Email Marketing: Jurus Jitu Mendekati Pelanggan

Posted by

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan sekaligus mempromosikan produk maupun layanan bisnis. Mulai dari beriklan di e-commerce, sosial media, Google Ads, hingga jasa influencer marketing. Tapi, ada salah satu yang perlu kita bahas. Cara ini cocok untuk Anda yang berjualan online ataupun punya layanan bisnis berbasis online. Cara pemasaran yang satu ini lebih dulu ada sebelum era digital dan media sosial. Inilah email marketing. 

Seperti namanya, email marketing merupakan cara pemasaran dengan menggunakan email sebagai medianya. Konten email akan berisi ajakan untuk menggunakan produk tertentu, penawaran menarik, hingga sekedar “say hello” untuk membangun kedekatan dengan pelanggan. Tidak jarang email marketing dikirimkan pada customer yang sudah loyal, sehingga perlu adanya media email untuk terus menjaga hubungan baik dengan mereka. Promosi yang ditawarkan di email juga sangat spesial, karena hanya ditujukan pada pelanggan setia. 

Ada berbagai jenis email marketing yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Berikut beberapa di antaranya:

Newsletter

Ini adalah salah satu email marketing yang digunakan cukup intens. Satu minggu, sebuah brand  bisa mengirimkan 2-3 kali email pada para pelangganya. Kontennya biasanya terkait tips bisnis, edukasi produk, informasi terbaru terkait industri. 

Tak jarang, newsletter juga bisa diisi dengan rangkuman dari informasi yang ada di blog bisnis Anda. Selain konten, Anda juga perlu memikirkan tampilan newsletter agar menarik untuk dibaca dan tidak membosankan. Tambahkan beberapa desain berwarna, serta tak lupa berikan tombol CTA (Call to Action), agar penerima email dapat mempelajari produk atau bahkan melakukan pembelian. 

Special Offer

Berbeda dengan newsletter, email special offer atau penawaran khusus bertujuan agar pelanggan yang menerima email melakukan pembelian lagi dan lagi. Karena email yang Anda kirimkan memuat berbagai diskon dan penawaran menarik bagi audiens. Sudah pasti mereka akan senang  mendapat diskon dan berpotensi membeli barang dagangan Anda. 

Baca juga : Satu Integrasi Pembayaran untuk Semua Kebutuhan Bisnis

Welcome Email

Seperti namanya, welcome email merupakan ucapan selamat datang dari brand Anda. Biasanya welcome email ini sifatnya hangat dan emosional. Kontennya pun berisi tentang perkenalan brand, visi-misi, hingga produk-produk unggulan Anda. Jangan lupa untuk menggunakan tampilan menarik pada email ini. Karena email ini adalah sapaan pertama Anda pada customer baru. 

Pengumuman

email marketing

Seperti namanya, email marketing yang satu ini memberikan update terkait produk-produk baru, layanan baru, hingga sistem baru yang diterapkan oleh perusahaan Anda. Pengumuman ini akan mengikat pelanggan, seolah-olah mereka merupakan bagian dari perusahaan Anda. Karena mereka selalu diberi informasi tentang perkembangan perusahaan.

Re-Engagement 

Pada dasarnya, email marketing bertujuan untuk meningkatkan engagement audiens kepada brand Anda. Tapi, seiring berjalannya waktu, pelanggan sudah mulai tidak tertarik dengan email marketing dari Anda, meski mereka masih berlangganan. 

Ini menjadi momen yang tepat untuk melakukan re-engagement email. Dengan email ini, diharapkan pelanggan akan kembali ter-engage dengan brand Anda. Biasanya, email ini berisi tentang survei, ajakan diskusi hingga promosi. 

Undangan Event

Beautiful Asian young woman working on laptop at her table

Selain untuk promosi, email juga menjadi media yang efektif untuk mempublikasikan berbagai acara-acara terkait brand-mu. Berikan argumentasi tentang alasan mengapa audiens email harus mengikuti acara tersebut. Anda juga bisa menjanjikan promo khusus yang hanya ada pada event tersebut. Hal ini akan menarik perhatian pelanggan-pelanggan Anda. 

Itulah berbagai jenis email marketing. Selain menjaga loyalitas customer, karena sifat email lebih personal, email marketing juga punya manfaat lain. Yakni, biaya murah serta informasi yang lengkap. Tentu karena formatnya email, informasi di dalamnya juga bisa selengkap-lengkapnya. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan, cukup siapkan draft email dan kirim ke customer-customer Anda. Bagaimana? Tertarik menggunakan kampanye email marketing? Segera terapkan pada bisnis Anda agar pelanggan makin terasa dekat dan loyal pada brand Anda.