clay-banks-tgquMvhNLc4-unsplash

5 Jenis Transaksi Online yang Memudahkan Hidup Anda

Posted by

Pada era digital saat ini, transaksi online sudah jadi bagian dari kehidupan kita. Coba kita review kembali, seberapa sering Anda melakukan transaksi online setiap harinya. Pasti banyak sekali transaksi online yang Anda lakukan. Kemudahan dan kepraktisan menjadi alasan mengapa transaksi online menguntungkan. 

Dengan transaksi online, Anda tidak perlu mengambil uang tunai di ATM. Langsung saja kirim uang ke berbagai “pos tagihan” yang and tuju. Memang, apa saja yang transaksi online yang memudahkan hidup Anda? Berikut beberapa diantaranya:

Transaksi PPOB

PPOB atau Payment Point Online Bank merupakan layanan khusus untuk melakukan berbagai jenis pembayaran melalui akun bank. Belakangan ini, “bank” di sini maknanya meluas menjadi aplikasi fintech payment juga. Intinya, PPOB menjadi “tempat” untuk melakukan berbagai jenis pembayaran secara online. 

Mulai dari membayar tagihan listrik, beli pulsa, paket data, token listrik, tagihan air, iuran BPJS, cicilan kendaraan bermotor dan banyak lagi. Hanya dengan mendownload aplikasi PPOB, daftar, dan isi saldo, semua transaksi online di atas bisa selesai dalam sekali klik. Kini, banyak juga aplikasi bank yang memungkinkan Anda melakukan transaksi PPOB. Tinggal pilih, mana yang paling nyaman untuk Anda. 

Transportasi Online/Ride Hailing

Beberapa tahun terakhir, layanan ride hailing atau jasa transportasi online berbasis aplikasi menjadi sangat populer. Dari awalnya aplikasi untuk menunjang kebutuhan transportasi, kini bertransformasi menjadi aplikasi penunjang gaya hidup. Dari yang awalnya sekedar aplikasi ojek online, kini menjadi aplikasi untuk segala kebutuhan.

Yap! Aplikasi ride hailing kini makin memudahkan hidup Anda, keberadaan dompet digital di dalamnya memudahkah Anda melakukan transaksi online. Mulai dari bayar ongkos transportasi, jasa kurir, tiket bioskop, pulsa, membayar tagihan, asuransi, investasi, hingga biaya langganan aplikasi streaming. 

Layanan Pesan Antar Makanan

Gaya hidup yang serba online mendorong lahirnya layanan pesan makanan atau food delivery. Awalnya layanan ini merupakan bagian dari aplikasi ride hailing seperti Gojek dan Grab, namun kini e-commerce (Shopee Food) dan aplikasi travel (Traveloka Eats) juga mulai merambah ke bisnis ini.

Baca juga : Mau Bisnis Makin Laris? Maksimalkan Metode Cashless dengan 5 Cara Ini!

Tentu saja kebanyakan transaksi yang dapat anda lakukan pada layanan ini adalah transaksi online. Meski masih memungkinkan untuk membayar dengan tunai saat makanan pesanan Anda sampai, transaksi online melalui dompet digital tentu lebih praktis dan nyaman. 

Transaksi Internet Banking & Mobile Banking

Hampir semua bank saat ini punya layanan ini, yakni internet banking dan mobile banking. Pada prinsipnya keduanya sama, yakni melakukan berbagai aktivitas perbankan dengan mengandalkan internet. Hanya perangkatnya saja yang berbeda, yakni dengan PC/laptop dan mobile banking dengan smartphone & tablet. 

Anda bisa melakukan transaksi perbankan dengan kedua layanan ini meski tidak datang ke bank. Mulai dari transfer uang, bayar tagihan KPR, hingga bayar tagihan belanja online pun bisa. Selain itu, Anda juga bisa isi paket data, beli token listrik, bayar pajak, hingga bayar premi asuransi. Anda dapat melakukan semuanya hanya dengan gadget Anda. Hebatnya lagi, Anda tak perlu transfer sejumlah uang sebagai saldo (seperti pada dompet digital), karena pembayarannya langsung menggunakan saldo bank Anda sendiri. Transferan gaji atau pendapatan Anda bisa langsung digunakan untuk bayar-bayar, praktis bukan? 

Belanja Online

Seperti namanya, sudah pasti aktivitas belanja online tentu transaksi jual belinya pun dilakukan secara online. Setelah Anda melihat-lihat barang, memilih, memasukkan dalam keranjang dan membayar barang-barang tersebut, Anda tinggal membayarnya. Ada banyak pilihan metode pembayaran transaksi online ini, mulai transfer dari berbagai bank, transfer virtual account, dompet digital, hingga pembayaran dengan cicilan & kartu kredit. 

Baca juga : Cara Optimasi Proses Checkout Supaya Toko Online Makin Cuan

Sebagai pebisnis, Anda perlu menyediakan berbagai pilihan transaksi online pada toko Anda. Cara menerapkannya mudah, gunakan layanan Durian Checkout agar toko Anda bisa menerima berbagai metode pembayaran online. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan Instapay, yakni link pembayaran unik yang bisa Anda kirimkan ke WhatsApp, Messenger, maupun Instagram pelanggan Anda. Klik di sini untuk dapatkan layanannya!

Keberadaan teknologi terbukti memudahkan hidup manusia, tak terkecuali teknologi digital. Transaksi yang tadinya harus dilakukan dengan tatap muka, kini hanya perlu dilakukan dengan gadget dimana pun & kapan pun. Selamat datang di era digital, era dimana kemudahan menjadi prioritas utama.