Pertumbuhan Penggunaan QRIS di Indonesia

Posted by

Anda mungkin pernah melihat barcode yang ditempatkan di dekat kasir di toko bahan makanan lokal atau kafe lokal Anda. Barcode atau kode QR inilah yang disebut dengan QRIS. Tapi apakah QRIS, dan mengapa Anda harus memperhatikan perkembangannya dan mulai mengadopsikan fungsinya dalam bisnis anda?

Apa itu QRIS?

Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS adalah kode QR yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) pada bulan Agustus 2019 yang lalu. Metode pembayaran ini termasuk dalam metode pembayaran non tunai. Cara penggunaanya sendiri cukup mudah karena dapat dilakukan melalui aplikasi perbankan yang tersedia di Indonesia maupun melalui aplikasi bank digital. 

Namun untuk memahami mengapa QRIS itu sangat penting untuk pembayaran non tunai dan juga untuk bisnis Anda, ada beberapa hal yang harus kita pahami.

Mengapa QRIS penting?

Dengan dunia yang begitu terpengaruh oleh pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah-pemerintah di seluruh dunia mulai gencar mencari metode pembayaran yang jauh lebih baik daripada uang tunai untuk memungkinkan toko dibuka kembali. Ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa virus dapat menyebar melalui kontak fisik yang terjadi dalam transaksi tunai. Solusi pembayaran yang diusulkan  oleh pemerintah Indonesia tak lain adalah QRIS. Metode pembayaran ini bekerja hanya dengan memindai kode QR yang disediakan oleh setiap toko. Setelah anda memindai kode tersebut, anda dapat memasukkan jumlah yang harus Anda bayar. Ini adalah metode pembayaran yang sangat nyaman yang memiliki proses pengajuan yang relatif mudah untuk bisnis. Penggunaan QRIS dapat diartikan sebagai salah satu alasan utama untuk pertumbuhan monumentalnya yang berhasil mencapai lebih dari 316%  pengguna, terutama oleh bisnis-bisnis kecil di seluruh Indonesia.

Aspek penting lain dari tingkat adopsi QRIS yang mengesankan adalah berkat betapa mudahnya melakukan pembayaran dengan QRIS. Dengan sekitar 8,93 juta penjual atau merchant yang dilaporkan telah mengadopsi metode pembayaran ini, tingkat penggunaan QRIS diprediksi akan meningkat selama beberapa tahun ke depan. Ini terbukti dengan pernyataan dari Kepala Bank Indonesia yang memprediksikan bahwa pertumbuhan QRIS pada tahun 2021 akan berlipat ganda – cukup masuk akal jika kita juga memperhatikan tingkat penggunaan dari QRIS sendiri.

Faktanya, Indonesia cukup unik dalam kesiapannya untuk sepenuhnya merangkul metode pembayaran digital. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia untuk bisnis di seluruh negeri, mudah untuk melihat mengapa Indonesia sangat siap untuk akhirnya beralih ke alat transaksi tanpa uang tunai, terutama dengan generasi mudanya yang semakin paham teknologi dalam beberapa tahun terakhir.

Cara Menerima Pembayaran dengan QRIS

Berkat tingkat adopsi yang cepat, QRIS sekarang didukung oleh sebagian besar bank dan bekerja dengan aplikasi masing-masing. Artinya, sebagai pemilik bisnis, selama barcode Anda ditandai dengan logo QRIS, Anda dapat mulai menerima pembayaran yang dilakukan melalui QRIS.

Apa yang Anda butuhkan untuk membuat QRIS?

Nah, Anda akan membutuhkan barcode. Anda bisa mendapatkan barcode Anda melalui salah satu penyelenggara yang memegang lisensi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) dengan membuka rekening di mereka. Ini biasanya berarti Anda dapat pergi ke bank pilihan Anda dan meminta kode batang (barcode) untuk bisnis Anda, mengisi beberapa formulir, dan mulai menggunakan kode QRIS baru Anda.

QRIS dimaksudkan agar lebih mudah digunakan dan diatur daripada kebanyakan metode pembayaran lainnya. Penggunaan QRIS sendiri sudah menjadi salah satu metode pembayaran yang sangat disukai oleh pelanggan, khususnya dengan transaksi cashless yang telah berhasil tumbuh dan mencapai angka yang cukup mencengangkan yaitu sebesar 41,53% dari tahun ke tahun. Angka ini diprediksi akan tumbuh pada tingkat yang lebih cepat karena negara berpenduduk 277 juta ini mulai mengendalikan pandemi dan siap untuk segera kembali ke keadaan normal.

Anda juga dapat memilih untuk bekerja dengan agregator pembayaran untuk membantu Anda menerima pembayaran digital seperti QRIS. Salah satu opsi terbaik untuk semua solusi pembayaran Anda adalah Durianpay. Durianpay adalah agregator pembayaran yang tidak hanya membantu Anda menerima pembayaran QRIS tetapi juga mengeluarkan pengembalian uang, membuat tautan pembayaran yang dapat disesuaikan, serta memantau analitik Anda melalui antarmuka yang sangat ramah pengguna. Anda dapat mengimplementasikan Durianpay di situs Anda hanya melalui beberapa klik dan 10 menit dari waktu Anda! Kunjungi Durianpay.id untuk mempelajari lebih lanjut!