Cara Optimasi Proses Checkout Supaya Toko Online Makin Cuan

Posted by

Banyak yang beranggapan bahwa menjalankan bisnis online itu mudah. Cukup duduk  dari rumah, kendalikan semuanya melalui gadget, maka operasional akan berjalan dengan sendirinya. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Banyak aspek yang harus dipikirkan oleh para pelaku bisnis online untuk memaksimalkan penjualannya, seperti mengoptimalkan digital marketing atau memikirkan inovasi produk agar tidak kalah bersaing dengan para kompetitor.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada satu proses yang sekilas terlihat tidak begitu penting untuk dipikirkan namun ternyata bisa menjadi langkah penentu dalam meningkatkan omzet penjualan toko online Anda? Proses itu adalah checkout. Jika diartikan, proses checkout adalah adalah proses di mana terjadinya kegiatan transaksi antara toko Anda dengan pelanggan yang ingin membeli produk atau jasa yang dijual.

Proses checkout ini menjadi penting karena di sinilah tempat dibuatnya keputusan apakah para pelanggan membeli produk Anda. Jika pada proses checkout ini toko online Anda mengalami masalah atau terlalu rumit, kemungkinan besar pelanggan akan mengurungkan niatnya dan mencari alternatif toko lain sebagai solusi. Oleh karena itu, pastikan bahwa proses checkout yang tersedia pada toko online Anda selalu bisa berjalan lancar dan tidak menimbulkan gangguan yang bisa menganggu bisnis Anda.

Nah, karena di atas telah dijelaskan pentingnya proses checkout, maka ini saatnya bagi Anda untuk tahu lebih dalam lagi seputar cara-cara yang bisa dilakukan agar proses checkout yang diterapkan bisa optimal.

1. Sediakan Informasi Rangkuman Pesanan

Setelah konsumen memilih-milih produk yang diinginkan dan memasukkannya ke dalam keranjang belanja, Anda perlu menampilkan informasi rangkuman dari barang-barang yang mereka akan beli. Fungsinya adalah untuk mengingatkan mereka bahwa barang yang dibeli dan apakah alamat yang dituju sudah sesuai. Selain itu, proses ini juga dapat menimbulkan perasaan aman bagi para pelanggan karena risiko salah membeli bisa terminimalisir. Bukan hanya itu saja, penyediaan informasi ini pun bisa meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap toko online Anda.

2. Berikan Tampilan yang Dinamis dan Sesuai dengan Persona Toko Anda

Branding yang kuat dan unik memang penting bagi setiap bisnis. Ada banyak manfaat yang bisa ditimbulkan dari penerapan branding yang baik dan benar. Misalnya seperti membuat tampilan toko online Anda semakin menarik, meningkatkan reputasi toko Anda, menunjukkan sebuah profesionalisme, dan bisa meningkatkan omzet penjualan Anda.

Sekarang kita ambil contoh, ada toko penjual baju A dan B. Toko A menjual baju-baju yang berkualitas impor dan menaruh harga jual yang tinggi. Kemudian Toko B, menjual baju-baju lokal yang kualitasnya juga tidak berbeda jauh dengan impor, namun harga jualnya cenderung lebih rendah. Tapi, toko A tidak mempunyai branding yang kuat. Toko A mendesain logo tokonya asal-asalan, memakai warna-warna yang tidak estetika, dan semua media sosialnya memiliki tone, mood dan style yang berbeda. Sebaliknya, toko B justru sangat memikirkan branding ini, ia mendesain logonya sebaik mungkin, menggunakan warna-warna yang merepresentasikan brandnya dengan baik hingga menimbulkan kesan luar biasa di pikiran konsumen.

Nah, kebanyakan orang pasti akan memutuskan untuk membeli di toko B walaupun barangnya tidak sebagus toko A karena branding yang ditampilkan oleh toko B sangat kuat sehingga mampu menggeser kompetitornya. Inilah yang harus dilakukan dengan halaman checkout di bisnis Anda. Walaupun halaman ini terlihat sepele, mendesainnya menjadi sesuatu yang menarik dan sesuai dengan persona brand Anda akan menimbulkan kesan yang bagus bagi calon pelanggan. Mereka akan cenderung lebih mempercayai toko online Anda, dan lebih nyaman saat berbelanja. Hingga pada akhirnya akan memilih untuk bertransaksi di toko Anda.

3. Sediakan Banyak Opsi Pembayaran

Menurut laporan dari katadata, penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 212,35 juta jiwa dan 87%-nya sudah membeli produk atau jasa secara online. Ini artinya ada banyak konsumen di Indonesia yang memanfaatkan internet sebagai media untuk mereka melakukan transaksi. Sementara, kita juga tahu bahwa di Indonesia saat ini sudah terdapat puluhan bank dan e-wallet yang bisa digunakan oleh masyarakat. 

Lalu pelajaran apa yang bisa diambil oleh toko online Anda? Sederhana saja, ini berarti Anda harus menyediakan banyak sekali opsi pembayaran untuk melayani konsumen-konsumen yang ada di Indonesia. Jangan sampai Anda hanya menyediakan satu atau dua opsi pembayaran bagi mereka karena hal ini bisa menimbulkan risiko terjadinya gagal checkout. Berikan kebebasan kepada konsumen Anda untuk bebas memilih metode pembayaran apa yang mereka inginkan, apakah itu melalui transfer bank A, credit card bank B, e-wallet C, dan lain sebagainya.


Sekarang pertanyaannya adalah apakah Anda bisa memenuhi ketiga hal tersebut atau tidak? Jawabannya adalah bisa namun dengan bantuan dari Durianpay. Melalui Durianpay, Anda bisa mengkostumisasi halaman checkout Anda sebebas-bebasnya. Mulai dari menyediakan opsi pembayaran dengan lebih dari puluhan bank dan e-wallet di Indonesia hingga pembuatan payment link untuk mempermudah transaksi-transaksi yang muncul pada toko online Anda.

Anda tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana cara bekerja sama dengan pihak bank atau berbagai e-wallet populer, semua sudah ter-cover oleh Durianpay. Jadi, Anda bisa lebih fokus untuk memikirkan bisnis Anda ke depan. Hemat waktu, hemat tenaga, hemat pikiran.

Kesimpulannya, hal-hal kecil yang terlihat sepele ternyata bisa memberikan dampak besar bagi keberlangsungan bisnis Anda. Proses checkout yang hanya dikunjungi selintas oleh para pelanggan ternyata memiliki andil dalam membuat keputusan sebuah transaksi. Oleh karena itu, Durianpay bisa jadi solusi yang sangat tepat.