Ide promosi ramadhan

4 Ide Jitu untuk Promosi Bisnis Saat Ramadhan

Posted by

Semua umat muslim di dunia menunggu datangnya bulan suci Ramadhan, bulan penuh berkah. Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan dengan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi. Moment ini yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pelaku usaha memaksimalkan penjualan dan mengambil hati masyarakat untuk lebih loyalitas lagi kepada produk kita dimasa depan. Langkah awal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan di bulan ramadhan adalah dengan melakukan promosi produk. Berikut empat ide promosi bisnis saat Ramadhan yang dapat membantu meningkatkan penjualan Anda.

1. Menciptakan Produk Spesial Ramadhan

Menawarkan produk yang berbeda dari biasanya, entah itu dengan menciptakan produk baru ataupun melakukan pengemasan menarik yang berbeda dari biasanya. Produk spesial merupakan faktor penarik untuk mendatangkan pelanggan. 

Menciptakan produk baru tidak harus Anda lakukan sendiri. Anda dapat bekerja sama dengan pengusaha lain. Saling berkolaborasi menghasilkan produk baru yang spesial di bulan yang spesial ini. Misalnya, pengusaha cilok dan rawon bekerja sama menghasilkan rawon cilok spesial ramadhan. Promosi bisnis Ramadhan ini tentunya sangat unik dan menarik perhatian masyarakat karena belum pernah ada sebelumnya. Dirasa aneh tapi rasa ingin mencoba masyarakat bisa jadi sangat tinggi. 

Contoh lain misalnya, pengusaha makanan dan minuman bekerja sama  memberikan paket beli satu makanan tertentu maka akan mendapatkan gratis minuman. Atau memberikan paket bundling, paket keluarga dengan harga yang terjangkau selama bulan ramadhan. hal-hal spesial seperti ini yang sangat dicari masyarakat karena mungkin tidak akan ditemui lagi selepas bulan Ramadhan.

2. Memberikan Promo Khusus Ramadhan

promo-discount

Membangun hubungan yang baik kepada pelanggan dengan cara memberikan promo adalah salah satu cara yang ampuh untuk menjaga loyalitas pelanggan. Pelanggan dan masyarakat luas akan memburu promo-promo menarik yang dikeluarkan toko pada bulan ini. Mengingat tingkat konsumsi yang tinggi, hal ini pastinya akan sangat dicari masyarakat. 

3. Membuat Konten Yang Menarik 

Menampilkan berbagai gambar dengan warna yang bernuansa Ramadhan pada konten kita adalah salah satu bentuk usaha kita dalam memeriahkan bulan suci ini. Rasa toleransi dan kekeluargaan akan sampai kepada masyarakat dirumah. Menunjukkan momen yang tepat dan relevan dengan keadaan saat ini. Sehingga, seolah produk yang kita tawarkan terasa sangat dekat dengan masyarakat dan diharapkan bisa membantu keputusan pembelian di masa mendatang. 

Baca Juga: 4 Strategi saat Ramadhan untuk Bisnis Anda

Hal lain yang bisa kita lakukan untuk membuat konten yang menarik adalah dengan mengundang influencer yang sedang naik daun ataupun yang ada di sekitar kita. Hal ini akan sangat membantu promosi bisnis Ramadhan yang kita lakukan. Para pengikut mereka di media sosial mungkin akan menjadi calon pembeli di toko kita. 

4. Mengatur Waktu Promosi 

Kebiasaan masyarakat akan berubah saat bulan ramadhan tiba. Masyarakat cenderung akan lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan ponsel disore hari menjelang berbuka puasa dan di pagi hari pada saat sahur hingga memasuki waktu subuh.  Di jam-jam inilah waktu yang tepat untuk melakukan promosi bisnis Ramadhan produk. Semakin sering masyarakat melihat promosi yang kita lakukan, semakin tinggi pula daya ingat masyarakat terhadap produk kita. Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan. 


Itu dia empat ide promosi bisnis Ramadhan produk yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan dibulan ramadhan. Dari keempat ide diatas adakah yang sudah kalian terapkan pada usaha kalian di ramadhan tahun ini? Atau bahkan belum sama sekali karena takut salah langkah? Yuk berani memulai untuk sesuatu yang lebih besar. Durianpay akan membantu usaha Anda agar lebih lancar dan mudah dalam bertransaksi. Sehingga bagi Anda, para pengusaha baru tentunya tidak perlu takut mengalami kesulitan dalam mengelola berbagai transaksi.