Payment Gateway Untuk Woocommerce

Posted by

Memberikan dukungan kepada pelanggan untuk dapat pengalaman bertransaksi yang memuaskan adalah hal yang penting bagi bisnis online. Kemudahan, kecepatan dan banyaknya pilihan metode pembayaran menjadi beberapa hal yang mempengaruhi. Jika proses pembayaran mengecewakan, maka Anda akan kehilangan pelanggan. Untuk memberikan kemudahan bertransaksi, Anda bisa bekerja sama dengan Payment Gateway. Payment Gateway dalam istilah WooCommerce adalah plugin WordPress untuk WooCommerce yang memungkinkan pelanggan membayar barang dan jasa menggunakan sistem pembayaran. Dengan layanan ini, Anda dapat menyediakan berbagai metode pembayaran online untuk pelanggan. Misalnya, transfer bank, kartu kredit, virtual account, dll.

Terlebih jika Anda mengembangkan situs web e-commerce untuk bisnis, payment gateway menjadi solusi untuk menghadirkan pengalaman belanja yang nyaman dan tentunya meningkatkan penjualan. WordPress adalah salah satu platform paling populer untuk membangun toko e-commerce. Artikel ini akan menjelaskan mengenai bagaimana memilih Payment Gateway untuk Woocommerce. Sebelum itu, mari pahami dahulu bagaimana transaksi online diproses.

Bagaimana Transaksi Online Diproses

1. Menyetujui penjualan dengan otorisasi

Saat pelanggan membeli barang dari situs Anda, informasi tersebut melewati gateway pembayaran, yang mengenkripsi data agar tetap pribadi. Kemudian data pembayaran dikirim ke Payment Gateway sebagai pemroses pembayaran. Payment Gateway akan mengirimkan permintaan ke bank penerbit meminta uang untuk membayar barang Anda. Seluruh proses ini hanya membutuhkan waktu 1-2 detik untuk diselesaikan.

2. Menyelesaikan penjualan dan mendapatkan uang ke akun Anda

Setelah transaksi disetujui, bank mengirimkan uang ke pedagang, yang menyetor uang ke rekening bank Anda. Setelah uang masuk ke rekening bank Anda, Anda dapat mengakses dana tersebut. Terkadang, bank tidak mengizinkan Anda untuk mengakses semua dana segera, jika Anda perlu mengembalikan uang pelanggan nanti. Seluruh proses penyelesaian dapat memakan waktu beberapa hari. Payment gateway bertugas untuk menjembatani toko online dengan lembaga keuangan seperti bank. Ketika ada konsumen yang melakukan pembayaran di website Anda, maka data pembelian akan diteruskan ke payment gateway. Setelahnya, payment gateway akan melanjutkan pembayaran ke bank dan transaksi pun diproses. Setelah transaksi berhasil, payment gateway akan memberikan notifikasi ke toko online. Terakhir, pihak bank akan meneruskan pembayaran ke pihak toko online.

Memilih Payment Gateway untuk Woocommerce

Saat ini, terdapat beberapa pilihan payment gateway yang mendukung Woocommerce. Sebelum Anda memilih, mari perhatikan beberapa hal saat menentukan Payment Gateway:

  1. Biaya

Untuk payment Gateway, perhatikan biaya yang akan dikenakan. Biasanya, biaya akan dikenakan per transaksi berhasil dilakukan. Hal yang mempengaruhi pembayaran adalah jenis metode bayar yang digunakan, seperti transfer bank, kartu kredit atau virtual account. Setiap metode bayar tersebut memiliki biaya yang berbeda.

  1. Keamanan

Keamanan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah adanya data yang disalahgunakan. Payment Gateway memiliki 3 keamanan yang biasanya digunakan, yaitu:

  • Verifikasi otomatis untuk menyesuaikan tagihan dengan alamat kartu konsumen.
  • Verifikasi tiga digit terakhir nomor kartu kredit/debit.
  • Verifikasi pembayaran dengan password yang hanya diketahui pemilik kartu kredit/debit.
  1. Integrasi yang Mudah

Untuk melihat apakah integrasi dapat dilakukan dengan mudah atau tidak, Anda dapat melihat dokumentasi yang biasanya bisa Anda lihat di situs Payment Gateway. Sebagai tambahan, Anda juga sebaiknya memastikan apakah layanan Payment Gateway memiliki support tim yang bisa membantu Anda memberikan arahan untuk integrasi ke situs Anda.

  1. Fitur Pendukung

Kemudahan penggunaan yang dimaksudkan adalah fitur lain yang disediakan oleh Payment Gateway untuk mendukung sistem pembayaran. Salah satu Payment Gateway yang menyediakan fitur lengkap untuk mendukung bisnis Anda adalah Durianpay. Selain menyediakan metode bayar yang lengkap untuk mendukung bisnis Anda menerima transaksi, Durianpay juga memungkinkan Anda untuk: melakukan promo, mengirimkan dana secara instant, dan melihat data penjualan bisnis Anda dengan mudah. Semua fitur ini bisa Anda gunakan cukup dengan 1 integrasi singkat. Pelajari lebih lanjut mengenai dokumentasi Durianpay di sini atau daftar sekarang dengan Durianpay!