Mengenal Payment Link dari Durianpay!

Posted by

Penggunaan teknologi merupakan faktor pendukung bagi kemajuan sebuah bisnis. Era digital “memaksa” banyak pebisnis untuk berubah dari yang sebelumnya hanya menerima pembayaran cash saja, kini harus menyediakan opsi bayar via transfer bank karena bisnisnya juga berubah menjadi bisnis online. Bisnis saat Ramadhan pun makin mudah dengan cara bisnis online. Secara otomatis, pembayarannya pun harus terjadi secara online, misalnya transfer.

Namun, pembayaran via transfer bank bukannya tanpa masalah. Mulai dari pelanggan harus tetap melakukan konfirmasi secara manual, hingga penjual yang harus mengirimkan nomor rekening setiap ada yang mau beli. Selain itu, penjual juga harus cek mutasi rekening secara manual. Hal ini dilakukan untuk memastikan jika pembayarannya sudah masuk dan nominanya sesuai. Untuk bisnis yang beroperasi saat Ramadhan, hal ini tentu menyita banyak waktu. Saat Ramadhan, waktu bisnis terasa begitu cepat, jadi harus kita gunakan seefektif mungkin.

Untungnya, ada metode pembayaran yang dapat mempercepat operasi bisnis Anda selama Ramadhan. Yaitu, pembayaran dengan membagikan payment link atau link pembayaran. Pelanggan cukup klik link yang diberikan kemudian mengikuti petunjuk yang ada untuk menyelesaikan transaksi. Tapi, dapatkan bisnis kecil-kecilan mengadopsi sistem pembayaran payment link?

Pembayaran Digital untuk Semua, Tidak Cuma untuk Bisnis Besar

Diakui atau tidak, bahwa bisnis kecil-kecilan, khususnya bisnis musiman saat Ramadhan dinilai hanya dapat menerima pembayaran dengan cash saja. Ataupun jika mereka menawarkan barangnya secara online, pembayaran dilakukan saat penjual dan pelanggan bertemu. Sebagian dari mereka juga menggunakan opsi transfer bank. Tapi, itu juga terjadi jika transaksinya besar, katakanlah di atas Rp50.000,00. Untuk bisnis kuliner kecil-kecilan yang hanya melalui via WhatsApp atau WA, praktik tersebut akan menemui kesulitan.

Misalnya, Anda berjualan makanan dengan nominal yang tidak besar. Dengan transfer bank pembayaran bisa Anda lakukan. Tapi bagaimana dengan biaya transfer? meski hanya Rp2.500,00 – Rp6.000,00 angka tersebut akan terlihat besar jika nominal transaksi sebesar Rp10.000,00. Bagaimana solusinya?

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Dynamic QRIS?

Instapay: Solusi Instan Pembayaran Instan

Dengan payment link Durianpay yang disebut Instapay, Anda dapat menerima pembayaran meski jumlah transaksi kecil tanpa biaya transfer. Cocok untuk bisnis Ramadhan bukan? Misalnya bisnis takjil, kue lebaran, hingga parcel. Mengapa bisa tanpa biaya? Karena dalam link pembayaran Instapay, terdapat berbagai jenis pembayaran: beragam rekening bank, e-wallet, bank digital, QRIS serta pembayaran melalui gerai ritel. Semua metode bayar tersebut bisa Anda pilih, Anda bisa menggunakan semuanya atau hanya beberapa saja. Pelanggan juga dapat memilih metode bayar yang mereka inginkan, jadi kemunculan biaya transfer bisa kita minimalisir bahkan kita hilangkan.

Instapay memang terdesain untuk pengusaha perorangan yang bisnisnya masih skala kecil bahkan mikro. Apalagi untuk Anda yang menawarkan barang/jasa via WhatsApp WA ataupun grup di media sosial lainnya. Tanpa mengetik nomor rekening berulang-ulang, pembayaran pun bisa konsumen lakukan dengan begitu mudahnya, hanya dengan membagikan payment link. Semua link yang Anda bagikan, bisa Anda atur dari satu dashboard.

Dari dashboard Durianpay, Anda juga bisa memastikan transaksinya sudah sesuai atau belum. Pelanggan juga tidak perlu konfirmasi setelah transfer dana. Cukup pantau dashboard Durianpay, semua akan termonitor secara otomatis. Siapa saja yang sudah berhasil melakukan transaksi dan siapa yang belum. Untuk mereka yang sudah pesan tapi belum bayar, Durianpay menyediakan fitur reminders. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi agar segera menyelesaikan transaksi. 

Bagaimana Cara Membuat Instapay?

Mudah! Kurang dari 10 menit Anda sudah bisa membuat payment link Instapay. Pertama, buka Dashboard Durianpay, klik tombol Instapay sebelah kiri. Kemudian klik tombol “Buat Data Baru”. Setelah itu Anda tinggal mengisi formulir yang ada. Tentukan nominal, masa berlaku link, hingga detail pelanggan. Setelah itu, klik tombol “Buat Data Baru” di kanan bawah. Semuanya beres deh! Mudah, bukan?

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan data pelanggan yang dapat Anda gunakan kembali saat untuk transaksi selanjutnya. Tidak berlebihan jika kita katakan bahwa Instapay adalah cara termudah terima pembayaran. Baik dari sisi pebisnis maupun pelanggan. Segera daftarkan diri Anda menjadi pengguna Durianpay, dan buat Instapay untuk bisnis Anda!