UMKM Jangan Takut! Buat Bisnismu Berkembang dengan 5 Strategi Ini

Posted by

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak setahun lalu nampaknya masih cukup memberikan imbas besar pada sebagian masyarakat. Munculnya banyak pemberitaan seputar pemutusan hubungan kerja karyawan menjadi bukti bahwa masyarakat masih mengalami dampak buruk dari kondisi pandemi yang panjang ini.

Memang kondisi saat ini belum bisa dibilang stabil, tapi hidup tetap harus berlanjut. Mereka yang terkena PHK pada akhirnya harus memutar otaknya mencoba mencari penghasilan agar dapat bertahan di tengah pandemi. Lalu, yang terjadi berikutnya adalah keputusan mereka untuk mencoba profesi baru di mana mereka tidak wajib terikat dengan orang lain, yaitu menjadi seorang wirausaha.

Hal ini tentu membuat persaingan UMKM menjadi semakin ketat dan sengit, para pemilik usaha kini berlomba-lomba dalam mengasah kreativitas mereka agar mampu menarik pembeli sebanyak-banyaknya. Sayangnya, menjalankan sebuah usaha tidak semudah membalikan telapak tangan. Tidak semua UMKM ini kuat menghadapi persaingan yang cepat. Beberapa akhirnya malah harus gulung tikar agar tetap bisa selamat dari kerugian besar.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa strategi jitu agar para pelaku UMKM bisa meraih keuntungan dan mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi dengan tujuan memenangkan persaingan pasar yang padat, baik secara lokal maupun global.

1. Fokus Pada Produk

Ini adalah hal paling dasar yang harus anda pikirkan terlebih dahulu. Pikirkan produk seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat. Tentukan juga beberapa poin yang bisa menjadi dasar pertimbangan anda dalam menentukan produk untuk dijual. Misalnya seperti apakah produk ini menarik, apakah produk ini inovatif, apakah produk ini punya manfaat, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak yakin dengan poin yang sudah anda rumuskan, anda bisa mulai mencari data real di lapangan dengan melakukan riset atau sampling. Cobalah tanya beberapa kerabat anda melalui media sosial dengan membuat polling kecil-kecilan atau memancing dengan sebuah topik diskusi. Ini bisa jadi cara yang cocok untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan dari relasi dan kerabatmu di dunia maya.

Setelah melakukan hal tadi, maka langkah berikutnya adalah menemukan formula yang bisa membedakan produk anda dengan produk yang sudah ada di pasaran. Pastikan produk anda mempunyai Unique Selling Point (USP). Misalnya, anda berniat menjual es kopi susu. Namun, sudah banyak usaha lain yang terjun di industri ini. Alih-alih mengikuti output produk yang serupa, cobalah untuk memodifikasi sedikit produknya. Sebagai contoh, buat es kopi susu berbeda dengan dilengkapi potongan cincau di dalamnya. Tapi anda harus tetap ingat bahwa inovasi tersebut harus relevan dan cocok dengan selera dari calon pelanggan.

2. Tentukan Harga dengan Cermat

Dalam menentukan harga jual suatu produk, anda harus menghitung total biaya operasional yang sudah dikeluarkan dalam menjalankan bisnis anda terlebih dahulu. Jangan tergoda untuk memberikan harga lebih murah kepada konsumen hanya karena ingin produk anda laris di pasaran.

Untuk menentukan harga ini, Anda juga bisa menggunakan cara riset seperti yang dilakukan pada poin sebelumnya. Cobalah lihat kompetitor yang bergerak pada bidang yang sama dengan anda. Lihat kualitasnya dan harga yang ditawarkan, lalu pelajari kembali bagaimana anda bisa memenangkan persaingan dari mereka. Misalnya, membuat kualitas produk yang anda jual lebih baik, namun menawarkan harga jual yang lebih rendah. Cara ini mungkin kelihatan mustahil, namun jika anda bisa menemukan vendor, bahan baku, atau faktor penunjang lain untuk menekan cost produksi dan operasional, seharusnya hal ini sangat mungkin bisa untuk implementasikan. Terlebih lagi jika anda mempunyai unique selling point yang membuat produk anda bisa lebih menonjol dari produk sejenis di pasaran. Semahal apapun produk anda, konsumen akan tetap mempertimbangkan dan pada akhirnya memilih membeli produk anda.

Satu hal yang perlu diingat, pastikan bahwa harga yang anda tawarkan sudah dihitung dengan tepat atas pertimbangan ongkos dari bahan baku, biaya produksi, gaji karyawan, biaya maintenance toko, dan biaya operasional lainnya. Jangan sampai bisnis anda mengalami kerugian hanya karena ingin bersaing harga. Untuk catatan tambahan, berikut rumus yang bisa anda pakai untuk menentukan harga jual produk:

Harga Jual= Bahan Baku Modal + (Bahan Baku Modal x Markup)

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Bisnis tidak akan berkembang jika Anda salah menilai potensi tempat penjualan anda. Oleh karena itu, pemilihan lokasi sangatlah penting untuk menentukan berkembang atau tidaknya bisnis anda ke depan, baik itu untuk pembukaan toko pertama atau pembukaan cabang. 

