beautiful smart asian young entrepreneur business woman owner sme online checking product

Mau Bisnis Online Menguntungkan? Yuk Jadi Reseller!

Posted by

Kemajuan teknologi seperti internet berdampak positif bagi kehidupan sehari-hari, termasuk dalam mencari peluang usaha yang menguntungkan. Hal ini terlihat dari keberadaan bisnis online yang semakin berkembang dan banyak digemari. Tak cuma jumlah peminatnya, model bisnisnya juga makin berkembang. Mulai dari menjual produk buatan sendiri, menjual barang milik orang dengan sistem komisi (dropshipper), hingga reseller. Model bisnis yang satu ini banyak diminati. Sebenarnya, apa itu reseller? Dan mengapa diminati?

Baca Juga : Mau Bisnis Makin Laris? Maksimalkan Metode Cashless dengan 5 Cara Ini!

apa itu reseller

Apa itu Reseller?                                       

Kemudahan sistem serta potensi keuntungan yang besar menjadi alasan mengapa reseller menjadi model bisnis online yang diminati. Semua orang mampu menjadi seorang reseller yang hebat, lantaran bisnis ini tak memiliki batasan usia, tak mengenal waktu, dan fleksibel. Seorang reseller tak perlu repot-repot memproduksi barang, cukup membeli produk dari supplier atau pedagang lain kemudian dijual kembali dengan harga beli yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Menjadi seorang reseller memiliki banyak keunggulan. Apalagi dengan pangsa pasar online di Indonesia sangat besar, menjadi reseller yang sukses bukanlah hal yang mustahil. Memang, apa keunggulan menjadi seorang reseller?

Bebas Menentukan Harga yang Kompetitif

Sebagai reseller, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos produksi suatu barang. Supplier seringkali memproduksi barang dalam jumlah yang banyak untuk kemudian dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Semakin banyak jumlah produk yang reseller beli, akan semakin murah harga yang diberikan supplier. Dari sini, reseller bebas menentukan harga jual barangnya. Jika mau, reseller dapat menentukan harga yang sangat murah untuk dijual kembali. Logikanya, semakin terjangkau suatu barang, kemungkinan terjualnya akan semakin besar.

Produk yang Dijual Variatif                                        

Reseller dapat menyetok dan menjual produk dari berbagai brand atau toko. Dengan begitu, Anda dapat memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen di toko Anda. Selain itu, Anda dapat menjual produk dengan menyesuaikan keinginan pasar. Reseller dapat dengan mudah masuk ke dalam momentum-momentum tertentu saat menjual produk. Tentunya Anda dapat menentukan supplier lebih dari satu. Supaya produk yang Anda jual lebih bervariasi dan Anda juga bisa menjual paket bundling produk dengan tema tertentu. Makin variatif dagangan Anda, makin besar pula potensi keuntungannya.

Promosi Lebih Efektif                                     

Poin ini merupakan keunggulan reseller yang mudah untuk Anda maksimalkan. Anda dapat memfoto produk sesuai gaya promosi. Foto-foto tersebut sekaligus dapat Anda gunakan sebagai katalog promosi. Selain itu, Anda dapat membuat video promosi dari produk yang tersedia seperti animasi, video tutorial, video testimonial, dan lain sebagainya. Media promosi tersebut akan sangat membantu dalam membangun kepercayaan konsumen. Cara promosi reseller yang unik dan berbeda akan menaikkan penjualan. Ada baiknya juga apabila membuat semua tema promosi sesuai dengan karakter bisnis Anda.

Komisi Tambahan dari Supplier                               

Beberapa supplier yang ingin mengembangkan bisnisnya seringkali melakukan sharing commissions atau memberikan komisi lebih kepada reseller. Komisi ini biasanya berupa potongan harga beberapa persen dari harga supplier sehingga reseller mendapatkan keuntungan lebih dengan sistem ini. Dengan potongan yang supplier berikan, Anda dapat menjual produk dengan menentukan harga yang bersaing bahkan dengan supplier itu sendiri.

Bebas Mengatur Stok dan Mengaudit Penjualan                        

Fleksibilitas seorang reseller terlihat saat mengatur stok produk dan mengaudit penjualan. Reseller dapat menentukan kapan harus menambah stok dari supplier. Sehingga, jumlah stok yang ada selalu sesuai dengan permintaan. Keuntungan ini membuat pelayanan reseller lebih cepat karena dapat menjual stok yang sudah ada. Reseller juga dapat menyesuaikan gaya audit sendiri. 

