Bagaimana Cara Online Payment Memajukan Bisnis? Mari Intip Caranya!

Posted by

Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah membawa beberapa perubahan dalam kehidupan masyarakat, khususnya kaum muda dan milenial. Salah satu perubahannya adalah adanya peralihan pada pembayaran, dari pembayaran tunai secara konvensional menjadi pembayaran digital atau biasa juga kita sebut online payment.

Metode online payment ini memang sudah sewajarnya disukai oleh masyarakat, terlebih lagi di saat pandemi seperti sekarang. Selain karena cepat dan praktis, metode ini juga bisa memberikan rasa aman kepada para penggunanya baik dari tindak pencurian ataupun penipuan.

Antusiasme yang tinggi dari penggunaan online payment ini pun mau tidak mau harus diikuti oleh berbagai lapisan industri, mulai dari industri kecil, menengah, hingga industri besar. Pasalnya, sudah banyak masyarakat yang dibuat nyaman dengan hadirnya sistem online payment sehingga mereka akan cenderung bertransaksi ke berbagai tempat yang telah menyediakan fitur ini.

Namun, pertanyaannya adalah apakah online payment juga mampu menguntungkan dan memudahkan pemilik bisnis seperti halnya sistem ini memudahkan masyarakat umum? Mari kita simak penjelasan di bawah.

Pengaruh Online Payment Terhadap Ekonomi

Sebelum memasuki ke sektor bisnis, mari kita lihat gambaran yang lebih besar terlebih dahulu dan apa dampak yang bisa terjadi terhadap ekonomi bangsa kita. 

Pertama, dengan online payment, tidak ada lagi istilah transaksi ilegal. Kini, semua transaksi diatur oleh bank dan lembaga keuangan. Sehingga setiap transaksi akan dikenakan pajak oleh pemerintah yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk memajukan negara.

Kedua, kemudahan online payment juga dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi mereka. Peningkatan konsumsi ini tentu berbanding lurus dengan permintaan barang atau jasa dari masyarakat. Hasilnya, tentu saja dapat menumbuhkan ekonomi negara dengan begitu pesat karena perputaran uang yang terjadi semakin cepat.

Pengaruh Online Payment Terhadap Bisnis

Setelah membahas gambaran yang lebih besar, mari kita kerucutkan ke sektor bisnis, sektor di mana Anda berada. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika online payment saja mampu memengaruhi ekonomi dan menguntungkan secara masif, artinya metode pembayaran ini pun tentunya dapat memengaruhi Anda sebagai pemilik bisnis.

Perlu kita ingat bahwa online payment adalah kunci sukses untuk bertahan di tengah kompetisi yang semakin ketat. Lalu, apa saja manfaat online payment ini bagi para pemilik usaha?

Meningkatkan profitabilitas perusahaan

Sistem pembayaran online memang disajikan secara ringkas dan efisien. Ini artinya meminimalkan intervensi dari manusia, mengurangi anggaran operasional dan menghemat waktu. Dengan cara ini, pembayaran dapat berjalan lebih cepat dan lebih aman.

Merangkul lebih banyak calon pembeli

Maraknya pilihan online payment di Indonesia membuat masyarakat memiliki kebebasan penuh untuk memilih online payment mana yang mau mereka gunakan. Sebagai seorang pemilik usaha, Anda harus jeli untuk melihat peluang dengan mengubah fenomena ini menjadi kesempatan mendulang keuntungan. Sediakan berbagai online payment yang digunakan oleh masyarakat, seperti OVO, Dana, LinkAja!, ShopeePay, dan banyak lagi yang lainnya. Semakin banyak pilihan online payment yang tersedia, semakin banyak transaksi yang bisa dilakukan.

Saat ini, menyediakan banyak online payment tidak butuh banyak usaha. Anda tidak perlu repot-repot mengajukan kerja sama dengan beberapa online payment yang ada di Indonesia, cukup daftarkan diri di Durianpay dan menikmati payment solution yang praktis untuk bisnis Anda.

Melalui Durianpay, anda tidak akan hanya mendapatkan solusi untuk setiap online payment saja, tetapi lebih dari itu. Durianpay dapat membawa bisnis anda ke tingkat yang lebih tinggi lagi, karena Durianpay adalah partner terbaik bagi bisnis Anda untuk menambahkan keuntungan dan mempercepat pertumbuhan. Jadi, tunggu apa lagi? Kini, Anda hanya perlu fokus ke bisnis Anda, urusan pencatatan, biar durianpay yang lakukan.

Kesempatan untuk Mempermudah Mendapatkan Akses Permodalan

Menurut survei perusahaan Bank Dunia, hanya 35% perusahaan besar yang memenuhi syarat untuk mendapatkan akses permodalan atas usaha mereka. Lalu, bagaimana dengan nasib usaha kecil dan menengah? Lebih buruk lagi, karena tidak adanya pencatatan yang jelas dari setiap transaksi yang keluar-masuk ke dalam kas usaha. Namun, dengan hadirnya online payment, kini semua lengkap tercatat secara rinci tanpa perlu takut ada transaksi yang terlewat atau salah perhitungan.


Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa online payment kini bisa menjadi solusi yang tepat dan cermat dalam bertransaksi di era digital seperti sekarang. Faktor kemudahan dan keamanan adalah alasan utama mengapa banyak orang mulai menggemari metode pembayaran yang satu ini. Hasilnya, banyak transaksi yang bermunculan sehingga akhirnya perekonomian negara kita bisa ikut terdongkrak.

Begitu juga untuk para pemilik bisnis, peluang besar telah tercipta dari hadirnya online payment ini. Kenaikan jumlah transaksi dan permintaan atas barang atau jasa Anda kini bukan hanya lamunan semata, tapi bisa jadi nyata ketika bisnis Anda mampu beradaptasi dengan cermat dan tepat.


Jadi, sudahkah siap beralih ke online payment? Mulai kembangkan bisnis anda dengan Daftar Sekarang!