Nah, untuk menentukan lokasi yang tepat, anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Akses, pastikan bisnis Anda bisa terjangkau oleh calon konsumen dengan mudah
  • Sesuai, pastikan area tersebut memang dikelilingi oleh target pasar Anda, jika Anda menargetkan mahasiswa, maka buatlah usaha di daerah kampus atau kos-kosan
  • Aman, pastikan tempat Anda terjamin keamanannya, mulai dari izin, surat-surat dan semua persyaratan hukum lainnya benar-benar lengkap

Selain itu, cara menentukan lokasi seperti yang dijelaskan di atas juga bisa diterapkan, saat anda ingin mencoba platform digital sebagai lokasi usaha anda. Misalnya, anda ingin berjualan tas handmade wanita tapi belum mengetahui platform apa yang sebaiknya digunakan, apakah sebaiknya berpusat di situs, di e-commerce atau di media sosial. Anda bisa dicari tahu dengan melakukan riset kecil seperti strategi sebelumnya.

4. Maksimalkan Promosi

Promosi adalah langkah kecil namun penting yang harus anda jalankan untuk mengenalkan usaha atau memperlebar sayap bisnis anda. Sebaiknya, pelajari dulu mana saja titik-titik yang menjadi tempat berkumpulnya target pasar anda. Pelajari juga kebiasaan-kebiasaan dan interest mereka. Setelah sudah memahami dan menganalisa semuanya, barulah anda bisa mulai dengan membuat promosi yang benar-benar bisa menarik calon konsumen agar lebih tertarik untuk membeli produk anda.

Misalnya, anda menjual tas handmade wanita yang target pasarnya adalah wanita karir yang selalu disibukkan oleh pekerjaan dan urusan rumah. Anda bisa mulai promosi melalui Whatsapp blast di pagi hari, karena orang-orang tersebut biasanya akan mengecek chat-chat yang masuk pada pagi hari. Anda juga bisa mengiklankan usaha melalui media sosial seperti Instagram di siang hari. Ini bertujuan untuk menyasar mereka yang membuka media sosial di tengah waktu istirahat kerjanya.

5. Mengikuti Tren

Di era digital seperti sekarang, wajib untuk mengikuti perkembangan tren yang ada. Mengapa? Karena ini akan membantu dalam mempermudah proses bisnis yang anda jalankan dan membuat anda dapat mengenal konsumen lebih baik lagi.

Sebagai contoh, saat ini tren yang sedang berjalan adalah teknologi yang dapat mempermudah urusan usaha dari sesuatu yang rumit menjadi sesuatu yang praktis. Katakanlah untuk soal administrasi, anda bisa mulai menggunakan software-software sederhana yang tersedia di internet atau bekerja sama dengan beberapa platform. Dalam hal komunikasi, aplikasi chat atau video conference yang ada pada smartphone juga bisa anda manfaatkan untuk menghubungkan anda dengan karyawan, atau menjalin relasi baik dengan para konsumen. Terakhir, untuk urusan transaksi, anda bisa mulai melirik payment gateway sebagai salah satu metode yang memudahkan pembayaran konsumen dan perhitungan keuangan.

Singkatnya, payment gateway adalah suatu sistem pembayaran yang mampu membantu penjual dan pembeli melakukan transaksi secara online dengan menyediakan berbagai opsi pembayaran. Seperti transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet, ataupun melalui gerai-gerai minimarket.

Payment gateway adalah jalan pintas bagi Anda yang tidak ingin repot-repot melakukan segala sesuatunya secara manual. Anda tidak perlu lagi bekerja sama dengan satu persatu penyedia e-wallet, atau menghubungi bermacam-macam pihak bank untuk menyediakan opsi pembayaran di usaha anda. Semua sudah tercover oleh satu payment gateway.

Tapi, tahukah anda bahwa hanya ada satu payment gateway yang mampu menawarkan lebih dari pada yang telah dijelaskan sebelumnya? Durianpay hadir sebagai payment gateway yang mampu membantu anda lebih dari sekadar menyediakan opsi pembayaran ke berbagai bank atau institusi keuangan di seluruh Indonesia. Melalui Durianpay, anda sebagai pelaku UMKM bisa mendapatkan informasi yang benar-benar bermanfaat bagi perkembangan bisnis anda dengan fitur dashboard durianpay. Fitur ini berisi informasi analisis konsumen dan pencatatan transaksi bisnis secara terperinci.

Bukan hanya itu saja, Durianpay juga menyediakan fitur untuk pembuatan promo-promo dengan skema yang menarik agar bisnis anda bisa lebih dilirik oleh lebih banyak mata. Menarik, ya?


Itulah beberapa strategi penting yang bisa anda lakukan agar pelaku UMKM seperti anda bisa terus maju dan meraih keuntungan maksimal di tengah persaingan usaha yang cukup ketat. Memang, menjalankan usaha tidak hanya semudah teori, tapi jika teori yang anda miliki bisa dipraktikkan dengan tepat, usaha anda pasti tidak akan pernah tamat.