Payment Link: Peluang Maju Untuk Pebisnis Baru

Posted by

Dalam dunia bisnis online, khususnya di sektor pasar Indonesia, Anda akan menemukan bahwa pelanggan akan memiliki preferensi pembayaran yang berbeda. Mulai dari beberapa dompet digital yang terkenal seperti Gopay, OVO, dan Dana, hingga pembayaran ritel tradisional seperti Indomaret atau Alfamart dimana mereka dapat membayar dengan transaksi tunai. Inilah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan  sebagai pemilik bisnis online, terutama saat membangun situs Anda.

Hal ini sangat penting karena bekerja dengan penyedia pembayaran individu ini dapat menimbulkan masalah dalam jangka panjang terutama karena Anda harus mendaftarkan usaha Anda secara manual untuk menjalin kemitraan. Di sinilah payment link atau yang dikenal juga dengan tautan pembayaran ada untuk membantu membuat proses mendapatkan metode pembayaran yang Anda inginkan menjadi jauh lebih mudah.

Dengan pasar metode pembayaran yang sangat ramai, payment link adalah cara yang bagus bagi Anda untuk membantu merampingkan proses implementasi metode pembayaran yang sebelumnya sangat rumit menjadi jauh lebih mudah. Tapi apa sebenarnya payment link itu? Payment link adalah URL yang dapat Anda bagikan kepada pelanggan Anda yang akan mengarahkan mereka ke halaman khusus tempat mereka dapat memilih metode pembayaran yang paling mereka sukai. Ini bagus karena dengan menggunakan payment link, Anda akan membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan jika Anda memilih untuk mengintegrasikan semua metode tersebut secara manual. Cukup 1 link, untuk semua metode pembayaran.

Cara kerja payment link sebenarnya cukup sederhana, dan untungnya tidak ada aspek coding yang terlibat sehingga Anda tidak perlu mempekerjakan seseorang atau menghabiskan berjam-jam bekerja keras untuk membuatnya terintegrasi ke dalam situs Anda. Payment link bekerja melalui agregator pembayaran yang akan membantu Anda menghasilkan 1 link khusus yang dapat Anda bagikan kepada pelanggan. Ini berfungsi melalui metode copy dan paste yang sangat sederhana. Anda dapat meng-copy payment link Anda dan membagikannya ke pelanggan Anda sehingga mereka dapat memilih metode pembayaran yang mereka sukai. Beberapa payment aggregator juga memungkinkan Anda untuk mengatur jangka waktu berlakunya payment link. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengingatkan pelanggan, agar menyelesaikan pembayaran.

Mendapatkan payment link relatif mudah. Pertama, Anda harus menemukan agregator pembayaran untuk bekerja sama. Setelah Anda menemukan agregator pembayaran yang ingin Anda ajak bekerja sama, lanjutkan dan jelajahi situs web mereka untuk mengetahui apakah mereka memiliki kemampuan untuk menghasilkan payment link atau tidak karena tidak semua agregator pembayaran dapat melakukan ini.

Setelah Anda menemukan agregator pembayaran yang menawarkan semua fitur yang Anda suka, cukup buka dasbor mereka dan pilih semua metode pembayaran yang ingin Anda sertakan dalam payment link Anda termasuk semua akun virtual, dompet digital, kartu kredit, kartu debit, indomaret, dan alfamart, dan metode bayar lainnya. Setelah Anda memilih metode pembayaran yang Anda suka, Anda dapat melanjutkan dan membagikan URL yang berisi tautan pilihan pembayaran kepada pelanggan Anda. Semudah itu, dan tidak perlu waktu lama untuk menjalankannya. Anda dapat membagikan tautan ini melalui platform favorit Anda; WhatsApp, Facebook Messenger atau Line. Apapun yang Anda pilih, Anda dapat yakin bahwa payment link yang telah Anda bagikan ini akan selalu berfungsi apa pun yang terjadi.

Pelanggan Anda akan diarahkan ke halaman di mana mereka dapat memilih metode pembayaran yang mereka sukai. Dengan payment link, Anda tidak perlu meminta bukti pembayaran karena Anda dapat melacak semuanya melalui dasbor agregator pembayaran sambil memantau analitik bisnis Anda. Pemantauan ini juga dapat mempermudah anda untuk memverifikasi pembayaran tanpa harus cek mutasi dan menghindarkan bisnis Anda dari penipuan.

Salah satu pilihan bagus untuk semua kebutuhan pembayaran Anda adalah Durianpay. Dengan Durianpay, Anda dapat membuat payment link khusus yang dapat Anda bagikan kepada pelanggan Anda untuk proses pembayaran yang lebih nyaman. Anda juga dapat membuat halaman checkout yang disesuaikan selain membuat payment link, melihat pertumbuhan bisnis Anda melalui dasbor yang sangat mudah digunakan, mengeluarkan pengembalian uang, serta membuat dan memantau promosi Anda. Durianpay adalah solusi satu atap untuk semua kebutuhan pembayaran Anda. Kunjungi situs web Durianpay di https://durianpay.id untuk mempelajari lebih lanjut!