5 Alasan Mengapa Anda Harus Beralih ke Bisnis Online

Posted by

Di zaman yang sudah serba maju ini, internet telah mengubah gaya dan cara kita beraktivitas. Dengan segala kemudahan, kita dimanjakan dengan layanan-layanan praktis dan interaktif. Sebelum internet muncul, telepon dan berkirim surat menjadi solusi bagi mereka yang ingin berkomunikasi dengan orang secara jarak jauh. Namun setelah ada internet, semua tergantikan dengan aplikasi messenger, media sosial, atau video conference. Begitu juga dengan kebiasaan berbelanja masyarakat. Bila sebelumnya nyaman bertransaksi secara konvensional, kini masyarakat lebih nyaman memanfaatkan layanan belanja online.

Melihat fenomena ini, masyarakat mulai memanfaatkan media internet untuk memulai usaha secara online. Besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia membuat para pemilik usaha semakin tergiur untuk mencoba menjajakan produk atau jasanya di dunia digital.

Sebagai pemilik usaha, Anda bisa melihat hal ini sebagai momentum untuk meningkatkan omzet penjualan. Luwes, inovatif, dan berpikiran terbuka menjadi sifat yang wajib dimiliki pelaku usaha agar tetap bisa mengikuti perkembangan. Namun, jika Anda masih ragu dan sedang mencari alasan kuat mengapa bisnis Anda harus beralih ke bisnis online, maka artikel ini benar-benar tepat untuk Anda. Karena di sini akan dibahas 5 alasan utama mengapa bisnis Anda harus mulai beralih ke ranah online.


1. Peluang Untung Lebih Besar

Mengutip dari laporan katadata, penetrasi internet Indonesia pada akhir Maret 2021 telah mencapai 212.35 juta jiwa. Mendukung hal tersebut, data dari hootsuite mengatakan bahwa 93% pengguna internet mencari produk atau jasa secara online dan sebesar 87% membelinya secara online. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pasar online punya peluang yang besar untuk transaksi yang lebih besar.

Itulah mengapa berjualan di ranah online bisa menghasilkan keuntungan besar bagi pertumbuhan bisnis Anda. Jika berhasil memanfaatkan toko online dengan benar, maka potensi produk Anda dikenal akan meningkat. Seiring dengan hal tersebut, transaksi pun akan meningkat.

2. Bisa Diakses Kapan Saja, Di Mana Saja

Apa yang tersedia di internet dapat diakses kapanpun kita mau, 24/7. Karenanya, calon pelanggan bisnis Anda juga tidak memiliki batasan waktu saat ingin melihat-lihat produk, mencari tahu atau membeli sesuatu di toko Anda. Mereka tak perlu membuang waktu untuk datang ke toko offline karena di internet, jarak tak akan pernah menjadi hambatan.

3. Hemat Biaya

Berbeda dengan toko offline yang mengharuskan Anda menyewa tempat untuk melangsungkan operasional penjualan, toko online tidak akan membuat Anda mengeluarkan banyak uang.

Anda bisa mulai berjualan melalui e-commerce yang tidak memungut biaya untuk membuka toko online. Kemudian, dilanjutkan dengan membuat akun media sosial khusus untuk bisnis Anda. Seperti di Instagram, Facebook atau Twitter yang tentunya tanpa dikenakan biaya apapun. Selain itu, Anda juga bisa berjualan melalui aplikasi messenger seperti WhatsApp atau Telegram yang juga gratis.

Namun, jika mempunyai modal yang cukup, Anda bisa membangun sebuah situs sebagai pusat informasi dan penjualan. Khusus untuk ini, memang ada biaya yang harus dikeluarkan. Tapi jangan khawatir, biaya ini bisa dibilang sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan nantinya. Karena dengan adanya situs, toko online Anda akan mempunyai kredibilitas yang tinggi di mata calon konsumen. Anda mempunyai satu sumber informasi yang lengkap, dengan nama domain yang sesuai dengan nama brand Anda. Selain itu, informasi seputar produk bisa selalu Anda update untuk dibagikan kepada konsumen.

4. Memudahkan Transaksi

Mungkin bagi sebagian orang berjualan online terdengar rumit karena harus menyediakan berbagai sistem pembayaran online. Menyediakan berbagai opsi pembayaran terasa merepotkan karena harus bekerja sama dengan berbagai e-wallet, banyak bank terkemuka, dan melengkapi syarat dan ketentuan yang diatur masing-masing pihak.

Memang benar jika Anda ingin beralih ke bisnis online sebaiknya menyediakan banyak opsi sistem pembayaran. Tapi jika bicara repot, tentu kenyataannya tidaklah demikian. Cukup bekerja sama dengan Durianpay sebagai payment gateway bisnis Anda, maka semuanya bisa jadi lebih mudah.

Durianpay adalah solusi pembayaran modern yang akan membantu pemilik bisnis dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Durianpay hadir dengan berbagai fitur yang menarik dan sayang jika dilewatkan, seperti penyediaan opsi metode pembayaran, penyediaan informasi aktivitas pelanggan dan insight bisnis dan pembuatan skema untuk membuat promo. Selain itu, terdapat fitur penyediaan payment link di messenger dan media sosial untuk bisnis rumahan. Untuk memudahkan pemilik bisnis mengirim dana, terdapat fitur disbursement di mana pelaku bisnis bisa melakukan transfer ke banyak bank hanya dengan satu langkah.

5. Promosi Lebih Praktis

Jika Anda masih membuka toko offline, promosi Anda terbatas hanya pada aset yang statis. Misalnya melalui spanduk, banner, neon box, flyer, brosur dan media fisik lainnya. Berbeda dengan online, Anda bisa lebih luwes dalam mempromosikan bisnis. Anda bisa beriklan melalui media sosial Facebook. Dengan menggunakan iklan di Facebook, Anda bisa menyasar calon konsumen sesuai dengan kriteria yang diinginkan, mulai dari umur, letak geografis, kesukaannya, dan hal-hal lain yang lebih spesifik.

Selain itu, Anda pun bisa mempromosikan produk Anda melalui influencer-influencer dengan sistem endorsement. Anda hanya perlu menemukan influencer yang tepat dan cocok dengan bersona brand Anda.


Nah, itulah tadi 5 alasan penting mengapa sebuah bisnis harus beralih dari offline ke online. Sekarang, keputusan ada di tangan Anda. Apakah Anda akan tetap bertahan untuk berjualan di media offline di tengah kondisi yang tidak pasti, atau Anda akan mencoba untuk memulai terobosan baru untuk merambah bisnis online?