pexels-anton-4132538

6 Fitur WhatsApp ini Mampu Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Posted by

Banyak jalan menuju roma, banyak cara untuk untuk mempromosikan suatu produk. Cara berpromosi dipengaruhi oleh “tempat” dimana Anda berjualan. Apakah di e-commerce, media sosial seperti Instagram, atau bahkan instant messenger seperti WhatsApp yang dapat meningkatkan penjualan produk. Semuanya punya cara tersendiri dalam melakukan promosi yang berbeda, tergantung fitur-fitur yang dimilikinya. 

Baca Juga : Ini Dia! 6 Jenis Media untuk Mempromosikan Bisnis Anda secara Online

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas WhatsApp sebagai media berjualan sekaligus promosi. Unik bukan? Biasanya pedagang yang berjualan di e-commerce, beriklan di Google Ads ataupun Facebook Ads. Sedangkan pebisnis yang berjualan di WhatsApp melakukannya semuanya di sana. Hal ini wajar, mengingat pada dasarnya WhatsApp atau WA adalah instant messenger yang tugasnya mengirim pesan. Jadi, saat Anda memposting produk, otomatis menjadi praktik promosi karena langsung dilihat banyak orang di kontak Anda. 

Karakteristik tersebut menjadi keunggulan tersendiri. Apalagi saat ini Indonesia menduduki peringkat ketiga pengguna WA terbesar di dunia. Tentu, ini peluang yang sangat menarik bukan? Lantas, apa saja fitur yang dimiliki WA sehingga mampu mendongkrak penjualan Anda? Yuk simak bersama-sama!

Status WhatsApp

Siapa yang tidak kenal fitur yang satu ini? Pada dasarnya fitur ini dibuat agar pengguna dapat membagikan kegiatan mereka sehari-hari pada kontak yang ada. Tapi, banyak juga yang menggunakanya sebagai etalase dagangan yang dijual. Selain mudah, cara ini juga gratis. Semua akun WA bisa menggunakan fitur ini untuk memposting dagangan. Dengan demikian, seluruh kontak Anda akan tahu bahwa Anda sedang berjualan.

Setelah memposting status bergambar dagangan, Anda tinggal menunggu balasan. Jika ada yang butuh dan penasaran, mereka akan langsung bertanya dengan membalas atau berkomentar di status tersebut. Pada titik ini, Anda perlu bersabar, karena tidak semua orang langsung membeli. Bisa jadi mereka bertanya harga, spesifikasi, cara pembelian. Anda perlu jawab dengan ramah. Mungkin saat ini mereka tidak beli, tapi pada postingan setelahnya di minggu depan ataupun bulan depan mereka baru beli.

Katalog

Berbeda dengan status WA, fitur ini hanya tersedia pada WhatsApp bisnis. Jadi, Anda perlu berpindah dari WA reguler menjadi WhatsApp for business. Tentu biaya & effort yang dikeluarkan sepadan, karena Anda akan mendapat peningkatan penjualan yang signifikan. Fitur katalog ini berfungsi layaknya etalase, sehingga bisa melihat-lihat produk Anda secara lebih detail.

Anda pun tak perlu repot memposting foto dari galeri satu persatu untuk dijadikan status WA atau dikirimkan ke berbagai grup. Fitur ini juga mampu menjaring loyal customer, yang memang sudah tahu Anda berjualan/punya brand, tapi ingin melihat dagangan Anda secara lengkap. 

Keranjang

Tak cuma e-commerce, WhatsApp juga punya fitur keranjang. Fitur ini akan aktif secara otomatis saat Anda mengaktifkan fitur katalog. Kehadiran fitur ini mampu mengurai potensi miss komunikasi dengan pembeli. Mereka bisa memastikan apakah produk yang mereka klik benar-benar ingin mereka beli.

Balas Cepat

Saat penjualan masih kecil, mungkin Anda belum terpikirkan untuk menggunakan fitur ini. Tapi, saat penjualan melonjak, produk Anda mulai dikenal, maka pesan yang masuk ke WhatsApp Anda juga akan makin intens. Pesan tersebut biasanya berisi bertanya tentang produk hingga pemesanan. Anda tidak bisa lagi mengandalkan membalas pesan chat secara manual. Terlalu banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Saat menjawab pertanyaan dari calon pembeli, bukan tak mungkin Ada saja pembeli yang mengajukan pertanyaan yang sama. Pada titik ini, Anda perlu mengaktifkan fitur Quick Reply atau balas cepat. Pada prinsipnya, menggunakan fitur ini mudah. Anda cukup menyediakan konten template pesan. Misalnya, daftar harga, format pesanan hingga ucapan salam dan terima kasih.

WhatsApp meningkatkan penjualan produk

Pesan Berantai

Fitur ini cocok saat Anda ingin memberi tahu calon pembeli tentang kampanye produk ataupun promo khusus. Tak perlu dibuat status, kirim ke grup, cukup aktifkan fitur broadcast maka pesan Anda akan langsung terkirim di banyak nomor hanya dalam satu klik. Mudah bukan?

Broadcast promo ini juga bisa jadi cara Anda untuk mendekati loyal customer. Berikan harga menarik untuk barang-barang yang fast moving  dan disukai. Dengan demikian, mereka tidak akan bosan-bosan berbelanja di toko Anda. 

WhatsApp meningkatkan penjualan produk

Tautan Chat

Seperti namanya, fitur chat berbentuk short link. Anda bisa mendapat fitur ini dengan mengatur menu: Pengaturan -> Fitur Bisnis -> Tautan Pendek. Cara ini efektif untuk memberikan informasi produk pada orang-orang di kontak Anda. Selain itu, Anda dapat menjaring calon-calon pembeli baru. 

Selain berbagi informasi produk melalui tautan/link, Anda juga bisa membagikan tautan untuk pembayaran/payment link. Tentu, kemudahannya setara dengan fitur tautan chat di WA. Anda bisa menggunakan layanan Instapay. Pemasangannya mudah, tanpa coding dan bisa menerima berbagai metode pembayaran dengan cepat dan aman. Mudah, bukan? Cukup dengan mengirim payment link ke pelanggan Anda, dan mereka pun dengan mudah memilih metode pembayaran yang diinginkan. 

________

Itulah berbagai fitur WhatsApp (WA) yang bisa meningkatkan penjualan produk jualan online Anda. Segera aktifkan fitur-fitur WhatsApp tersebut agar Anda makin sukses. Untuk Anda yang belum menggunakan WA untuk berjualan, tidak ada salahnya untuk mencoba. Makin banyak lapak, makin besar pula potensi keuntungan nya, bukan? Selamat mencoba!