Mengapa Transaction Success Rate (TSR) Penting bagi Bisnis Anda?

Posted by

Selain angka penjualan, keberhasilan transaksi perlu menjadi perhatian bagi pebisnis online. Faktanya memang ada saja transaksi penjualan yang mengalami kegagalan. Entah itu karena masalah jaringan, gangguan teknis dari pihak bank/dompet digital, hingga masalah sinyal internet yang tidak stabil. Tentu, jika transaksi-transaksi yang gagal dibiarkan, maka Anda akan menderita kerugian. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Lantas, harus bagaimana?

Mengingat pentingnya keberhasilan transaksi, Anda perlu menerapkan indikator keberhasilan transaksi pada toko online Anda. Indikator ini disebut dengan transaction success rate atau TSR. Sebenarnya, apa itu TSR dan sejauh apa pentingnya untuk keberlangsungan bisnis Anda?

Apa itu TSR?

Seperti kepanjangannya, transaction success rate atau disingkat TSR merupakan indikator atau metrik untuk mengukur berapa banyak transaksi pembayaran yang berhasil. Tentu saja, pembayaran yang berhasil sangat berguna bagi bisnis Anda. Uang yang sudah masuk rekening tersebut bisa berputar untuk berbisnis kembali. Meski demikian, faktanya masih ada saja transaksi yang gagal, sehingga angka TSR bisa menurun. Tentu hal ini akan mengurangi pendapatan Anda. Dari mana perhitungan angka TSR?

Angka transaction success rate dihitung dengan membagi jumlah total transaksi berhasil dengan jumlah total transaksi yang terjadi pada periode waktu tertentu. Misalnya, jika ada 100 transaksi yang terjadi dalam seminggu, dan yang berhasil hanya ada 90, maka TSR Anda akan adalah 90 atau 90%.

Mengapa Anda perlu Memperhatikan TSR?

Bayangkan saat bisnis Anda menjalankan 100 transaksi, dan tiap transaksinya bernilai Rp 1 juta. Tetapi ada 20 transaksi yang gagal. Ini artinya hanya 80 transaksi yang berhasil. Meski angka keberhasilannya masih tinggi, bukankah angka TSR bisa lebih tinggi lagi? 95 misalnya. 

Transaksi yang gagal tersebut bukan berarti tidak bisa diperbaiki ataupun diulangi. Anda bisa mengulangi 20 transaksi tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak pembeli. Dan mungkin saja ada 5 transaksi yang akhirnya berhasil.  

Tapi, praktik tersebut mengubah angka TSR Anda. Dari yang awalnya 80%, maka setelah Anda mencoba transaksi ulang, jumlah total transaksi akan menjadi 120. Karena pengulangan tersebut, TSR Anda akan turun menjadi 70,83% (85/120). Meski demikian, pendapatan Anda tetap naik. 

Dari contoh kasus di atas, bisa disimpulkan bahwa jika Anda mengukur kesuksesan bisnis hanya dengan TSR, maka Anda akan kehilangan pendapatan bisnis. Pada dunia big data, metrik tanpa konteks dapat membingungkan, sehingga keputusan yang diambil pun salah. Jadi, jangan biarkan TSR Anda turun, meski dengan turunnya TSR keuntungan Anda bisa meningkat. Biarkan saja angka TSR yang ada sebagai sumber data untuk mengambil keputusan-keputusan bisnis yang strategis. Selanjutnya Anda tinggal mencari solusi agar di tahap berikutnya TSR Anda bisa menurun. 

Ada banyak manfaat jika Anda membiarkan angka TSR apa adanya. Memang apa saja manfaat TSR?  

Transaction Success Rate

Manfaat TSR

Mengukur TSR punya banyak manfaat, selain mendapatkan data dasar untuk mengambil berbagai keputusan. Inilah beberapa di antara manfaat:

Pertama, jika Anda menggunakan banyak payment gateway, maka Anda bisa membanding-bandingkan perbedaan TSR antar berbagai payment gateway. Kedua, TSR dapat membantu Anda menilai segmen-segmen pembeli. Anda bisa menilai mereka berdasarkan TSR kolektifnya. Jika ada salah satu segmen angka TSRnya rendah atau 0%, maka Anda tak perlu lagi mengeluarkan effort lebih untuk promosi pada segmen tersebut. Karena hampir semua orang di segmen tersebut berhasil melakukan pembayaran. 

Transaction Success Rate

Pastikan TSR Tinggi dengan Durianpay

Setelah menggunakan data TSR untuk menilai kinerja payment gateway dan menganalisis segmen pembeli, kini saatnya untuk memastikan angka TSR tetap tinggi. Caranya mudah, Anda bisa menggunakan jasa payment aggregator andalan yang mampu menyediakan berbagai metode pembayaran dengan lancar. Durianpay adalah jawabannya. Tak cuma beragam, semua transaksi pun bisa berlangsung seamless dan lancar. Angka TSR dijamin akan tinggi, karena tingkat kegagalannya rendah. Dengan demikian, transaksi berhasil yang Anda terima pun makin banyak, sehingga bisnis pun dapat terus berjalan. Dengan Durianpay, katakan tidak pada kegagalan transaksi!