Memaksimalkan Sistem Transaski Non-Tunai Untuk Bisnis Anda

Posted by

Pandemi Covid-19 telah berhasil membuat kita berdiri semakin jauh dari satu sama lain karena kontak fisik sudah menjadi salah satu metode penyebaran paling cepat dan paling berbahaya. Cara baru untuk bergerak maju adalah solusi pembayaran non-tunai atau yang lebih dikenal dengan istilah cashless. Dengan semakin banyak jumlah penduduk di Indonesia yang mengadopsi pembayaran non-tunai untuk transaksi harian mereka, sebaiknya bisnis Anda tidak hanya mengadopsi metode pembayaran ini, tetapi juga mengoptimalkan penggunaannya. Tapi bagaimana tepatnya Anda melakukannya?

Riset opsi Anda

Anda perlu melakukan riset. Coba lihat metode pembayaran yang telah mendapatkan review positif dari pasar. Sebanyak apa penggunanya? Apakah orang-orang suka menggunakannya? Sebuah studi baru-baru ini oleh Rapyd melaporkan bahwa kartu debit sekarang hanya disukai oleh sekitar 5,2% konsumen. Ini berarti hanya menyediakan pembayaran dengan kartu debit untuk bisnis Anda bukanlah hal yang bijaksana untuk dilakukan.

Jika Anda berpikir untuk menggunakan uang tunai sebagai metode pembayaran primer anda, maka Anda mungkin juga harus berpikir ulang. Karena meskipun orang sering mengatakan bahwa “uang tunai adalah raja”, kenyataannya berdasarkan studi tersebut, hanya sekitar 2,8% konsumen yang menggunakan metode ini. Sisanya, sebanyak  69% responden yang lebih memilih opsi pembayaran tanpa uang tunai seperti OVO dan GoPay. Dengan mengingat hal tersebut, mengoptimalkan metode pembayaran tanpa uang tunai akan menjadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan cashflow bisnis Anda.

Menggunakan Payment Aggregator yang Sesuai

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah bekerja sama dengan payment aggregator. Kecuali jika Anda ingin repot-repot menyiapkan setiap metode pembayaran secara terpisah, bekerja dengan payment aggregator adalah cara terbaik bagi Anda. Payment aggregator seperti Durianpay dapat membuat pemilik bisnis menjadi jauh lebih terbantu berkat mudahnya menyiapkan dan mengimplementasikan layanan mereka untuk segala keperluan bisnis. Yang diperlukan hanyalah beberapa klik dan 10 menit dari waktu Anda untuk menyiapkan layanan lengkap dari Durianpay.

Banyak pilihan agregator pembayaran yang tersedia untuk pemilik bisnis, kerenanya memilih agregator pembayaran yang sesuai sangatlah penting. Beberapa payment Aggregator tidak memberi bisnis Anda fungsionalitas yang Anda butuhkan. Idealnya, Anda harus melihat bagaimana ulasan untuk layanan Payment Aggregator sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang seperti apa bekerja dengan mereka.

Payment aggregator pada umumnya mempunyai jauh lebih banyak fitur selain menyediakan metode pembayaran yang banyak dibandingkan Payment Gateway. Fitur seperti Dashboard utama dimana Anda bisa melihat analitik penjualan merupakan salah satu fitur yang sudah mulai diimplementasikan oleh banyak payment aggregator. Karena pentingnya fitur dashboard ini, kemudahan penggunaannya juga harus menjadi salah satu hal yang anda perhatikan saat memilih payment aggregator. Invoicing juga sudah menjadi salah satu fitur yang mulai banyak ditawarkan oleh payment aggregator. Fitur ini mempermudah proses pengiriman faktur untuk anda dan bisnis anda, apalagi jika anda harus mengatur beberapa transaksi dalam hari yang sama.

Fitur Refund juga merupakan hal lain yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menentukan aggregator pembayaran yang sesuai. Meskipun pengembalian uang tidak ideal, namun hal itu memang terjadi. Inilah sebabnya mengapa Anda harus selalu memeriksa apakah payment aggregator Anda mendukung pengembalian uang atau tidak.

Anda juga harus memeriksa apakah payment aggregator pilihan Anda dapat membantu membuat dan mengelola promosi-promosi bisnis Anda. Ini sedikit rumit karena jika agregator pembayaran Anda tidak mendukung promosi maka Anda akan kesulitan menarik pelanggan baru karena jujur ​​​​saja, siapa yang tidak suka promosi? Studi dari Retail Me Not melaporkan bahwa promosi-promosi tidak Hanya berdampak kepada pelanggan baru, tetapi juga berdampak kepada setiap aspek pengalaman berbelanja.

Salah satu pilihan terbaik adalah Durianpay. Dengan Durianpay, Anda dapat memilih metode pembayaran yang ingin Anda tampilkan di halaman checkout Anda. Durianpay juga memungkinkan Anda memiliki metode bayar yang lengkap seperti virtual account, kartu debit, kartu kredit, dan pembayaran ritel. Tak hanya itu, Durianpay juga mendukung semua pemain utama di pasar e-wallet Indonesia. Banyaknya pilihan yang ditawarkan tentu membuat kehidupan pelanggan Anda jauh lebih nyaman. Semakin nyaman pelanggan, maka kemungkin pelanggan untuk memproses, mengosongkan cart belanja mereka dan menyelesaikan pembayaran.

Anda bisa mencari tahu lebih lengkap tentang bagaimana Payment Agreggator membantu bisnis Anda dengan klik disini!