Apa Itu Payment Gateway?

Posted by

Indonesia, dengan populasi 270 juta jiwa, merupakan salah satu pasar e-commerce terbesar di dunia. Meskipun hanya sekitar 69% dari populasinya yang memiliki akses ke internet, Indonesia telah memperoleh US$33 miliar pada tahun 2020 melalui pasar e-commerce saja, yang berhasil mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pasar e-commerce paling berharga di Asia Tenggara. Hal ini juga diikuti dengan munculnya payment gateway di pasar Indonesia, yang semuanya bertujuan untuk membuat prosesnya menjadi lebih lancar dan sesederhana mungkin. Tapi apa sebenarnya peyment gateway itu dan mengapa Anda harus menggunakannya? Mari kita uraikan.

Pengertian Payment Gateway

Payment gateway, atau payment aggregator adalah perusahaan yang menyediakan teknologi untuk meng-capture dan mentransfer data pembayaran dari pelanggan ke pedagang dan menentukan penerimaan atau penolakan transaksi tersebut kembali ke pelanggan. Dalam istilah awam, payment gateway pada dasarnya adalah perantara antara Anda dan pelanggan Anda yang memastikan bahwa transaksi telah dan akan dilakukan dengan aman. Layanan ini sangat berguna untuk Bisnis-bisnis online yang mulai berkembang karena dapat menyederhanakan kebutuhan akan perangkat lunak. Sekarang yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih payment gateway untuk menyediakan semua layanan yang Anda perlukan dengan sedikit biaya sehingga Anda dapat fokus mengembangkan bisnis Anda.

Mengapa Anda membutuhkan Payment Gateway?

Seperti layaknya semua hal yang dilakukan melalui internet, akan selalu ada sejumlah persentase risiko yang terlibat, apalagi saat memproses pembayaran. Pencurian identitas adalah salah satu bentuk penipuan pembayaran yang paling umum. Hal ini membuat ketersediaan layanan pembayaran yang aman, terjamin, dan andal menjadi sangat penting karena layanan tersebut dapat membantu Anda menyelesaikan masalah-masalah tersebut sehingga pelanggan Anda dapat berbelanja dengan nyaman, mengetahui bahwa identitas digital mereka tidak akan hilang dalam prosesnya.

Di sinilah payment gateway berperan penting. Payment gateway akan selalu memiliki sistem anti-penipuan atau anti-fraud yang dibangun langsung ke dalam layanan mereka. Hal ini tidak hanya membuat layanan payment gateway menjadi lebih andal, tetapi juga membantu pemilik bisnis karena sebagian besar dari perusahaan-perusahaan tersebut akan memiliki tim customer support yang selalu siap membantu dengan semua pertanyaan dan keluhan Anda. Dengan payment gateway seperti Durianpay, contohnya, pengguna dapat melakukan lebih dari sekadar meng-capture dan mentransfer pembayaran.

Gerbang pembayaran juga merupakan cara yang bagus untuk membantu Anda menyediakan lebih banyak metode pembayaran ke toko Anda. Pilihan-pilihan seperti kartu kredit, kartu debit, transfer bank, akun virtual, dan berbagai pilihan e-wallet maupun pembayaran melalui gerai ritel seperti Indomaret dan Alfamart. Dengan payment gateway, kini Anda dapat memberikan pelanggan Anda daftar metode pembayaran yang sangat lengkap dan memberikan kepada pelanggan pilihan-pilihan pembayaran yang paling nyaman untuk mereka.

Dengan Durianpay, Anda tidak hanya dapat menerima dan menyelesaikan transaksi, tetapi Anda juga dapat mengembalikan uang pelanggan Anda secara real-time tanpa kesulitan. Durianpay adalah one-stop solution untuk semua kebutuhan pembayaran Anda dimana Anda dapat mengelola promosi Anda, membuat tautan pembayaran custom, menyesuaikan halaman checkout Anda agar sesuai dengan visi brand Anda, serta memantau analitik Anda, yang menjadikannya pilihan terbaik untuk Anda dan bisnis Anda. Layanan ini sangat menghemat waktu, energi, dan usaha Anda, yang berarti Anda dapat mengalokasikan hal-hal itu kembali ke bisnis Anda. Kunjungi situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut!