5 Ide Usaha Sampingan Online

Posted by

Siapa saja bisa memiliki bisnis. Baik itu karyawan kantor, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga. Saat dunia digital menjadi sangat dekat dengan masyarakat, usaha online menjadi pilihan menarik sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan. Belum lagi dengan adanya pandemi yang terjadi hampir di seluruh dunia yang membuat perubahan perilaku serta gaya hidup masyarakat utamanya dalam hal berbelanja. 

Belanja online sudah menjadi kebiasaan atau habit masyarakat. Pelanggan makin terbiasa untuk  memenuhi kebutuhannya dengan berbelanja toko online. Oleh karena itu, usaha online bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mempunyai bisnis sampingan. Lantas, apa saja ide usaha online yang bisa Anda lakukan?

Bisnis Fashion 

Saat ini permintaan masyarakat Indonesia akan tren fashion berkembang pesat. Berbagai jenis kain dengan beragam model terus dihadirkan. Bahkan tren model fashion dari korea dan negara barat masuk di perkembangan fashion Indonesia. Berbisnis fashion secara online baik itu di e-commerce atau media sosial akan pemasaran produk dan memperluas pasar. 

Kuliner

Sebagai salah satu bidang bisnis yang tidak ada matinya, bisnis kuliner selalu berkembang setiap waktu. Mengapa demikian? Karena setiap orang membutuhkan makanan dan minuman. Tinggal bagaimana Anda menggunakan kreativitas dalam membuat hidangan maupun memasarkan produk kuliner Anda. 

Meski tidak ada matinya, bisnis kuliner juga gulung tikar karena tidak bisa mempertahankan pasarnya. Menciptakan tren di pasaran tidak sesulit dahulu sebelum dunia digital merambah. Tren makanan adalah salah satu tren yang menjamur di pasaran. Inovasi rasa, harga, dan konsep menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis kuliner agar tetap laku di pasaran.

Baca juga: Mau Jualan Online? Coba Sistem Pre-Order

Jasa Content Creator

Memiliki kemampuan editing foto ataupun video sekarang bisa menjadi tambahan sumber pendapatan bagi Anda. Berbagai brand dan merk, baik itu UMKM atau perusahaan besar sekalipun membutuhkan jasa content creator untuk media promosi. Media massa yang berkembang sangat pesat membuat lingkup pemasaran tidak hanya berhenti di situ. 

Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis, bisa menyalurkan bakat Anda melalui tulisan artikel. Mengingat saat ini pemasaran produk juga merambah di website menyertakan artikel sebagai media promosinya. 

Guru Les Online 

Guru les online bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan bagi Anda. Tidak perlu mengeluarkan modal uang yang besar, cukup membagikan ilmu dan keterampilan dalam mengajar melalui online Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Saat ini guru les online banyak dicari oleh para orang tua yang ingin memberikan pendidikan tambahan kepada anak-anaknya di tengah masa selepas pandemi seperti saat ini. Banyak pelajaran yang mungkin tertinggal atau tingkat pemahaman yang kurang terhadap materi karena terbatas ruang dan waktu membuat para orang tua memilih memberikan les tambahan di luar jam sekolah.

Membuka Jastip (Jasa Titip)

Jastip adalah kegiatan menghadirkan produk yang diminta orang-orang di luar jangkauannya. Banyak orang yang menggunakan jasa titip karena ingin mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus datang ke tempat. Anda bisa membeli barang sesuai titipan konsumen, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Tanpa modal, bisnis ini digemari oleh banyak kawula muda yang mencari tambahan uang sambil menuntut ilmu di luar daerahnya tinggal. Langkah awal untuk memulai jastip adalah dengan melakukan promosi di media sosial.

— 

Pilihlah bisnis sesuai dengan minat dan bakat anda. Jangan lupa untuk memikirkan kelancaran operasional bisnis. Salah satunya dalam hal bertransaksi, Durianpay mampu menyediakan ragam opsi pembayaran untuk bisnis Anda.