pexels-kaboompics-com-6168

Memperoleh Keuntungan Melalui Social Commerce

Posted by

Menurut PR Newswire, nilai social commerce secara global diproyeksikan akan meningkat hingga 604,5 miliar dolar AS pada tahun 2027. Saat ini, perkembangan media sosial menjadi alasan mengapa jenis penjualan yang satu ini meningkat begitu tajam. Karena itu, social commerce adalah salah satu buzzwords di dunia marketing pada saat ini karena banyak keuntungan yang mereka tawarkan social commerce. Sekarang, orang orang menggunakan media sosial tidak hanya untuk memperluas koneksi ataupun membagikan pengalaman saja. Lantaran, sudah banyak orang yang berbelanja langsung melalui media sosial karena fleksibilitas yang menyediakan konektivitas antara penjual dengan pelanggan sehingga tetap dapat berinteraksi di waktu dan tempat yang berbeda-beda. Lalu, apa itu social commerce?

Apa itu Social Commerce?

Mengutip dari laman Bigcommerce, social commerce merupakan upaya dalam menjual produk secara langsung melalui media sosial. Hal ini cukup berbeda dengan social selling atau social media marketing. Lantaran, social commerce dapat menawarkan pengalaman yang lebih mudah bagi para pelanggannya.

Social commerce tercipta karena adanya peluang bisnis melalui media sosial yang dapat memberikan kenyamanan dan pengalaman berbelanja yang tidak membuang banyak waktu dan tenaga. Pelanggan yang berminat untuk membeli produk tidak perlu lagi mengunjungi ke website. Sebab, mereka bisa langsung mencari produk sekaligus membayarnya melalui media sosial yang mereka gunakan saat itu. Kelebihan ini jadi mempermudah proses belanja pelanggan tanpa harus keluar dari aplikasi media sosial. Sehingga dapat mengurangi kebingungan calon pelanggan yang serius ingin melakukan pembelian produk tersebut. Jadi, social commerce dapat memberikan keuntungan berupa kemudahan yang mereka tawarkan tersebut kepada penjual dan para pelanggan.

Pentingnya Social Commerce Bagi Sebuah Bisnis

Kemudahan menjalankan bisnis melalui social commerce dapat kita lihat dari biaya operasionalya yang lebih rendah karena hanya akan melibatkan kegiatan produksi dan pemasaran yang terjadi melalui media sosial, sehingga biaya dapat teralihkan ke bidang yang lebih membutuhkan dari segi prioritas dan jangka waktunya. Dengan demikian, potensi produktivitas bisnis pun akan meningkat sebab beban teralihkan ke cara yang lebih mudah penerapannya.

Selain itu, proses penjualan produk dapat lebih interaktif karena terjadi secara perorangan dan mengutamakan privasi supaya kenyamanan pelanggan tetap terjaga. Adanya interaksi, maka dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis karena dengan memberikan fasilitas dan pelayanan baik akan menciptakan kesan yang positif, sehingga kedepannya dapat menumbuhkan loyalitas pelanggan berdasarkan jumlahnya. Apabila hal itu dapat berjalan dengan baik, maka peningkatan pengenalan brand (brand awareness) bisa terjadi begitu cepat.

Setelah mengetahui pentingnya social commerce bagi sebuah bisnis. Lantas, apa saja keuntungan social commerce untuk bisnis? Berikut ulasannya.

Interaksi Langsung Antara Penjual dan Pembeli

Transaksi online di social commerce tentunya lebih mudah jika kita bandingkan dari website toko online atau marketplace. Melalui social commerce, penjual dan pembeli dapat berinteraksi langsung dan hal ini dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Interaksi tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pembeli. Apabila konten media sosial yang anda buat menarik sesuai dengan karakter bisnis, maka kemungkinan besar pembeli pun akan berminat dengan produk yang Anda jual.

Pengaturan yang Lebih Sederhana

Pengaturan social commerce relatif lebih mudah dan sederhana jika kita bandingkan dengan platform penjualan lainnya. Lantaran, penjual dapat berjualan dengan meng-upload produk dan mengedit katalog menggunakan akun pribadinya. Sehingga pelanggan bisa langsung melihat dan berminat untuk membeli produk yang Anda update di katalog.

Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas

Pengguna media sosial sangat luas dan beragam dari berbagai negara maupun beberapa kota sehingga membuat para pebisnis dari segala kalangan dapat lebih mudah menjangkaunya serta bisa menyasar target pelanggan yang lebih beragam. Fitur di social commerce dapat Anda manfaatkan untuk segala jenis produk yang ingin Anda jual. Jika ingin memperkenalkan suatu produk, media sosial dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk tersebut.

Baca juga : 5 Langkah Memulai Bisnis Online bagi Pemula

keuntungan social commerce

 Lebih Mudah Menerima Transaksi

Keuntungan social commerce lainnya yaitu perputaran uang yang lebih cepat jika kita bandingkan dengan platform marketplace. karena, di marketplace penjual harus menunggu 5-8 hari sampai barang sampai di tangan pelanggan setelah itu penjual baru bisa menerima pendapatan dari hasil penjualannya. Sedangkan di social commerce, penjual bisa langsung menerima pembayaran dari pelanggan.

Saat ini, sudah banyak para penjual yang menerapkan social commerce karena kemudahan penggunaannya. Fitur bisnis melalui social commerce ini dapat memudahkan para penjual dalam mempromosikan produknya dengan biaya operasional lebih rendah sehingga dapat meningkatkan keuntungan yang maksimal. Sebagai pebisnis, Anda juga harus menyediakan berbagai pilihan pembayaran digital. Durianpay jadi solusi pembayaran lengkap untuk bisnis Anda, karena terdapat pilihan metode pembayaran terbaik sehingga transaksi pun akan lebih mudah, lancar, dan aman.