6 Langkah Memulai Bisnis Kuliner!

Posted by

Sebagai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, makanan dan minuman menjadi komoditas selalu dicari. Tanpa keduanya, mustahil manusia dapat bertahan hidup. Fakta ini yang membuat bisnis kuliner selalu menjanjikan. Pada berbagai segmen pembeli pun, bisnis kuliner akan selalu punya tempat di hati pelanggan. 

Selain potensi yang besar, operasional bisnis kuliner juga tergolong mudah. Anda membuat makanan dan minuman, kemudian menjualnya. Berdasarkan potensi bisnis dan kemudahannya, pebisnis pemula pun dapat memulai bisnis ini. Segera mulai bisnis kuliner Anda dengan 6 langkah ini!

Buat Rencana Bisnis

Rencana bisnis atau business plan menjadi pondasi dalam memulai bisnis kuliner. Meski bisnis Anda masih berskala kecil, rencana bisnis tetap perlu disiapkan dengan baik. Jika perlu, Anda dapat memetakan rencana bisnis dengan bisnis model kanvas. Anda dapat menguji berbagai skenario bisnis sebelum diterapkan pada bisnis model kanvas. Inovasi bisnis yang Anda inginkan juga makin mudah terealisasi dengan metode ini. 

Bidik Target Pasar

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis kuliner juga punya pangsa pasar yang berbeda-beda. Sebelum menjual produk kuliner, Anda perlu menentukan target pasar yang menjadi penentu banyak hal. Mulai dari jenis bahan makanan, harga makanan, lokasi jualan, hingga tempat untuk promosi. 

Setiap target pasar memerlukan strategi yang berbeda, karena perilaku dan selera pelanggan pun akan sangat beragam. Tentukan pada target pasar mana Anda akan menjual produk! Apakah di pasar mahasiswa dan pelajar, atau di pasar karyawan yang daya belinya lebih tinggi? 

Baca juga: 5 Ide Usaha Sampingan Online

Riset Produk

Menjalankan bisnis kuliner memang mudah, Anda tetap harus menghadapi tantangan dari para pesaing. Rasa menjadi daya saing produk kuliner Anda. Anda perlu melakukan riset produk dengan cukup mendalam. Temukan rasa yang paling pas dan sesuai selera konsumen Anda. 

Pertarungan rasa produk kuliner merupakan hal yang lumrah. Setelah menemukan resep yang cocok dan memiliki pelanggan setia. Patenkan resep tersebut dan yakinlah bahwa produk Anda mampu menarik pelanggan-pelanggan lainnya. Lakukan juga pengembangan varian-varian produk kuliner yang baru. 

Buat SOP

Selain mematenkan resep, Anda juga perlu membuat standar kerja dalam kedai atau restoran Anda. Sebuah bisnis kuliner memerlukan standar operational procedure/SOP untuk menjaga konsistensi rasa, volume makanan atau minuman, hingga kebersihan tempat atau kedai. Banyak pebisnis kuliner yang merasa dapat menjaga kualitas tanpa membuat SOP. 

Untuk bisnis yang masih berskala mikro, pemilik dapat menjaga kualitas produk dan layanan. Saat bisnis sudah mulai besar, ada beberapa cabang, dan karyawan makin banyak, Anda wajib membuat SOP. Jika tidak, mustahil kualitas produk kuliner Anda bisa tetap terjaga. Masukkan SOP dalam rencana bisnis Anda. 

Rancang Desain Produk

Kemasan produk kuliner juga tak kalah penting. Terutama jika produk kuliner Anda berupa camilan, makanan ringan, atau makanan cepat saji. Kemasan yang menarik dapat menjadi pertimbangan untuk membeli sebuah produk kuliner. 

Jika Anda berbisnis restoran, tentu penyajian makanan menjadi faktor penting. Selain itu makanan, desain bentuk makanan yang unik akan membuat produk Anda punya ciri khas sehingga mudah diingat. Dengan demikian, makanan Anda dapat mendorong pelanggan untuk untuk memfoto & membagikannya di media sosial.

Atur Platform Jualan dan Cara Pembayaran

Langkah ini menjadi salah satu langkah paling penting untuk menjamin kemudahan dan lancarnya transaksi. Tentukan, apakah Anda mau jualan secara offline, ataukah secara online melalui e-commerce dan layanan pengiriman makanan ojek online. Keduanya membutuhkan dukungan metode pembayaran secara online. Anda perlu pastikan bahwa metode pembayaran yang digunakan seperti e-wallet, transfer bank, hingga kartu kredit ataupun debit dapat berjalan lancar. 

Produk kuliner seenak apapun, jika transaksinya lama dan tersendat tentu akan membuat pelanggan kesal. Mereka pun akhirnya enggan datang lagi. Sebagai pebisnis pemula, Anda tak perlu bingung, gunakan saja payment aggregator Durianpay. Durianpay mampu mengakomodir berbagai metode pembayaran. 

Tinggalkan Balasan