Alasan Mengapa Payment Gateway Bisa Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Posted by

Sebagai pemilik bisnis online, memikirkan bagaimana proses anda memasarkan produk atau jasa Anda memang menjadi hal yang utama. Namun, pernahkah anda memikirkan proses pembayarannya? Padahal, proses pembayaran ini menjadi salah satu area yang vital dalam menjamin suksesnya anda dalam berbisnis.

Proses pembayaran yang sulit dan tidak efisien justru dapat memberikan kesan yang buruk terhadap bisnis anda secara keseluruhan. Misalnya, saat konsumen ingin membayar suatu barang, toko online anda hanya menerima pembayaran melalui satu rekening bank saja sementara rekening bank yang ia miliki berbeda dengan yang tersedia di toko anda. Contoh lainnya adalah jika toko online anda menawarkan langkah yang bertele-tele dalam menyelesaikan proses pembayaran, seperti harus mengunduh bukti transfer dan mengisi berbagai form terlebih dahulu.

Jika hal seperti itu terjadi, rasa enggan untuk membeli malah berisiko untuk muncul, dan tentunya akan berujung kepada gagalnya transaksi. Karenanya, memasang payment gateway bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut dan pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari pengertian payment gateway, cara kerjanya, hingga manfaatnya bagi bisnis Anda.

Pengertian Payment Gateway

Menurut definisinya, payment gateway adalah suatu sistem pembayaran yang mampu membantu para penjual dan juga pembeli dalam melakukan transaksi secara online baik menggunakan transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet ataupun melalui gerai-gerai di minimarket.

Saat ini, belanja online rasanya sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, para pelaku industri juga harus mulai beradaptasi dengan tren yang ada agar bisnisnya bisa terus berkembang, salah satu caranya adalah dengan menerapkan proses pembayaran menggunakan payment gateway

Jika kita lihat kembali ke satu dekade lalu, mungkin istilah payment gateway ini masih sangat jarang terdengar. Namun, semakin berkembangnya teknologi dan situs-situs belanja online, peranan payment gateway kini sudah banyak sekali kita temukan di berbagai sektor industri, mulai dari bisnis online kecil, hingga e-commerce raksasa.

Cara Kerja Payment Gateway

Meskipun istilah ini masih terbilang baru di telinga kita dan menampilkan kesan cara kerja yang rumit, sebenernya cara kerja payment itu cukup sederhana. Jika kita urutkan langkahnya, kurang lebih beginilah gambarannya:

1. Konsumen Bertransaksi

Awalnya, konsumen akan memilih produk yang diinginkan kemudian memutuskan untuk membeli hingga masuk ke opsi pembayaran.

2. Informasi Pembayaran Diteruskan

Payment gateway akan meneruskan informasi yang berasal dari keputusan pemilihan opsi pembayaran konsumen kepada institusi keuangan atau bank terkait. Misalnya, konsumen ingin membayar menggunakan transfer bank A, maka payment gateway akan menyampaikan informasi kepada bank A tersebut.

3. Asosiasi Penerbit Menerima Informasi

Setelah itu institusi atau bank terkait akan menyampaikan informasi terjadinya payment gateway kepada asosiasi penerbit kartu.

4. Transaksi Berhasil

Setelah semua informasi dikonfirmasi dan terbayarkan, payment gateway akan mengubah status pembayaran konsumen menjadi lunas. Kemudian, payment gateway akan meneruskan informasi ke toko online dan transaksi jual beli pun sukses dilakukan.

Semua proses di atas hanya berlangsung selama beberapa detik saja! Cepat dan praktis, bukan?

Setelah kita mengetahui pengertian dan cara kerjanya, sekarang mari kita lihat manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari payment gateway ini.

Manfaat Payment Gateway Bagi Bisnis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, payment gateway memiliki banyak sekali manfaat untuk pemilik bisnis online seperti anda yang nantinya tentu akan berujung pada peningkatan penjualan dan melimpahnya keuntungan. Berikut adalah 5 manfaat yang bisa anda dapatkan.

1. Menyediakan Metode Pembayaran yang Variatif

Hal ini penting karena akan memudahkan setiap konsumen ketika berbelanja di toko online anda, karena konsumen memiliki banyak pilihan ketika hendak melakukan pembayaran.

Sekarang anggap anda memiliki 10 calon konsumen dalam suatu waktu, 3 di antaranya memakai rekening bank A, 2 lagi memakai rekening bank B, 4 orang berikutnya menggunakan kartu kredit C, lalu 1 orang lagi hanya bisa membayar melalui e-wallet D. 10 orang tersebut tertarik untuk membeli produk anda, namun saat hendak melakukan pembayaran, mereka tidak menemukan metode pembayaran yang mereka inginkan karena toko online anda hanya menyediakan pembayaran melalui rekening bank E.

