5 Peluang Bisnis Online untuk Pemula

Posted by

Meningkatnya penetrasi internet, tak cuma menaikkan tingkat konsumsi masyarakat, khususnya dalam belanja online. Tapi juga meningkatkan peluang bisnis online. Makin hari, makin banyak orang yang ingin atau bahkan terjun di bisnis online. Hal ini wajar mengingat ada banyak kemudahan dan keuntungan menarik dari bisnis online

Peluang yang ditawarkan pun bisa dilakukan oleh pemula. Dengan berbisnis online, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk sewa toko. Hanya dengan membuka lapak virtual, menyediakan barang dagangan serta perlengkapannya, Anda sudah berbisnis. Mudah bukan? Pertanyaannya sekarang, apakah peluang bisnis online cocok untuk pemula? 

Reseller

Model bisnis online yang satu ini merupakan yang paling populer dan cukup mudah dilakukan. Layaknya berjualan di toko kelontong, Anda tinggal menyediakan toko (lapak digital) dan mengisinya dengan berbagai barang dagangan. Jangan lupa tentukan barang yang akan menjadi dagangan Anda! Misalnya baju bayi, sepatu, aksesoris, hingga makanan ringan.

Langkah berikutnya, Anda tinggal mencari distributor atau supplier yang memasok toko Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengimpor barang dagangan dari pabriknya. Tentu, cara ini meski lebih rumit, tapi akan mendatangkan keuntungan. 

Dropshipper

Mirip seperti reseller, dropshipper pada hakikatnya juga menjual barang milik orang lain. Bedanya, bisa dibilang dropshipper tidak membutuhkan modal seperti reseller. Jika Anda seorang reseller, Anda harus langsung membayar barang yang diambil. Baru setelah itu Anda bisa kembali berjualan. Jadi, Anda membutuhkan sejumlah modal usaha untuk memulai bisnis reseller.. 

Sementara itu dropshipper tidak memerlukan modal. Anda bisa menyetor dana ke distributor saat barangnya sudah laku. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan tidak harus menyediakan stok barang. Saat ada pembeli, Anda tinggal meneruskan pesanan tersebut ke distributor. Pihak distributor yang akan packing dan mengirim barang pada pembeli. Stok barang juga ada pada mereka. Anda pun akan mendapat komisi dari penjualan tersebut. Mudah bukan? Tentu ini sangat cocok untuk para pebisnis yang modalnya terbatas. 

Baca juga : Dropshipper: Pengertian, Cara Kerja,  Kelebihan dan Kekurangannya

woman post warehouse

Bisnis Kuliner

Siapa yang tidak kenal dengan tema satu ini? Belakangan kuliner tak cuma ramai dibicarakan, baik cara pembuatannya, hingga dari segi bisnisnya. Anda pun bisa menjadikan kuliner untuk bisnis online. Tentu, penjualannya tidak harus menggunakan e-commerce jika Anda menjual makanan jadi. Anda bisa menggunakan jasa pengiriman atau ride-hailing yang kini populer. 

Selain menguntungkan, peluang bisnis online kuliner juga dapat mengembangkan bakat memasak Anda. Rasa lelah saat melayani pembeli akan jauh berkurang jika Anda menyukai kegiatan produksi makanan. Untuk Anda yang hobi makan camilan, berjualan camilan dan kue-kue kering juga menjadi peluang bisnis online yang prospektif. Segera buka toko Anda, hubungi distributornya dan Anda pun siap berbisnis. 

Freelancing

Bisnis online bukan cuma tentang berdagang, tapi juga memberikan jasa yang dibutuhkan  bagi orang lain. Misalnya, fotografi, desain, menulis, hingga jasa konsultan. Anda bisa pilih sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Karena ini freelance, Anda bahkan bisa mengerjakan peluang bisnis online ini di tengah pekerjaan utama Anda. 

Meski bisa dijadikan sampingan, Anda harus tetap fokus dan melakukan yang terbaik dengan pandai membagi waktu. Agar semuanya tetap berjalan dengan lancar dan tidak terganggu. Jika Anda sudah yakin dan penghasilan dari freelancing sudah tinggi, Anda bisa fokus pada menjalankan bisnis ini. 

Content Creator

Mirip dengan freelancing, “bisnis online” konten kreator juga bukan berdagang dan mengandalkan minat dan bakat. Dengan rutin membuat konten di berbagai media sosial, Anda akan punya banyak pengikut. Dengan demikian, hal itu akan menarik berbagai brand untuk meng-endorse  Anda untuk memasarkan produknya. 

Selain menjadi brand ambassador suatu produk, Anda juga bisa mendapat keuntungan dari adsense platform media sosial. Makin banyak orang yang mengikut ataupun menikmati konten yang Anda buat, makin banyak pula keuntungan yang Anda hasilkan. Bagaimana? Ini bisnis online yang sangat menarik bukan?


Itulah berbagai peluang bisnis online untuk pemula. Pilih sesuai dengan kondisi modal, minat dan bakat Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menjalankan dan memulainya. Selamat mencoba!