7 Cara Promosikan Produk Secara Online

Posted by

Tingkat persaingan di dunia bisnis saat ini sangat tinggi. Perlu adanya gebrakan baru untuk dapat mengambil perhatian masyarakat, utamanya masyarakat online. Perubahan proses berbisnis hingga pemasaran menjadi sebuah keharusan. Pada bidang pemasaran, pebisnis perlu mengikuti cara promosi produk secara online, agar tidak kehilangan pelanggan. Berikut 7 cara mempromosikan produk secara online yang bisa anda gunakan untuk produk anda. 

Beriklan Di Kanal Digital

Kanal digital seperti Instagram, Facebook, dan Google Ads menjadi tempat promosi yang efektif saat ini. Mengapa demikian? Pada kanal digital, iklan Anda akan berinteraksi langsung dengan calon pelanggan. Saat memasang iklan, Anda dapat menentukan segmen pelanggan. Sehingga iklan Anda akan mentarget akun yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. Selain menentukan segmen, ada juga dalam bentuk Polling  yang memungkinkan Anda untuk memberi target audience. Anda tidak akan mendapatkan “fitur” ini pada media iklan konvensional.

Membuat Konten yang Berkelanjutan 

Salah satu kunci sukses melakukan promosi secara digital adalah menayangkan konten secara berkelanjutan. Konten yang berkelanjutan dapat membuat muatan promosi yang saling berkaitan dalam setiap iklan, berisi muatan yang relevan, dan bisa mencirikan brand bisnis anda. Selain itu, perlu juga untuk menyediakan konten spesial, misalnya setiap akhir pekan, serta konten hari-hari besar. Tujuannya adalah agar brand Anda makin dekat dan dikenal oleh masyarakat.  

Membuat Program Promo Dengan Konsep Yang Menarik

Membuat promo dengan konsep yang menarik adalah salah satu cara perusahaan untuk mempermudah mendapatkan perhatian konsumen. Misalnya, membuat promo yang melibatkan konsumen secara langsung seperti memberikan diskon berdasarkan nama atau ulang tahun konsumen. 

Semakin unik konsep promosi yang kita tawarkan, semakin mudah untuk menarik perhatian konsumen. Durianpay memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen dalam bertransaksi. Selain membantu perkembangan usaha, Durianpay juga mampu memberikan keleluasaan bagi Anda dalam merancang promo, mulai dari diskon, hingga cashback. Selain itu, Anda juga dapat memilih metode pembayaran mana saja yang akan mendapatkan promo.  

Berikan Batas Waktu Promo

Memberikan batas waktu promo akan lebih menarik minat konsumen untuk segera  datang berbelanja. Mereka akan berlomba-lomba datang untuk mendapatkan produk Anda, karena merasa kesempatan itu mungkin tidak akan datang dua kali. Anda dapat menempatkan pro imoni pada momen-momen terkini yang menjadi perhatian banyak orang. Misalnya, promo Hari Kemerdekaan, Hari Kartini, Promo Ramadhan & Lebaran. Promo-promo tersebut

Makin banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapat promo, makin banyak pula calon pelanggan yang terpapar tentang produk Anda. Tingkat keberhasilan suatu promo pada periode tertentu adalah jumlah promo yang berhasil di-klaim. Apabila kuota promo habis atau bahkan lebih, maka Anda dapat menjadikan acuan untuk melakukan promo di berbagi momen lainnya. 

Baca juga: Memaksimalkan Promosi dengan Strategi Omnichannel

Influencer Marketing 

Bekerjasama dengan influencer untuk endorsement atau paid promote adalah salah satu cara untuk memperluas jangkauan promosi yang kita lakukan.  Kita harus bijak dalam memilih influencer agar sesuai dengan target pasar yang kita tuju. Hal ini bisa kita lihat dari followers media sosialnya, apakah sudah sesuai dengan sasaran perusahaan kita atau tidak.

Gunakan Surel  Marketing 

Email marketing digunakan untuk mengirim pesan berisi promosi, diskon, penawaran, ataupun informasi komersial lainnya. Jika Anda punya memiliki database pelanggan, Anda dapat menawarkan muatan promosi pada mereka. Selain itu, database nomor WhatsApp/WA pelanggan juga dapat digunakan untuk menyebarkan muatan promosi. 

Nantinya setelah mendapat tanggapan instan dari calon pelanggan, Anda dapat berkomunikasi dengan mereka secara lebih personal, sehingga menciptakan kedekatan dengan pelanggan.

Berkolaborasi Dengan Brand Lain 

Inovasi dan berbagai ide dapat muncul dengan adanya kolaborasi antar pelaku bisnis. Mengingat ketatnya tingkat persaingan bisnis, pelaku bisnis sangat memerlukan kolaborasi. Nilai-nilai baru yang dirasa lebih efektif  dapat diterapkan di perusahaan anda guna meningkatkan nilai perusahaan. 

Kolaborasi juga akan memperluas jangkauan pemasaran jadi lebih luas, karena adanya promosi silang kedua belah perusahaan. Misalnya, bisnis fashion Anda bekerja sama dengan brand kopi lokal. Anda dapat membuat promo jika pembelian pakaian lebih dari jumlah tertentu, maka pelanggan akan mendapat voucher diskon brand kopi partner. 

Nah, itulah 7 cara mempromosikan produk secara online yang bisa anda gunakan pada bisnis anda. Kira-kira apakah sejauh ini perusahaan anda sudah menerapkan 7 cara promosi online seperti diatas? 

Tinggalkan Balasan