Mau Jualan Online? Coba Sistem Pre-Order

Posted by

Perkembangan teknologi tak cuma mendorong terciptanya kebiasaan belanja online, tapi juga menjadi bibit kewirausahaan online. Selain minat belanja online yang terus meningkat, minat berbisnis online juga terus bertumbuhan bak cendawan di musim hujan. Banyak pengusaha yang mengonlinekan bisnisnya, yang belum berbisnis pun tertarik untuk meraup untung dari jualan online. banyak dari mereka yang belum mengenal jualan online dengan sistem pre-order

Namun, banyak juga menemui kendala untuk mulai jualan online. Misalnya, mau jualan apa? Modal jualan online darimana? Bagaimana jika tidak laku? Darimana mendapat suppliernya? Pertanyaan-pertanyaan ini menghantui mereka yang ingin mulai jualan online. Padahal, tahukah Anda? Ada cara jualan online yang hanya membutuhkan modal kecil, bahkan tanpa modal. Soal keuntungan, tentu potensinya juga sangat besar. Cobalah berjualan online dengan sistem bisnis pre-order!

Bisnis Online Minim Modal

Sistem bisnis pre-order cocok untuk Anda yang ingin memulai jualan online tapi modalnya minim. Seperti namanya, bisnis pre-order mengharuskan pembeli untuk memesan dan bahkan membayar terlebih dahulu. Ini terjadi karena barang belum tersedia, bahkan belum dibuat. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan uang pembeli untuk belanja barang yang akan Anda buat. 

Misalnya, Anda menjual kue tart, maka modal Anda hanya peralatan masak seperti mixer, loyang, hingga oven. Untuk bahan-bahannya, Anda bisa menggunakan uang yang sudah dibayar oleh pemesan. Minim modal, bukan? Karena modal yang diperlukan tidak besar, Anda pun bisa memaksimalkan dana Anda untuk promosi, agar pesanan makin banyak. Seperti memasang iklan berbayar di berbagai platform Facebook Ads, Google Ads, hingga TikTok Ads. 

Baca juga : Ini Dia 5 Cara Promosi yang akan meningkatkan Customer Retention!

Cocok untuk Mengembangkan Passion

Sistem pre-order pada jualan online bukan saja menguntungkan, khususnya bagi Anda yang modalnya terbatas, tapi juga mampu memberikan bagi Anda untuk mengembangkan passion. Bisnis pre-order kue tart hanya salah satu contoh passion dalam baking atau membuat kue. Anda bisa fokus membuat kue terbaik versi Anda tanpa takut tidak laku.

Bagi Anda yang berbakat desain dan ingin berbisnis clothing line, Anda bisa membuka pre-order untuk kaos hasil desain Anda. Setelah pesanan memenuhi kuota tertentu, Anda tinggal mencetak kaos tersebut. Jangan lupa untuk mempromosikan kaos pre-order Anda ke komunitas-komunitas yang familiar dengan desain kaos Anda. Misalnya, Anda membuat kaos desain bergaya musik underground, maka Anda memasarkan nya di komunitas musik tersebut. Hal ini perlu, mengingat kaos Anda bukan mass product, jadi tidak semua orang suka. 

Pembeli Bisa Custom

Poin ini merupakan salah satu keunggulan bisnis online dengan sistem pre-order. Produk yang dijual benar-benar mengutamakan pembeli, karena produk bisa di-custom. Mereka bisa memesan ukuran, warna, bahan, hingga tulisan yang ada di kue tartnya. Tentu, hal ini akan membuat produk Anda makin spesial dan punya tempat di hati customer. 

Yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mempromosikan produk Anda. Meski ini produk spesial, bukan berarti Anda tidak punya saingan. Selain itu, para calon pembeli juga harus kenal produk Anda, bukan? Anda bisa melakukan promosi dengan platform Durianpay. Berbagai promo menarik meningkatkan penjualan bisa Anda lakukan dengan mudah. Penasaran? Klik di sini!

Perlu Perencanaan yang Matang

Meski terlihat lebih mudah dan minim risiko, bukan berarti bisnis online dengan sistem pre-order tidak memerlukan perencanaan yang matang. Anda harus memperhatikan siklus barang dagangan, serta ketersediaan stok barang jualan Anda. Saat pesanan membludak, Anda bisa saja kewalahan lagi memenuhi pesanan karena sudah lelah (contoh bisnis kue). Atau Anda bisa saja kehabisan bahan kaos, karena pesanan membludak secara drastis. 

Oleh karena itu, Anda harus merencanakan sejak melakukan promosi. Kira-kira berapa lonjakan pesanan yang akan masuk. Karena setelah promosi, dan iklan Anda dilihat banyak orang, mereka berpotensi memesan produk Anda. Layani mereka dengan baik dan jangan sampai lonjakan pesanan ini mengurangi kualitas produk Anda. Anda bisa menambah karyawan untuk membuat kue dan memastikan pada supplier kaos tentang ketersediaan bahan. Dengan demikian, pesanan terpenuhi dan keuntungan Anda pun meningkat drastis. 

Bisnis online pre-order punya banyak keunggulan dan keunikan. Kebutuhan modal yang sedikit dengan potensi penjualan yang tinggi adalah peluang yang tidak boleh Anda lewatkan.