Young women wear glasses and shop on smart phones

5 Tips Belanja Online yang Aman & Hemat

Posted by

Di zaman ini, belanja online makin populer di berbagai kalangan. Menurut hasil survei We Are Social pada April 2021, Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia pengguna internet yang memakai layanan e-commerce untuk membeli produk. Berbagai kemudahan dari belanja online memang sangat menarik para pembeli untuk beralih dari mengunjungi toko, menjadi hanya melihat layar handphone maupun laptop. Meski hemat, Anda juga perlu memperhatikan keamanan agar terhindar dari berbagai jenis penipuan. Bagaimana caranya? Simak 5 tips belanja online di bawah ini! 

Maksimalkan fitur yang sudah disediakan

Dalam berbelanja online, biasanya terdapat berbagai fitur yang memudahkan pembeli, seperti menu pencarian, filter penyaringan, notifikasi, alat pembayaran dan jenis pengiriman. Dengan berbagai fitur tersebut, Anda lebih mudah melakukan pencarian barang yang dibutuhkan. Selain memberikan kemudahan dalam berbelanja, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fitur yang ada untuk lebih hemat. Misalnya Anda bisa memilih toko yang memberikan promo gratis ongkos kirim atau cashback.

Teliti membaca deskripsi produk

Saat berbelanja online, Anda hanya bisa melihat bentuk barang melalui foto yang ditawarkan oleh penjual. Anda tidak bisa mencoba dan melihat langsung barang yang akan Anda beli. Untuk itu, teliti dalam membaca deskripsi produk sangat penting untuk mengetahui kualitas, kuantitas, bahan, warna, ukuran dan lainnya. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan foto yang Anda lihat sudah sesuai dengan yang Andak. Jika informasi yang disediakan dirasa masih kurang lengkap atau belum meyakinkan, Anda bisa menanyakan langsung ke penjual melalui fitur pesan.

Baca juga : Bagaimana Cara Online Payment Memajukan Bisnis?

Cek dan bandingkan harga

Ketika belanja offline, untuk mendapatkan harga termurah, Anda harus rela melangkah lebih jauh keluar-masuk toko yang berbeda untuk membandingkan harga. Dengan perkembangan teknologi, sekarang Anda cukup duduk dan menyentuh layar saja untuk membandingkan harga. Yap, dengan belanja online Anda lebih mudah melihat dan membandingkan harga produk antar penjual di tiap toko dalam berbagai e-commerce. Dengan cara ini, Anda bisa lebih hemat karena mendapat barang yang lebih murah.

Pilih toko dengan reputasi baik

Tips belanja online  berikutnya adalah memilih toko dengan reputasi baik. Saat ini, banyak platform e-commerce yang sudah menggunakan sistem reputasi atau rating bagi para penjualnya. Hal ini memudahkan Anda dalam memilih toko online dengan reputasi baik. Biasanya anda dapat melihat reputasi dari tanda bintang. Makin banyak bintangnya, makin baik reputasinya. Dengan demikian, kualitas barang yang Anda dapatkan bisa lebih terjamin.

Cek ulasan produk

Bukan hanya deskripsi produk dan reputasi penjual saja yang perlu anda cek, ulangan produk juga penting untuk Anda baca. Hal ini untuk memastikan apakah pelayanan dan barang yang Anda beli memang sudah sesuai dengan ekspektasi. Ulasan produk juga sangat penting untuk observasi kondisi barang yang akan Anda beli, apakah banyak yang puas atau banyak keluhan. Jadi pastikan Anda membaca ulasan pembeli lainnya, dan jangan lupa untuk memperhatikan foto dari pembeli dengan seksama ya!

Berbelanja online bisa menjadi salah satu cara hemat jika Anda bisa menyiasatinya dengan benar. 5 tips di atas bisa menjadi panduan buat Anda saat belanja online agar hemat dan aman. Selamat berbelanja!