pexels-rachel-claire-5490917

Mengapa Pembayaran Melalui Gerai Ritel Selalu Diminati?

Posted by

Saat ini, dunia bisnis berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Hal ini terlihat dari banyaknya bisnis yang merambah ke dunia digital. Dimana hal tersebut menjadikan beberapa bisnis menyediakan berbagai jenis sistem pembayaran. Mulai dari pembayaran online maupun offline. Berbagai jenis sistem pembayaran tersebut akan memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi antara konsumen dan pedagang. Salah satunya sistem pembayaran yang masih populer digunakan oleh konsumen yaitu pembayaran melalui gerai ritel. Lalu, apa itu pembayaran melalui gerai ritel?

Pembayaran Melalui Gerai Ritel

Pembayaran melalui gerai ritel merupakan salah satu sistem pembayaran secara tunai melalui gerai ritel yang tersedia. Sistem pembayaran ini akan mempermudah para pelanggan yang masih sulit menemukan mesin ATM dan yang tidak/belum memiliki kartu ATM atau bahkan rekening bank. 

Lantas, apa saja yang bisa kita bayarkan melalui gerai ritel? Banyak sekali. Mulai dari tagihan listrik, token listrik, SPP sekolah/kuliah, hingga tagihan belanja online. Anda pun bisa mengirim uang melalui layanan mereka meski tanpa akun bank. 

Tetap Populer Meski Dompet Digital Menjamur

Meski kini sudah banyak pilihan m-banking, dompet digital, hingga bank digital, masih banyak orang yang mengandalkan metode tersebut untuk melakukan aktivitas pembayaran. Mengapa ini bisa terjadi? Bukankah, pembayaran melalui aplikasi dompet digital dan aplikasi lain lebih simpel? Tanpa harus datang, semua tagihan akan terbayar. 

Meski layanan pembayaran digital sudah menjamur, tapi kita harus tahu bahwa masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di pedesaan kebanyakan masih cash basis. Dalam arti, meski banyak yang sudah punya rekening bank, tapi cenderung masih nyaman menggunakan uang cash. Bisa jadi, setelah gajian uangnya mereka ambil semua dan mereka belanjakan secara cash. Jadi, saat mereka membayar tagihan atau belanja online, saldo di akun bank mereka sudah habis karena sudah mereka cairkan. hal ini yang membuat layanan tersebut tetap populer. 

Baca juga : Mau Bisnis Makin Laris? Maksimalkan Metode Cashless dengan 5 Cara Ini!

Pembayaran Gerai Ritel

Konvensional Namun Diandalkan

Meski terkesan konvensional, nyatanya masih banyak orang yang mengandalkan pembayaran melalui metode ini ini. Minimnya persyaratan (tanpa akun), mudahnya pembayaran (datang ke kasir), dan real time menjadi beberapa alasannya. Sebagai pebisnis, Anda tidak boleh mengabaikan peluang ini. 

Sediakan juga pilihan pembayaran gerai ritel pada toko online Anda. Ingat! Masih banyak orang yang belanja online melalui smartphone, tapi tetap membayar secara offline di Alfamart ataupun Indomaret. Dengan ketersediaan pilihan ini, niscaya pelanggan Anda akan makin nyaman bertransaksi dengan Anda. Makin nyaman, makin banyak pilihan! Segera tambahkan pilihan pembayaran di website Anda dengan mengintegrasikan layanan Durianpay di sini!

Saat ini transaksi online semakin berkembang seiring dengan sistem pembayaran yang makin mempermudah pelanggan. Salah satu sistem pembayaran yang masih sangat populer digunakan yaitu pembayaran melalui gerai ritel. Sebagai pebisnis, Anda harus menyiapkan beberapa metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan agar dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan.