pexels-pavel-danilyuk-7120911

Analisis Transaksi Penjualan Lebih Mudah dengan Durian Flow

Posted by

Dalam sebuah bisnis, data punya peran yang sangat penting. Mulai dari awal perencanaan, saat bisnis berjalan, hingga saat evaluasi, data sangat diperlukan untuk mengambil keputusan menentukan pangsa pasar, jenis bisnis, hingga strategi bisnis.

Pertanyaannya, bagaimana cara mencari data? Tentu, ada banyak cara, mulai dari melakukan riset sendiri, atau menggunakan hasil riset yang sudah ada. Misalnya, Anda berencana membuka toko aksesoris smartphone. Untuk ini, Anda tidak perlu riset sendiri. Cukup cari data tentang minat masyarakat pada smartphone terbaru, jenis smartphone mana saja yang diminati, hingga perangkat aksesoris yang paling laris.

Setelah bisnis berjalan, apakah Anda tetap perlu mengumpulkan data. Data tersebut menjadi bekal Anda untuk evaluasi dan pengembangan bisnis selanjutnya. Pada tahap ini, Anda harus mengumpulkan data sendiri. Data transaksi, penjualan, hingga minat konsumen. Lantas, apakah Anda harus mencatat di tiap transaksi? Tentu tidak, dengan layanan Durian Flow, Anda bisa mengumpulkan data secara simultan dengan operasional bisnis. Bagaimana jelasnya?

Kontrol Bisnis dengan Praktis

Dengan teknologi yang ada pada Durian Flow, Anda akan punya kemampuan mengontrol bisnis. Ini berkat data yang bisa di-provide dari berbagai kegiatan dan transaksi bisnis. Tanpa perlu mencatat setiap aktivitas bisnis, Anda sudah bisa mendapatkan data secara otomatis. Tentu ini sangat membantu mengontrol performa bisnis. 

Misalnya, di toko Anda ada 3 jenis barang dagangan, yaitu sepatu, baju, dan celana. Diantara ketiga barang tersebut yang paling laris adalah sepatu dan yang paling jarang laku adalah celana. Karena setiap transaksi tercatat secara up-to-date, Anda pun cepat mengontrol keadaan, yakni menambah stok sepatu dan mengevaluasi produk celana. Mengapa celana kurang laku? Apakah karena modelnya kurang kekinian, harga yang terlalu mahal, atau pilihan warna yang terlalu banyak?  

Tanpa adanya data, Anda akan kesulitan mengambil keputusan-keputusan di atas. Bisa saja Anda melakukan itu, tapi tanpa data, hasilnya akan jauh dari sasaran. Bayangkan, betapa mudahnya mendapatkan data hanya dengan mengintegrasikan layanan Durianpay. 

Baca juga : 7 Cara  Meningkatkan Turnover Perusahaan

Analisis Transaksi Penjualan

Analisa Insight di Tiap Funnel

Setelah memahami penggunaan data transaksi, Anda juga bisa mendapat hasil analisa insight di tiap funnel. Dengan insight ini, Anda bisa memahami dan meningkatkan konversi pada semua proses pembayaran. 

Durian Flow dapat menyajikan data pembayaran dari channel mana yang paling ramai. Lantas, apa yang bisa diambil dari itu? Anda bisa menambah pilihan metode pembayaran serupa, namun berbeda perusahaan. Misalnya, yang paling ramai adalah Virtual Account BCA. Maka, Anda bisa menambah pilihan Virtual Account bank lainnya. 

Selain itu, dengan Durian Flow, Anda juga bisa memastikan proses pembayaran benar-benar bisa terselesaikan. Tim Durianpay akan memberikan saran-saran terkait mengapa ada pelanggan yang tidak menyelesaikan transaksi.

Analisis Transaksi Penjualan

Pahami Pelanggan dengan Data

Pada intinya, data merupakan sumber bagi pebisnis untuk memahami dan melayani pelanggan dengan lebih baik. Dengan data yang disediakan Durian Flow, Anda bisa mengetahui minat, selera, hingga alasan mereka membatalkan transaksi. Semuanya bisa Anda dapatkan tanpa mendapat kritik dan saran dari mereka terlebih dahulu. 
Sungguh, sangat hebat bukan? Tanpa menunggu saran dari customer, Anda sudah bisa membaca selera dan keluhan mereka. Inilah yang dinamakan dengan responsif terhadap keinginan konsumen. Sikap seperti ini akan sangat membantu Anda menggaet hati para pelanggan Anda. Oleh karena itu, jangan tunda lagi segera gunakan Durianpay agar Anda bisa menikmati layanan Durian Flow. Klik di sini untuk  mendapatkannya!