Sangat jauh berbeda dengan audit versi perusahaan, Anda dapat melakukan audit persediaan produk dengan fleksibel dan sederhana. Hal ini berguna untuk terus memantau perkembangan bisnis. Seperti, mengetahui produk mana yang paling banyak peminat, produk apa yang harus Anda perbarui, dan produk yang harus di-discontinue. Karena skala persediaan produk reseller belum sebesar produsen ataupun perusahaan, proses stock opname hingga penghitungan laporan keuangan pun dapat dengan mudah untuk Anda lakukan.

apa itu reseller

Kiat menjadi Reseller

Setelah mengetahui banyaknya keunggulan menjadi seorang reseller. Kini saatnya pelajari cara menjadi seorang reseller. Bagaimana caranya?

Pilih Produk yang Tepat dan Menarik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan guna menjadi seorang reseller yang sukses adalah memilih produk jualan yang tepat dan menarik. Mencari tahu terlebih dahulu bagaimana produk yang akan akan Anda jual kepada para konsumen seperti mempelajari kelebihan dan kekurangan produk yang akan Anda jual nanti. Carilah produk yang memiliki pangsa pasar yang tinggi agar keuntungan yang Anda peroleh bisa maksimal. Pilihlah produk berdasarkan modal yang Anda miliki dan sesuai dengan target pasar yang Anda miliki. Sesuaikan modal yang Anda punya dengan banyaknya stok barang.

Carilah Supplier yang Profesional dan Terpercaya                                                   

Memilih supplier yang berkualitas dan terpercaya merupakan dasar dari membangun bisnis model reseller. Anda perlu melakukan hal ini untuk mendapatkan harga semurah mungkin dengan kualitas produk sebaik mungkin. Lakukanlah survei dengan mendatangi secara langsung toko supplier tersebut. Jika Anda memilih untuk menjual produk sepatu, Anda bisa mendatangi secara langsung pabrik pembuatan sepatu dan melihat bahan apa yang digunakan serta kualitas produk tersebut secara real. Namun jika Anda memilih untuk mencari supplier via online, Anda dapat memeriksa kualitas dengan melihat review dan rating yang pembeli lain berikan. Lakukanlah survei ke beberapa supplier, agar Anda dapat membandingkan dan mendapatkan supplier yang tepat.

Kenali Kompetitor dan Tetapkan Harga Jual

Pelajari dan amati kompetitor yang ada di lapangan. Perhatikan berapa harga yang kompetitor tawarkan, bagaimana mereka berjualan, hingga promo apa saja yang mereka berikan. Setelah itu, tetapkan harga produk yang masuk akal untuk segmen pasar yang Anda targetkan. Hindari mematok harga yang terlalu mahal agar daya beli masyarakat meningkat.

Promosikan Produk                                                                                   

Setelah berhasil menemukan dan menyetok produk yang sesuai, maka ini saatnya untuk menjual produk tersebut melalui marketplace atau media sosial. Pilih platform yang memang sesuai dengan target pasar yang Anda tuju. Selain itu, promosikan produk yang Anda jual ke teman-teman atau ke sanak keluarga. Anda juga bisa menggunakan iklan berbayar yang disediakan oleh platform untuk menggaet pembeli. Tarifnya pun tidak terlalu mahal, biasanya akan disesuaikan dengan waktu penayangannya.

Berikan Promo Menarik Kepada Pembeli

Jadilah reseller online yang sedikit royal. Artinya, jangan enggan untuk memberikan promo menarik kepada para konsumen. Pengadaan promo juga tidak perlu terlalu sering. Cukup dalam event tertentu saja. Dengan layanan Durianpay, Anda juga bisa membuat promo untuk pelanggan Anda. Pengaturan besaran promo, cara mendapat promo, hingga transaksi pembayaran bisa Anda lakukan dalam satu dashboard. Segera aktifkan fitur Checkout untuk mendapat layanan ini!

—Menjadi seorang reseller itu tidak sulit, asal punya cara dan strategi yang jitu. Karena itu, selama menjalankan bisnis dibutuhkan kehati-hatian supaya bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Selain mengikuti cara-cara di atas, Anda juga perlu membangun pelayanan yang baik untuk meningkatkan relasi dengan para pelanggan sehingga keuntungan-keuntungan di atas bisa Anda dapatkan. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, bisnis online Anda akan semakin berkembang dan mampu meraup keuntungan yang maksimal. Selamat mencoba!