digital payment

Apa itu Digital Payment?

Posted by

Seiring dengan perkembangan teknologi di era digital sekarang, mampu memberikan dampak yang positif dan kemudahan bagi segala aktivitas serta kebutuhan masyarakat. Digital telah mengubah hidup kita menjadi lebih mudah, simple, efisien, dan lebih saling terhubung. Berbagai macam inovasi teknologi sudah dikembangkan. Salah satunya yaitu digital payment. Lantas, apa itu digital payment?

Definisi  digital payment?

Digital payment atau pembayaran digital merupakan pembayaran dengan memanfaatkan teknologi digital atau pembayaran secara online. Metode pembayaran digital ini juga sering disebut dengan E-payment, merupakan pembayaran elektronik melalui SMS atau bisa juga melalui online service seperti halnya internet online banking. Sistem pembayaran ini mengotomatisasikan berbagai macam sub-sistem dimana pembayaran yang meliputi cicilan rumah, kartu kredit, berbagai pinjaman nasabah dipermudah dengan adanya transaksi pembayaran secara online dan internet yang merupakan salah satu interface media pembayaran.

Keuntungan menggunakan digital payment

Digital Payment

Meningkatkan Keamanan Pembayaran

Saat ini, semua e-banking diwajibkan menerapkan standar keamanan yang sangat ketat. Hal ini berfungsi untuk menjamin bahwa setiap layanan yang disediakan hanya dapat dimanfaatkan oleh mereka yang benar-benar berhak. Salah satu teknik pengamanan yang sering diterapkan yaitu secure socket layer (SSL). Selain itu juga melalui protokol HTTPS (secure HTTP). Dengan sistem keamanan yang terjamin, tentu memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Transaksi lebih cepat

Seluruh transaksi elektronik menggunakan konektivitas internet sebagai transmisi datanya. Sebab saat ini kecepatan internet sudah tak diragukan lagi kemampuannya dalam memproses perpindahan data dalam waktu hitungan detik saja. Sehingga transaksi digital juga tak perlu diragukan lagi kecepatannya. Dengan melakukan transaksi pembayaran digital, maka seseorang dapat melakukan transaksi dengan hanya dalam beberapa detik saja. Pembayaran digital ini berkembang mengikuti kebutuhan pelanggan. Selain itu, secara proaktif memberikan teknologi terbaru kepada pengguna untuk meningkatkan efektivitas dan menghemat waktu.

Memberikan kemudahan pembayaran dimanapun dan kapanpun

Aplikasi serta layanan digital payment lewat internet banking tentu sangat bermanfaat dan sangat membantu. Saat Anda memanfaatkan aplikasi internet banking, maka apapun aktivitas yang berhubungan dengan layanan perbankan dapat dengan mudah dilakukan. Sehingga Anda tak perlu lagi meninggalkan ruangan selain itu biaya transportasi juga lebih hemat sebab tidak perlu mencari ATM.

Baca Juga: Mobile Payment : Pengertian dan Tren di Indonesia

Keamanan bertransaksi yang lebih dibandingkan cash

Internet banking atau mobile banking merupakan salah satu produk jasa keuangan unggulan dalam perpindahan transaksi uang fisik menjadi transaksi uang digital. Dengan bertransaksi menggunakan digital payment akan lebih aman dan terjamin. Hal ini karena dilengkapi dengan pin dimana hanya Anda yang tahu untuk mengaksesnya. Tentunya ini akan mencegah atau meminimalisir terjadinya kehilangan uang tunai karena uang yang dikirim dan diterima ditambahkan ke saldo Anda secara otomatis. Terlebih lagi, ketika Anda melakukan pembayaran dengan nominal besar, tidak perlu lagi menyediakan uang tunai di tangan yang banyak dan takut hilang. Karena Anda tinggal mentransfernya menggunakan internet banking pada smartphone Anda.


Melakukan transaksi dengan menggunakan metode digital payment memang lebih mudah dan praktis. Tetapi pengguna juga harus tetap memperhatikan keamanannya dan waspada terhadap cybercrime. Durianpay merupakan integrasi payment aggregator, menyediakan solusi yang mudah, lengkap dan aman dalam satu platform sehingga dapat mempermudah transaksi yang Anda inginkan.