strategi bisnis saat ramadhan

Memaksimalkan Promosi dengan Strategi Omnichannel

Posted by

Sebagai sebuah cara untuk meningkatkan penjualan, promosi harus dilakukan secara berkelanjutan. Mendapatkan pembeli baru atau mengajak pembeli setia untuk terus belanja produk Anda bisa dilakukan dengan promosi. Tanpanya, mustahil bisnis Anda bisa terus meningkat. Ada banyak saluran atau kanal untuk melakukan promosi. Anda bisa pilih kanalnya sesuai dengan tujuan promosinya. Tapi, tidak ada salahnya untuk memilih beberapa jenis kanal bukan? Strategi ini kita kenal dengan strategi promosi omnichannel. Apa itu strategi omnichannel?

Apa itu Strategi Omnichannel? 

Jika kita lihat dari asal katanya, omnis berarti universal. Omnichannel berarti banyak kanal atau saluran. Jadi, strategi promosi omnichannel merupakan cara-cara jitu untuk memasarkan sebuah produk melalui berbagai kanal. 

Strategi promosi omnichannel sering kita sebut juga strategi pemasaran lintas platform. Kuncinya adalah dengan menyelaraskan berbagai channel atau kanal yang ada, sehingga konsumen dapat merasakan pengalaman baru yang memenuhi ekspektasinya. 

Strategi ini muncul karena adanya perubahan pola konsumsi masyarakat. Saluran pemasaran dituntut untuk terintegrasi satu sama lain. Hal ini bertujuan untuk memberikan paparan yang konsisten terhadap konsumen. Dengan strategi omnichannel, konsumen bisa menemukan, mempelajari, melihat-lihat stok, hingga akhirnya membeli suatu produk lewat sebuah skema pemasaran yang dapat mereka akses dari gadget. 

Biasanya saluran yang digabungkan dalam strategi promosi ini adalah media sosial, e-commerce serta toko offline atau warehouse.

Berbeda dengan Multichannel? 

Transisi yang mulus menjadi kata kunci utama dalam strategi pemasaran omnichannel. Setiap saluran harus saling melengkapi dan menjaga agar pengalaman yang tercipta bagi konsumen tetap terasa seamless dan tanpa hambatan. Hal ini pula yang membedakannya strategi omnichannel dengan multichannel. 

Multichannel tidak mengharuskan adanya keselarasan dalam proses promosinya. Mutlichannel menekankan pada kemampuan memaksimalkan saluran dengan tujuan berinteraksi dengan konsumen serta menjangkau pasar yang berpotensi. Salurannya pun lebih luas dan banyak, mulai dari iklan di media-media, media, melakukan promosi online, media offline spanduk, brosur, serta kegiatan promosi satu arah lainnya.

Baca juga : 6 Fitur WhatsApp ini Mampu Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Omnichannel

Manfaat Strategi Omnichannel

Ada banyak manfaat ataupun keunggulan jika Anda menggunakan strategi ini. Pertama, strategi ini akan membantu konsumen mendapatkan kenyamanan saat belanja. Pembeli lebih leluasa memilih cara mendapatkan produk yang mereka inginkan hanya dengan gadgetnya. Makin nyaman tampilan iklan, makin baik pula image produk Anda di mata konsumen. 

Selain kenyamanan, strategi ini juga akan membantu meningkatkan brand recall  produk Anda. Dengan konsisten promosi di berbagai platform, pembeli akan terus terpapar informasi brand Anda. Secara otomatis, brand recall kan semakin kuat menancap di benak konsumen. Dengan demikian, produk Anda akan menjadi top of mind di antara para pesaing. 

Omnichannel

Menerapkan Strategi Omnichannel

Karena inti dari strategi ini adalah pada keselarasan promosi antar channel, maka saat strategi ini Anda terapkan, pengalaman yang didapat konsumen/pembeli harus selalu konsisten. Tidak peduli channel/kanal mana yang mereka gunakan. Konsumen yang berbelanja via website, harus mendapat pengalaman yang sama dengan mereka yang belanja via WhatsApp. Begitu juga jika mereka jika belanja di Instagram ataupun media sosial lainnya. 

Misalnya pada website toko online, Anda menghadirkan pengalaman omnichannel dengan memberikan kepuasaan pembeli dengan mendesain sendiri kaos ataupun sepatunya. Mereka akan merasa spesial karena layanan personalisasi yang Anda berikan. Pada kanal media sosial, Anda bisa membangun personalisasi dengan membangun interaksi yang organik dengan pembeli. 

Cara mudahnya adalah dengan menautkan website toko Anda dengan fitur Instagram Shopping. Jangan lupa menautkan metode pembayaran pada postingan Instagram Shopping. Untuk menyediakan layanan metode pembayaran, jangan pusing! Gunakan saja layanan Checkout dari Durianpay. Ragam metode pembayaran bisa Anda sediakan untuk pelanggan setia. 

Selain itu, Anda juga memanfaatkan data yang bersumber dari media sosial, seperti enggagement dan interaksi untuk menghasilkan pengalaman yang lebih terpersonalisasi. Dari data tersebut, Anda bisa menawarkan diskon dan promo pada pelanggan yang cukup sering mengamati dan berinteraksi dengan akun media sosial Anda. Tentu, keistimewaan ini akan memberikan pengalaman personalisasi yang mengagumkan. Pembeli pun merasa makin dekat dengan toko Anda.

Dengan memaksimalkan strategi ini untuk promosi, customer akan makin dekat brand Anda. Sehingga mereka tidak ragu untuk kembali berbelanja. Untuk menggaet pembeli baru, strategi ini juga efektif. Bagaimana tidak? Mereka yang terus menerus terpapar konten promosi di beragam kanal akan tertarik juga pada akhirnya. Segera terapkan strategi omnichannel untuk promosi dan nikmati hasilnya!