichannel dan multichannel secara spesifik dapat kita uraikan sebagai berikut: 

  • Fokus

Multichannel memperbanyak kuantitas channel dengan harapan pelanggan dapat memilih sendiri mana yang nyaman untuk digunakan. Sedangkan omnichannel fokus terhadap kenyamanan pelanggan dalam mengakses berbagai channel hingga akhirnya berhasil melakukan transaksi.

  • Penyampaian Informasi 

Banyaknya saluran yang tersedia menyebabkan multichannel menyediakan informasi yang berbeda-beda  karena harus menyesuaikan platform yang ada. Hal ini berbanding balik dengan omnichannel yang memberikan informasi secara utuh dan sama di setiap channel-nya. 

  • Data

Bagi multichannel, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah memastikan produk sudah Anda pasarkan di banyak saluran. Berbeda dengan omnichannel yang membutuhkan dan melibatkan data untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Misalnya, data yang berkaitan dengan perilaku pelanggan saat belanja online. Platform mana yang paling sering pelanggan gunakan dan mengapa? Hal itulah yang kemudian menjadi data bagi sebuah perusahaan untuk mempelajari pelanggannya.

  • Integrasi Saluran Penjualan

Perbedaan signifikan juga terletak pada integrasi setiap channel-nya. Multichannel meskipun memiliki ‘banyak saluran’, namun tidak terintegrasi. Berbeda dengan omnichannel yang memaksimalkan channel-nya dengan cara di-integrasi. Definisi integrasi ini sendiri adalah menghubungkan seluruh channel dalam satu sistem, sehingga layanan dapat akses secara mudah dan sederhana.. Itulah sebabnya, omnichannel menjadikan pengalaman pelanggan sebagai fokus utama demi meningkatkan kenyamanan mereka dalam bertransaksi.

  • Kemudahan

Multichannel menawarkan kemudahan yang terletak pada saluran yang beragam, hampir di setiap channel mereka ada. Namun, jika saluran mengalami error, pelanggan melakukan interaksi baru di saluran yang lain secara mandiri. Sementara itu, omnichannel yang sudah terintegrasi  memudahkan pelanggan untuk tetap berinteraksi dengan transisi dan pilihan yang sudah tersedia.

Berminat menyediakan layanan omnichannel bagi kebutuhan bisnis Anda? Durianpay siap mendukung pembayaran bisnis Anda terintegrasi sehingga Anda Dapat menggunakan semua metode pembayaran. Silahkan klik di sini untuk informasi lebih lanjut.