young muslim businesswoman check product purchase order stock save tablet computer work home office

5 Langkah Memulai Bisnis Online bagi Pemula

Posted by

Situasi yang serba digital menuntut kita untuk cepat beradaptasi dan pintar mengambil peluang. Kesempatan tersebut dapat kita temukan melalui bisnis, yakni usaha dalam berbagai bidang yang sebagian besar terjadi secara online maupun offline. Penggerak usaha mendapat kebebasan untuk memilih cara memasarkan produknya. Apakah ingin optimal melalui pemasaran secara langsung? Atau ingin memanfaatkan teknologi digital? Melalui artikel ini, Durianpay akan mengulas tentang cara mudah memulai bisnis online bagi pemula. Apa saja yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis online bagi pemula? Berikut penjelasannya!

memulai bisnis online bagi pemula

5 Langkah Memulai Bisnis Online

Bisnis online dapat dimaknai sebagai proses menjual dan memasarkan produk secara digital. Artinya, setiap proses yang terjadi memanfaatkan media digital, seperti: media sosial, website, hingga aplikasi. Hal tersebut tidak lepas dari kesadaran banyak orang mengenai pentingnya inovasi dan memanfaatkan teknologi dalam menggerakkan usaha. Terlebih jika Anda memiliki produk dengan target audiences yang aktif pada media digital, maka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan semakin besar. Lantas, apa saja yang harus Anda persiapkan?

Tentukan  Niche Market dan Target Pembeli

Satu hal penting yang harus Anda perhatikan, menentukan target maupun calon pelanggan merupakan langkah awal yang harus Anda sadari sebagai penggerak usaha. Termasuk menentukan niche market, yakni industri yang secara spesifik memiliki target maupun pelanggannya sendiri. Namun, mengenali target audiences atau calon pembeli juga tidak kalah penting. Menentukan siapa yang kelak menjadi target pelanggan, dapat Anda lakukan dengan mempertimbangkan hal berikut: 

  • Perkirakan siapa yang nantinya berpotensi besar menjadi pelanggan Anda. Apabila produk yang Anda tawarkan berupa makanan, secara spesifik Anda bisa menentukan; makanan pedas cenderung disukai anak-anak muda, makanan manis dan hangat cenderung disukai semua usia, hingga pertimbangan lainnya.
  • Menentukan target audiences memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian, termasuk mengidentifikasi mereka berdasarkan usia, gender, lokasi, hobi, media sosial apa yang sering mereka gunakan, serta mengikuti trend yang saat ini sedang berkembang.

Optimalkan Penggunaan Media Digital

Cara memulai bisnis online selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengoptimalkan penggunaan media digital. Sesuai dengan namanya, karena usaha tersebut nantinya akan Anda pasarkan secara online, maka manfaatkan secara penuh kehadiran media digital. Misalnya saja, Anda bisa memulai dari media sosial populer seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube atau TikTok. 

Namun, perlu Anda ingat bahwa setiap media sosial memiliki pengguna dengan karakteristik yang berbeda. Menurut Krona.id, mereka mengelompokkan karakteristik pengguna media sosial sesuai rentang umur setiap generasi, seperti:

  • Baby Boomers, pengguna media sosial yang lahir di tahun 1946-1964
  • Generasi X: 1965-1979
  • Generasi Y/Milenial: 1980-1995
  • Gen Z: 1996-seterusnya

Hasil penelitian menemukan bahwa kelompok Baby Boomers lebih banyak menggunakan media sosial seperti Facebook dan Linkedin. Begitu juga dengan generasi X yang menggunakan media sosial hanya untuk terhubung dengan teman sekaligus mencari informasi. Sedangkan sebagian besar Generasi Z mengaku lebih suka menonton Youtube dan sangat tertarik pada visual.

Manfaatkan data tersebut sesuai kebutuhan dan prioritas. Menguasai media sosial memang baik, namun Anda juga perlu mengenali karakteristik penggunanya. 

Baca Juga : Ini Dia! 6 Jenis Media untuk Mempromosikan Bisnis Anda secara Online

memulai bisnis online bagi pemula

Memaksimalkan penggunaan website

Perkembangan teknologi yang kian cepat, tidak menutup kemungkinan bagi pengusaha untuk menggunakan dan memanfaatkan website sendiri. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa website dianggap optimal untuk melakukan promosi selama 24 jam. Artinya, website tidak terbatas waktu dan tenaga  untuk melayani calon pelanggan. Termasuk memberikan informasi, harga, dan promo terkait produk yang Anda tawarkan. Bahkan tidak jarang calon pelanggan menemukan sebuah brand melalui mesin pencarian Google dan secara tidak langsung mengenali produk tersebut.

memulai bisnis online bagi pemula

Optimalkan Sistem Pembayaran

Setelah melalui proses di atas dan memiliki website sendiri, jangan lupa untuk mengoptimalkan sistem pembayaran. Biasanya, saat melakukan transaksi, pembeli ditawarkan untuk memilih fasilitas pembayaran melalui berbagai metode. Supaya semakin mudah, Anda bisa memanfaatkan payment aggregator untuk mengintegrasikan pembayaran dari berbagai metode menjadi satu solusi.

Sebagai pelopor payment aggregator di Indonesia, Durianpay melibatkan semua metode pembayaran dengan biaya integrasi murah dan mendukung bisnis Anda, baik dengan website maupun tanpa website. Informasi selengkapnya mengenai Durianpay dapat Anda akses kapan pun.