7 Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang Laris Manis

Posted by

Peluang usaha selalu ada di sekitar kita. Terkadang kita pun tak menyadari banyak hal-hal yang selama ini terlihat biasa, padahal potensi bisnisnya luar biasa. Apalagi jika ada momen-momen tertentu, seperti Ramadhan, Lebaran, Natal, hingga Tahun baru. Pada momen-momen ini ada beberapa komoditas yang permintaannya meningkat. Selain itu ada juga komoditas musiman yang hanya ramai di momen-momen tersebut. karna itu ada banyak Usaha rumahan di bulan ramadhan yang dapat anda coba.

Saat Ramadhan banyak peluang usaha terbuka lebar. Bahkan dengan modal kecil pun Anda bisa mendulang keuntungan yang tidak sedikit. Selayaknya usaha modal kecil, bisnis ini pun tergolong usaha rumahan. Lantas, apa saja usaha rumahan di bulan Ramadhan yang laris manis? Inilah tujuh di antaranya!

Makanan Buka Puasa

Saat Ramadhan, hampir di setiap sudut dan pinggir jalan selalu ada yang berjualan takjil atau makanan berbuka puasa. Mulai dari lontong, gorengan, es buah, es kelapa, kurma, puding, sayur matang, ayam bakar dan banyak lagi. Uniknya, banyak di antara mereka adalah pedagang musiman, yang sehari-hari memang tidak berjualan. Terkadang pengusaha kuliner yang sudah mapan pun ikut “pivot” dagangannya dengan kuliner khas Ramadhan. 

Hal itu menandakan kuliner Ramadhan tak cuma punya rasa yang manis, tapi potensi keuntungannya pun sangat manis. Bayangkan, pedagang makanan yang sudah mapan saja ikut berjualan makanan yang serupa dengan usaha rumahan di bulan Ramadhan. 

Catering Sahur

Berbeda dengan bisnis makanan buka puasa/takjil, bisnis makanan sahur tidak seramai itu. Tidak banyak pebisnis musiman yang memasuki pangsa pasar makanan sahur. Selama ini, pelanggan makanan sahur dilayani oleh pedagang makanan jadi, seperti warteg yang sengaja mengubah/memperpanjang jam operasionalnya. 

Nah, ini menjadi kesempatan Anda untuk membuka usaha rumahan di bulan Ramadhan, yakni bisnis katering sahur. Pangsa pasar Anda adalah anak-anak kos, keluarga muda yang sibuk, hingga para karyawan. Memang Anda tetap bersaing dengan warteg dan sejenisnya. Tapi ingat! Bisnis Anda punya keunggulan yakni makanan yang diantar. Tentu ini akan menjadi nilai tambah yang tidak bisa disajikan para pesaing. Pemain bisnis katering sahur juga belum banyak, jadi tunggu apa lagi. 

Frozen Food

Memang penjualannya tidak akan setinggi awal-awal pandemi, tapi setidaknya frozen food selalu dapat mengisi ruang konsumsi masyarakat. Khususnya saat-saat urgent seperti saat sahur. Frozen food mudah dan cepat disajikan, cocok untuk sahur yang terkadang banyak orang yang masih malas untuk memasak makanan yang kompleks. 

Jasa Parcel

Karena dekat dengan lebaran, jasa parcel akan mulai ramai di bulan Ramadhan. Baik itu isinya, jasa bungkus, ataupun keduanya. Anda bisa pilih sesuai dengan kemauan dan kemampuan yang Anda miliki. Tentu ini menjadi usaha rumahan di bulan Ramadhan yang sangat menguntungkan. Untuk memasarkannya pun mudah, Anda bisa menawarkan ke teman dan kolega dari berbagai circle. Dengan sistem pre-order, kerugian pun bisa Anda tekan dan modal pun sedikit. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Usaha Laundry

Jasa laundry atau binatu tidak pernah kehabisan permintaan. Apalagi saat Ramadhan dan menjelang lebaran. Banyak orang yang pembantunya mudik, sehingga harus menyerahkan urusan cuci baju ke jasa laundry. Selain itu, ada banyak baju baru, gorden, sprei, hingga bed cover yang dibersihkan untuk menyambut lebaran. Usaha rumahan di bulan Ramadhan jenis ini juga bisa Anda lakukan. Anda tak harus bermodal mesin cuci dan perlengkapannya. 

Anda cukup jadi pengepul baju-baju kotor dari kos-kosan, kontrakan, hingga keluarga-keluarga yang membutuhkan jasa ini. Dengan kesepakatan dengan para pemilik laundry, Anda bisa mendapatkan komisi. Mudah bukan? Anda membantu pemilik laundry mendapatkan pelanggan, dari sisi pelanggan, Anda juga membantu mereka menyalurkan pakaian-pakaian kotor. 

Fashion Ramadhan

Bagi umat muslim, ada banyak perubahan kegiatan di bulan Ramadhan. Kegiatan sholat, mengaji, hingga silaturahmi akan lebih sering intensitasnya. Perubahan ini perlu ditunjang dengan pakaian atau fashion yang mendukung, busana muslim dengan model terkini. Untuk Anda yang sudah berbisnis online, coba isi dagangan Anda dengan fashion Ramadhan. Dengan iklan dan pemasaran yang tepat, Anda bisa meraup keuntungan. 

Untuk pemula, fashion ramadhan juga tak kalah menarik untuk digarap. Meski rentang waktunya terbatas dan tergolong musiman, fashion busana muslim selalu punya pangsa yang makin meningkat sepanjang tahun. Jadi, Anda tak perlu khawatir. Dengan strategi yang tepat, dagangan fashion busana muslim Anda akan laku keras. 

Baca juga : Memaksimalkan Promosi dengan Strategi Omnichannel

Aneka Suplemen

Usaha rumahan di bulan ramadhan

Menunaikan ibadah puasa di siang hari dan sholat di malam hari selama sebulan penuh tidak mudah. Diperlukan badan yang segar dan bugar. Untuk mendapatkan kondisi badan yang seperti ini, diperlukan berbagai suplemen kesehatan. Baik itu berupa vitamin, ataupun minuman yang menyehatkan. Selain untuk menjaga kebugaran, aneka suplemen juga sangat penting untuk meningkatkan imun, mengingat saat ini kita masih ada dalam kondisi pandemi. 

Tentu ini menjadi peluang bisnis yang menarik. Sediakan vitamin dan mineral yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Jika perlu, antarkan pesanan ke pembeli yang ada di sekitar rumah. Layanan tersebut tentu akan memudahkan mereka daripada repot-repot ke apotek. 

Itulah ketujuh usaha rumahan di bulan Ramadhan yang bisa Anda coba. Pilih sesuai kemampuan dan lini bisnis Anda (jika sudah ada). Semoga berhasil!