pexels-cup-of-couple-6634170

BI Fast: Babak Baru Sistem Pembayaran Perbankan Indonesia

Posted by

Pernahkah Anda menunggu dana transferan yang tak kunjung datang? Tentu harap-harap cemas bukan. Yang lebih mengesalkan lagi adalah jika Anda sudah mendapat pesan bukti transfer dari klien yang sudah mengirimkan bukti, namun setelah dicek, rekening Anda belum juga bertambah. Apa yang sebenarnya terjadi?

Sebenarnya, ini wajar terjadi karena proses transfer Anda terkena sistem kliring. Kliring merupakan pertukaran data keuangan elektronik antar bank. Baik atas nama bank maupun nasabah yang hasil perhitungannya diselesaikan pada waktu tertentu. Biasanya kliring memakan waktu 2-3 hari. Tentu ini bukan waktu singkat & merepotkan.

Kini, sudah ada BI Fast yang akan mempercepat proses tersebut. Transfer dana dapat dilakukan secara real time dan tanpa menunggu. Selisih waktu antara pengiriman, dan penerimaan uang dapat terjadi dalam hitungan detik. Benarkah demikian? 

Apa itu BI Fast? 

BI Fast adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7). Nantinya BI Fast akan menggantikan sistem kliring yang ada saat ini. Sehingga transaksi bisnis Anda pun bisa berlangsung tanpa ada waktu tunggu. Tidak ada lagi harap-harap cemas karena menunggu transferan dari klien.

Pengembangan BI Fast sebagai infrastruktur Sistem Pembayaran oleh Bank Indonesia menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan transfer dana yang lebih efisien dan cepat. Tentu keberadaan BI Fast akan menguntungkan bisnis Anda. Tanpa perlu menunggu hingga 2-3 hari dana dari klien cepat cair. Anda pun bisa menggunakan dana tersebut untuk operasional bisnis. Transaksi dalam jumlah besar pun, tidak perlu menunggu ganti hari untuk dapatkan uangnya. Hanya perlu 25 detik, uang sudah sampai. 

Baca Juga : Ini Dia! 4 Tren Pembayaran Digital Tahun 2022

Tanah Subur Industri Digital

Itikad BI dalam menjawab kebutuhan masyarakat melalui BI Fast tampaknya memang tepat sasaran. Pasalnya, memang benar bahwa saat ini masyarakat memerlukan fasilitas transaksi yang cepat dan real time. Tidak cuma masyarakat sebagai konsumen, tapi juga masyarakat dari sektor bisnis, khususnya industri digital. Kecepatan transaksi kini sudah jadi tuntutan.  Kehadiran BI Fast tentu menjadi tanah subur bagi bisnis yang sedang tumbuh dan mekar di dalamnya. Industri digital menuntut kecepatan, dan BI Fast datang untuk memenuhinya. 

Bagi konsumen e-commerce, mungkin kehadiran BI Fast tidak terlalu signifikan. Karena selama mereka membayar tagihan belanjanya, maka prosesnya akan berjalan. Tapi, bagi pebisnis online, percepatan transaksi berkat BI Fast akan membawa banyak perubahan. Anda dapat menggunakan efisiensi waktu untuk keperluan lain misalnya pengembangan bisnis. Uang yang didapat lebih cepat, juga bisa lebih cepat diputar kembali. Dengan demikian, bisnis makin lancar, keuntungan pun makin berlimpah. 

Perlu Ditunjang dengan Platform yang Tepat

Sebagaimana sebuah bangunan, industri digital tidak bisa dibangun dari satu unsur. Diperlukan unsur lain nya agar berdiri kokoh. BI Fast merupakan komponen penting yang memperlancar transaksi pembayaran digital. Agar makin seamless, kehadiran BI Fast perlu didukung platform yang mumpuni, yaitu payment aggregator seperti Durianpay.

Anda bisa saja langsung menggunakan BI Fast saja. Transfer pun lebih cepat.  Tapi jika Anda mengirimkan uang ke berbagai akun dengan cara transfer satu persatu tentu ini sangat melelahkan. Dengan fitur Disbursement dari Durianpay, transfer ke banyak rekening di berbagai bank hanya dengan satu klik.  

Selain mengirim uang, Durianpay juga bisa jadi solusi bagi Anda dalam menerima berbagai jenis pembayaran. Tanpa punya akun di masing-masing bank, Anda bisa menerima berbagai jenis pembayaran dari berbagai bank dan dompet digital. Integrasikan saja toko online Anda dengan Durianpay, maka semua akan beres. 

Teknologi Durianpay memberikan kemudahan & kepraktisan dalam transaksi, baik transfer uang maupun menerima pembayaran. Sedangkan BI Fast akan “membawa” uang Anda lebih cepat sampai, baik yang akan Anda terima, maupun yang sedang dikirimkan Jadi, keduanya saling mendukung sehingga bisnis Anda makin lancar, cepat, dan tentu memuaskan pelanggan. Penasaran dengan layanan Durianpay? Klik di sini!