Dampaknya, 10 calon konsumen anda akan mengurungkan niat membeli mereka di toko online anda dan beralih ke kompetitor yang telah menyediakan payment gateway sebagai proses pembayarannya sehingga dapat menampung semua metode pembayaran orang-orang tersebut.

Dengan kata lain, payment gateway adalah dapat membantu bisnis Anda untuk meraih konversi sebanyak-banyaknya. Hal ini juga didukung dengan hasil riset yang telah dilakukan oleh suatu lembaga payment luar negeri. Riset tersebut menyatakan bahwa jumlah konversi sebuah bisnis bisa meningkat hingga lima kali lipat jika bisnis tersebut menggunakan payment gateway yang setidaknya memberikan empat opsi pembayaran online.

Mungkin ada beberapa di antara anda yang masih bingung bagaimana untuk memulai menyediakan payment gateway ini dan tidak sempat untuk mencari tahu payment gateway terbaik seperti apa yang cocok untuk bisnis anda.

Jangan khawatir, Anda bisa mulai bekerja sama dengan Durianpay. Satu platform yang menyediakan banyak opsi pembayaran online dan siap untuk memberikan pengalaman transaksi terbaik bagi konsumen bisnis Anda. Durianpay memiliki banyak fitur yang sayang jika anda lewatkan, seperti tampilan yang dinamis, pengaturan dan integrasi yang cepat, hingga penyediaan informasi dari berbagai konsumen yang Anda miliki, semua dianalisa secara rinci, khusus untuk bisnis Anda. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

2. Tidak Memerlukan Banyak Rekening

Payment gateway yang menyediakan berbagai metode pembayaran membuat Anda tidak perlu membuka rekening baru dari setiap opsi pembayaran yang ada. Sebab uang dari konsumen akan dialirkan dan dikumpulkan ke dalam satu dashboard. Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengurus berbagai rekening atau e-wallet. Cukup satu payment gateway, semua beres.

3. Transaksi Lebih Ringkas

Jika toko online Anda masih menggunakan sistem transaksi secara manual, tentu hal ini akan merepotkan pihak penjual dan pembeli. Pada transaksi manual, konsumen harus menyetor uang mereka melalui fitur transfer dan harus melakukan konfirmasi pembayarannya terlebih dahulu. Kemudian diakhiri oleh Anda yang membuat invoice-nya secara manual. Sekarang bayangkan jika hal ini harus dilakukan pada setiap transaksi, setiap hari selama bertahun-tahun, sangat merepotkan, bukan?

Sedangkan dengan sistem Payment Gateway, semua proses transaksi akan berjalan otomatis dan memangkas banyak waktu karena payment gateway sudah terintegrasi ke asosiasi penerbit, bank ataupun kepada konsumen Anda. Semua diproses secara ringkas.

Manfaat penting dari payment gateway adalah transaksi lebih cepat diselesaikan. Anda tidak perlu menunggu beberapa hari untuk membeli suatu produk karena proses transaksi lama. Dengan adanya payment gateway, proses transaksi Anda segera selesai karena payment gateway terintegrasi langsung ke asosiasi penerbit/bank dan tempat transaksi barang.

4. Keamanan Transaksi Terjamin

Mudahnya transaksi menggunakan payment gateway bukan berarti membuat keamanannya menjadi lebih longgar. Payment gateway telah membangun sistem yang begitu canggih dan dapat mencegah adanya proses atau transaksi yang berisiko akan menimbulkan kerugian.

Anda tidak perlu lagi mengecek setiap transaksi secara manual, cukup serahkan kepada payment gateway untuk mencatat dan melacak semua transaksi yang terjadi, dan hal ini bisa Anda wujudkan jika toko online Anda sudah bekerja sama dengan Durianpay.

5. Transaksi Tanpa Batas

Otomatisasi sistem yang ada dan opsi pembayaran yang lengkap dari payment gateway dapat membantu Anda untuk membawa nama bisnis Anda lebih jauh lagi. Jika sebelumnya toko online Anda hanya mampu memproses beberapa transaksi saja dalam sekali waktu dengan menggunakan cara tradisional, payment gateway bisa memproses transaksi Anda dengan jumlah tak terbatas, secara massal, dalam satu waktu.

Bukan hanya itu, payment gateway juga bisa membantu Anda menjangkau lebih banyak calon konsumen hingga ke seluruh dunia tanpa mengenal jarak, karena tidak ada lagi transaksi fisik atau batasan dari opsi pembayaran yang ditawarkan.
Artinya, melalui payment Gateway, Anda berpotensi untuk mendapatkan transaksi tanpa batas, baik dalam kualitas, ataupun kuantitas.


Nah, sekarang Anda sudah lebih memahami seputar payment gateway mulai dari pengertian, cara kerja, hingga manfaatnya bagi pelaku bisnis online. Kini, saatnya bagi Anda untuk memilih provider payment gateway yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.