tech-daily-GdRvIi8mWzE-unsplash

Cara Menerima Transfer Pembayaran dari Luar Negeri

Posted by

Seiring dengan berkembangnya teknologi, bisnis online semakin populer bagi masyarakat. Era digital terbukti dapat membukakan pintu batas ruang dan waktu, sehingga para pelaku usaha memiliki kesempatan untuk menyasar pasar yang lebih luas, termasuk pasar internasional. Pastinya, jika ingin menembus pasar internasional berarti Anda harus siap dengan menerima pembayaran dari luar negeri. Oleh sebab itu, Anda harus paham bagaimana cara menerima transfer pembayaran dari luar negeri. Bagaimana caranya? Simak cara caranya di bawah ini!

Siapkan Data yang Dibutuhkan

Sebelum menerima pembayaran dari luar negeri, Anda harus mempersiapkan beberapa data penting untuk pencairan dana tersebut. Adapun data yang dibutuhkan akan bervariasi tergantung pada bank atau layanan transfer uang yang akan digunakan sesuai dengan kesepakatan. Secara umum, Anda harus mempersiapkan data berikut: 

  • Kartu Identitas (KTP/SIM/Paspor)
  • Nomor rekening bank atau layanan transfer digunakan.
  • Referensi transfer.

Setelah mempersiapkan data-data yang akan anda input, Anda tinggal memilih kanal untuk menerima pembayaran tersebut. Tentu, pemilihan ini harus berdasarkan dengan pihak pengirim uang. Ini dia beberapa cara menerima transfer dengan berbagai kanal yang cukup populer di Indonesia:

Cara Menerima Transfer dari Bank BCA

Umumnya anda dapat menerima transfer dari luar negeri dalam waktu 1 sampai 3 jam. Tentunya ini merupakan waktu yang yang sangat singkat untuk transaksi yang dilakukan antar negara. Jika Anda merupakan nasabah Bank BCA, Anda dapat menerima kiriman tersebut langsung ke rekening BCA ataupun dikirimkan langsung ke rekening bank lokal Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan pilihan pencairan dengan menunjukkan nomor PIN yang anda terima dari Mitra BCA dari Operator Pengiriman Uang Internasional.

Untuk menerima uang dalam bentuk Rupiah (IDR) dari luar negeri via Bank BCA, Anda akan terkenakan biaya. Besarannya bervariasi tergantung pada jenis transaksi yang Anda gunakan, apakah hanya mengkreditkan ke rekening BCA, pencairan tunai atau mengirimkannya ke rekening bank lain. 

Biaya pencairan tunai hanya berlaku jika anda akan mengambil uang transfer secara tunai, biasanya dengan menunjukkan nomor PIN. Untuk mencairkan dana tersebut, Anda dapat datang langsung ke kantor Bank BCA dengan melakukan hal berikut: 

1. Menunjukkan bukti identitas seperti kartu tanda penduduk (KTP/SIM/Paspor)

2. Melengkapi formulir penerimaan uang

3. Mengetahui nama pengirim dan jumlah uang yang dikirimkan

4. Mengetahui kode transfer yang anda dapat dari pihak pengirim

Cara Menerima Transfer dari Western Union

Jika ingin melakukan pembayaran melalui Western Union, Anda perlu melakukan beberapa proses untuk mencairkan dana tersebut, yaitu: 

  1. Lakukan pelacakan proses transfer di situs web WU.com 
  2. Masukkan nomor pelacakan (MTCN) untuk mengetahui info status terbaru
  3. Jika informasi pengiriman uang sudah sesuai, Anda bisa langsung mendatangi agen Western Union terdekat 
  4. Mengisi formulir Terima Uang dengan menuliskan nama lengkap pengirim, negara, jumlah yang dikirim, dan Nomor pelacakan (MTCN).
  5. Berikan KTP atau identitas lain sebagai syarat verifikasi identitas.
  6. Jika semua data sudah terverifikasi, Anda sudah bisa menerima uangnya

Cara Menerima Transfer dari PayPal

Untuk menggunakan layanan transfer menggunakan Paypal, maka kedua pihak harus memiliki akun Paypal. Jika sudah sepakat melakukan transaksi, pihak pengirim akan mengirimkan pembayaran melalui alamat email ataupun nomor telepon seluler untuk transfer uang. Selanjutnya, pihak PayPal akan mengkreditkan uang yang dikirimkan ke rekening PayPal Anda.

Setelah dana sampai di akun PayPal, Anda juga bisa mengirimkan dana tersebut ke rekening bank Anda dengan langkah-langkah berikut: 

  1. Buka Wallet Saya, 
  2. Klik Transfer dana, lalu Klik Transfer ke rekening bank Anda, 
  3. Pilih rekening bank untuk tujuan berikutnya, Klik lanjutkan, 
  4. Masukkan jumlah uang, 
  5. Periksa transfer Anda, dan klik Transfer Sekarang.

Untuk Proses penarikan uang dari akun PayPal ke rekening bank, Anda akan terkena biaya. Selain ke rekening bank, Anda juga dapat mentransfer dana melalui cek yang nantinya akan ada biaya tertentu yang menjadi beban.

Cara Menerima Transfer dari Payment Aggregator

Cara ini adalah yang paling praktis. Anda hanya perlu melakukan 1 integrasi untuk bisa menerima pembayaran dari berbagai metode bayar, baik e-wallet, virtual account, QRIS, bank digital, kartu debit serta kartu kredit. Platform ini disebut dengan payment aggregator.

Baca juga : Aktifkan Payment Aggregator Anda Dalam 10 Menit!

Sebagai salah satu pelopor, Durianpay menjadi payment aggregator yang mampu memudahkan bisnis Anda. Tanpa punya akun di bank-bank & lembaga terkait, Anda bisa menerima pembayaran dari kanal-kanal populer seperti VISA, Mastercard, JCB dan American Express. Durianpay juga memastikan transaksi online Anda berjalan lancar dan aman. Penasaran dengan layanan ini? Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut!

Itulah berbagai cara menerima transfer pembayaran dari luar negeri. Sudah menemukan mana yang cocok untuk Anda? Pilih cara yang paling mudah dan tentu yang sudah disepakati oleh pihak pengirim uang. Dalam hal ini pembeli barang dagangan Anda. Selamat mencoba!